Itinerary

Inilah 5 Lagu Indah tentang Yogyakarta

Yogyakarta adalah salah satu daerah paling romantis se-Indonesia. Suasananya, apalagi di malam hari, syahdu banget. Orang-orang dengan sepeda motornya lalu-lalang di jalanannya yang sempit. Lampu-lampunya yang artistik menyinari orang-orang dengan cahaya temaram.

Nah, suasana romantis Yogyakarta itu menginspirasi buat terciptanya beberapa lagu berikut, Sob:

1. Jogjakarta—Kla Project

Lagu karya KLa Project yang dirilis tahun 1990 ini sudah seperti lagu wajib di Yogyakarta. Kalau kamu didatangi pengamen di kawasan Malioboro, sudah pasti salah satu lagu yang bakalan mereka nyanyikan adalah “Jogjakarta.”

Lagu ini memang sukses banget mendokumentasikan suasana Yogyakarta. Makanya nggak heran kalau orang-orang yang pernah tinggal di Yogyakarta bakalan mbrebes mili pas dengerin lagu ini.

2. Coffee Blues Jogja—Jamphe Johnson

Sekitar tahun 2008, sebuah grup musik blues bernama Jamphe Johnson menggemparkan radio dengan lagu mereka yang berjudul “Coffee Blues Jogja.”

Lagu ini tentu saja beda karakter dari “Yogyakarta”-nya KLa Project. Dengan nuansa blues, lagu Jamphe Johnson yang ini mengabadikan suasana Yogyakarta di malam hari ketika anak muda nongkrong dengan teman atau dengan orang terkasih. “Coffee Blues Jogja” memang keren banget. Sekali dengar, kamu pasti nggak berhenti-berhenti menyenandungkan iramanya.

3. Kamu Seperti Jogjakarta—BRAVESBOY

Kalau pernah ke Yogyakarta, kamu pasti tahu sendiri kalau ritme kota ini santai, selow. Nah, lagunya BRAVESBOY yang berirama reggae ini berhasil menangkap mood Yogyakarta yang santai itu. Bahkan, kalau kamu hayati, BRAVESBOY juga berhasil mengabadikan nuansa sendu khas Yogyakarta.

Makanya, lagu ini berbahaya kalau didengerin sama para alumni Yogyakarta. Bisa-bisa, setelah dengerin lagu ini mereka langsung impulsif pesan tiket buat kembali ke Kota Pelajar.

4. Kapan ke Jogja Lagi—EveryDay

Sekitar tahun 2014, sebuah band indie beraliran pop-jazz bernama EveryDay merilis lagu berjudul “Kapan ke Jogja Lagi.” Lagu ini sempat merajai tangga lagu lokal Yogyakarta dan sampai sekarang masih rutin diputar di gerai-gerai Dagadu.

Sekilas, nadanya memang ceria. Tapi, kalau yang dengerin adalah orang-orang yang pernah tinggal di Yogyakarta, pasti air mata mereka akan menitik karena rindu—apalagi mereka-mereka yang dulu rutin nongkrong di Jazz Mben Senen.

5. Sesuatu di Jogja—Adhitia Sofyan

Kalau kamu suka lagu-lagunya Adhitia Sofyan, kamu pasti bakalan suka juga dengan “Sesuatu di Jogja.” Suasana lagu ini—sebagaimana suasana lagu-lagu Adhitia Sofyan yang lain—sendu.

Lagu tentang Yogyakarta yang satu ini bercerita tentang seseorang yang pergi ke Yogyakarta naik kereta untuk menemui seseorang yang dicintainya. Ini juga pas banget nih buat para perantau Yogyakarta yang lagi kangen daerah istimewa itu.

Kamu udah pernah dengerin semua lagu tentang Yogyakarta di atas? Mana nih yang paling kamu suka?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

Jalan-jalan ke Curug Cipamingkis, Bogor

Itinerary

Cerita dari Kampung Adat Kuta, Ciamis

Itinerary

Tempat-Tempat yang 'Hilang' di Indonesia

Itinerary

5 Kedai Kopi Legendaris di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.