Itinerary

Tips dan Trik untuk Menekan Bujet selama Perjalanan

Saat membuat itinerary, tentulah kamu mencari beragam informasi di internet demi menekan bujet yang harus kamu keluarkan selama melakukan perjalanan.

Itu bagus. Tapi, kamu juga mesti tahu bahwa internet nggak memuat segalanya. Banyak informasi yang “disembunyikan” oleh internet, misalnya akomodasi yang lebih miring atau ongkos transportasi yang lebih murah.

Nah, makanya pas jalan-jalan sebenarnya kamu bisa melakukan beberapa hal agar bujet yang kamu keluarkan makin sedikit:

1. Keliling cari penginapan murah

Siapa pun pasti bakalan tergoda buat memesan kamar murah di aplikasi online booking. Apalagi kalau diiming-imingi dengan kalimat “satu kamar tersisa” di aplikasi itu. Tapi, kenyataannya di lapangan masih banyak akomodasi yang lebih murah.

Hanya saja, kamu mesti rela ngeluarin keringat sedikit buat mencari. Kamu perlu masuk-keluar gang untuk menemukan akomodasi yang harga sewanya super miring—dan tawar-menawar sengit dengan pemilik penginapan.

2. Bertanya pada penduduk setempat soal alternatif transportasi yang lebih murah

Boleh jadi kamu sudah membandingkan harga tiket beragam moda transportasi dari review-review yang kamu baca di internet. Tapi bakal selalu ada alternatif lain yang lebih murah, yakni transportasi yang sehari-hari digunakan oleh warga lokal.

Kalau kamu masih ragu sama informasi yang diberikan warga lokal yang kamu tanyai, kamu juga bisa pergi langsung ke terminal bis atau stasiun kereta setempat. Membeli tiket langsung di tempat-tempat itu, ketimbang membeli di agen-agen perjalanan, biasanya jauh lebih murah.

3. Makan “street food”

Lapak makanan pinggir jalan alias street food biasanya mulai buka ketika hari mulai gelap. Dibanding makan di restoran, makan di lapak-lapak street food akan jauh lebih murah. Selain murah, pilihannya juga banyak.

“Terus gimana caranya buat nyari street food yang enak?” Triknya adalah cari yang rame. Biasanya lapak-lapak yang rame adalah lapak-lapak favorit warga setempat—atau kamu bisa cari referensinya di internet, misalnya dari Tripadvisor.

Jadi gimana? Kira-kira bujet perjalanan kamu bakalan berkurang atau malah akan nambah, nih?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Naik Gunung Sendirian, Inilah 4 Hal yang Bakal Kamu Dapatkan

Itinerary

5 Rekomendasi Kafe untuk Ngopi Asyik di Semarang

Itinerary

Mau Naik Gunung Musim Kemarau? Jangan Lupakan 5 Benda Berikut

Itinerary

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Mendaki Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *