Itinerary

Lagu Perjalanan a la Endah N Rhesa

Musik dan perjalanan, seperti mata uang logam yang saling melengkapi. Sunyi, mungkin begitu rasanya jika perjalanan tidak diiringi oleh alunan musik yang mengisi kekosongan waktu saat belasan jam harus duduk di kereta atau sekedar berbincang dengan kawan sembari menunggu matahari tenggelam. Berhubung beberapa waktu lalu TelusuRI telah menggelar #NgobrolBareng Endah N Rhesa, kali ini kita akan menggali koleksi lagu mereka yang bertemakan perjalanan. Kalau kamu masih #dirumahaja, lagu-lagu ini juga seru kok didengerin sambil baca buku perjalanan.

  1. Liburan Indie

Lagu ini berkisah tentang konsep liburan santai sambil menikmati hiburan rumahan. Diiringi genjrengan gitar, lirik lagu ini menyebutkan beberapa penyanyi dan grup musik kenamaan Indonesia, seperti Barry Likumahuwa, Mocca, dan Sir Dandy. Pas banget buat jadi temen liburan #dirumahaja ala kamu.

  1. Long-Lost Friend

Tidak jauh dari karakteristik Endah N Rhesa yang liriknya selalu bercerita, lagu ini mengangkat kisah perjalanan bersama kawan. Long-Lost Friend dibuat setelah mereka mengadakan tur sepeda ke tujuh kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Liriknya pendek, namun menggambarkan tentang pengalaman di tempat-tempat yang dikunjungi, salah satunya di Sidoarjo.

  1. Take Me Home

Lagu ini menjadi bagian dari album pertama Endah N Rhesa bertajuk Nowhere to go yang rilis di tahun 2005. Take Me Home bercerita tentang keinginan untuk pulang, ah, pasti sobat rantau mengerti gimana rasanya rindu, ingin pulang ke rumah dan bertemu keluarga. Namun makna “pulang” dalam lagu ini bisa diartikan tidak hanya pulang ke rumah, tapi juga bisa berarti kembali ke sebuah situasi atau keadaan yang sekiranya lebih baik dari saat ini.

  1. Menua Bersama

Lagu ini berkisah tentang perjalanan hidup bersama pasangan, saling menemani hingga hari tua. Romantis namun realistis, menceritakan bagaimana perjalanan hidup bersama mengarungi segala kesulitan dan drama hidup. Nah lagu ini cocok buat kamu yang sudah berpasangan, kala dilanda kesulitan, ingat bahwa semua bisa dilalui bersama. Seperti liriknya ini;

Kau dan aku tak surut waktu/ Merajut drama hidup sampai kita tua nanti/ Perbedaan takkan habis/ Aku Bahagia jalani berdua denganmu/ Kuingin menua bersama//

  1.   Ssslow

Alunan irama yang blues dan santai seolah menggambarkan masa-masa pandemi di mana semua hal bergerak perlahan. Faktanya lagu ini memang baru dibuat dan dirilis sekitar Ramadhan pertengahan tahun 2020 ini. Lagu ini rasa-rasanya pas buat diputar sembari mengingat masa-masa kemacetan saat perjalanan pulang kantor. Eh, cocok lho buat menemani perjalanan kamu sembari melepas kepenatan bagi sobat-sobat yang masih harus mondar-mandir work from office.

  1. Kou Kou the Fisherman

Jika mendengar lagu ini seakan menonton film animasi tentang cerita seorang nelayan yang sedang berlagu. Terutama liriknya;

The time is running I said to myself, “fish or cut bait, Kou?”/ But then there’s something big, swimming towards my boat/ Life is tough, yes it’s tough, but don’t give up/ Life is good, yes it’s good, I’ve got food//

Bagi kalian yang sudah rindu pantai, lagu Kou Kou the Fisherman seperti membawa kita liburan ke pesisir. Selain Kou Kou the Fisherman lagu yang mungkin bisa mengurangi sedikit kerinduan anak kota terhadap pantai adalah lagu yang berikutnya.

  1.   Seluas Harapan

Ya, selain menggunakan metafora pantai di liriknya, serta alunan gitar blues khas Endah N Rhesa, perjalanan di lagu ini diartikan sebagai perjalanan hubungan dua orang dan harapan yang besar terhadap hubungan tersebut agar tetap berjalan langgeng.

  1.   Pulang ke Pamulang

Lagu ini adalah lagu terbaru dari Endah N Rhesa yang rilis di awal Oktober kemarin ini. Mengisahkan tentang perjalanan pulang ke kampung halaman mereka di Tangerang Selatan dan bagaimana Endah N Rhesa mengajak kita untuk mengartikan “pulang”. Pada sesi #NgobrolBareng dengan TelusuRI minggu lalu, Endah N Rhesa bercerita lebih dalam lagi tentang arti dan cerita di balik lagu Pulang ke Pamulang. Simak ceritanya di sini.

  1. Hello, Love is in Town

Lagu ini bercerita tentang perjalanan ke rumah di kereta. Liriknya yang sederhana, mengajak kita untuk mengingat kembali saat-saat kereta akan lepas landas dari stasiun keberangkatan, menuju stasiun tujuan.

Nah itu dia lagu bertema perjalanan a la Endah N Rhesa. Dan, ngomong-ngomong soal musik dan perjalanan, lagu apa sih yang sering kalian putar ketika sedang dalam perjalanan jauh?

Artikel Terkait
ItineraryNusantarasa

Sepiring Hidangan yang Tak Biasa

Itinerary

5 Tips Memilih Tempat Makan di Destinasi Wisata

Itinerary

Mengenal Desa Boti, Nusa Tenggara Timur

Itinerary

6 Destinasi Ekowisata di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *