Itinerary

5 Jurus Jitu Membeli Perlengkapan Naik Gunung

Kalau kamu sudah menemukan serunya hobi naik gunung, mungkin sekarang saatnya buat mulai melengkapi peralatanmu. Gimana pun juga, bakal lebih enak kalau kamu punya perlengkapan naik gunung sendiri ketimbang mesti terus-terusan minjam punya teman.

Tapi, sebelum beli perlengkapan naik gunung, ada baiknya kalau kamu baca dulu lima jurus jitu berikut:

perlengkapan naik gunung
Jejeran tenda via pexels.com/Xue Guangjian

1. Beli satu per satu dari mulai yang paling personal

Meskipun harganya sudah makin terjangkau, peralatan naik gunung hitungannya tetap saja mahal. Jadi, supaya nggak terlalu memberatkan, sebaiknya kamu membelinya satu per satu. Belilah dari yang paling personal seperti ransel, sepatu, sleeping bag, head lamp, atau matras. Abis itu baru deh kamu beli perlengkapan-perlengkapan lain seperti kompor dan tenda.

Serombongan petualang via pexels.com/Min An

2. Sempatkan buat baca ulasan-ulasan

Biar nggak kayak beli kucing dalam karung, kamu mesti rajin-rajin baca ulasan-ulasan perlengkapan naik gunung di internet. Kalau kamu kurang percaya sama ulasan-ulasan di website, cari informasi di laman-laman yang lebih “rame” kayak forum-forum para pendaki gunung atau petualang. Para penghuni forum pasti bakalan antusias buat bantu kamu nyari peralatan yang pas buat kebutuhanmu.

perlengkapan naik gunung
Menggapai puncak via pexels.com/Tobias Aeppli

3. Tunggu diskonan

Pas momen-momen tertentu seperti menjelang tahun baru dan lebaran, biasanya toko-toko perlengkapan naik gunung bakalan ngasih diskon gede-gedean. Selisih harganya lumayan banget dibanding pas hari-hari biasa. Peralatan-peralatan berharga miring juga bisa kamu beli di festival-festival outdoor yang akhir-akhir ini sering banget diadakan. Selain itu, nggak ada salahnya juga buat mantau marketplace. Kali aja lagi ada promo.

perlengkapan naik gunung
Pagi di sabana via pexels.com/Kun Fotografi

4. Produk-produk dalam negeri juga oke

Perlengkapan-perlengkapan outdoor impor umumnya lebih mahal ketimbang yang diproduksi di dalam negeri. Meski begitu, banyak juga pendaki yang bela-belain beli produk-produk impor itu. Padahal, secara kualitas, produk-produk vendor dalam negeri juga sebenarnya nggak kalah bagus ketimbang yang dari luar. Tinggal kamu aja yang pintar-pintar milih.

hammock
Santai di “hammock” via pexels.com/Max Andrey

5. Untuk perlengkapan-perlengkapan tertentu lebih baik beli langsung di toko

Beli barang lewat toko atau marketplace online memang lebih praktis. Tapi, untuk perlengkapan-perlengkapan tertentu, lebih baik kamu pergi langsung ke toko peralatan naik gunung terdekat. Pas beli sepatu contohnya. Kadang tiap vendor punya standar ukurannya sendiri-sendiri. Keliru ngasih ukuran, ujung-ujungnya kamu bakal kerepotan sendiri menukar sepatu yang sudah telanjur dikirim ke kamu. Kalau beli di toko “fisik,” kamu bisa mencoba sepatu itu sebelum dibeli.

Jadi, kamu mau beli perlengkapan naik gunung yang mana dulu nih, Sob?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
#dirumahajaItinerary

Ayo Masak Sendiri 4 Hidangan Pencuci Mulut Berikut!

#dirumahajaItinerary

5 Resep Jus buat Menjaga Imunitas

#dirumahajaItinerary

Aneka Wedang Nusantara yang Bisa Kamu Bikin pas di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

6 Kuliner Nusantara yang Bisa Kamu Masak waktu di Rumah Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *