Events

Jagongan Wagen Maret 2019, Memaknai “Ngesses” lewat Tari

Setiap orang punya cara masing-masing untuk mencari makna—atau memaknai—sebuah kata, istilah, atau ungkapan. Ada yang mungkin langsung beranjak ke rak buku terus membolak-balik kamus dan jurnal. Sebagian lain barangkali akan langsung mengajak kawannya nongkrong untuk berdiskusi.

Tapi Putra Jalu Pamungkas, seorang seniman tari Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiardja (PLTBK), beda. Ia memaknainya lewat tari.

“Saya sering menjumpai ungkapan “ngesses” dilontarkan di lingkungan saya dengan merujuk pada perilaku yang negatif, padahal kata ngesses itu sendiri belum memiliki definisi yang mapan. Hal ini membuat saya menjadi gelisah dan kemudian ingin mengangkat isu ini ke dalam karya saya sebagai tawaran jawaban atas definisi ngesses yang saya temukan,” ungkapnya, dikutip dari siaran pers Jagongan Wagen Maret 2019 PSBK.

jagongan wagen maret 2019
Seniman tari di PSBK via PSBK/Sito Adhi Anom

Bersama tujuh seniman tari PLTBK lain, Putra Jalu Pamungkas akan mementaskan Pertunjukan Tari “Ngesess” di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja tanggal 30 Maret 2019 mendatang.

Agar lebih jeli melihat konteks peristiwa

Betapa mudahnya sekarang orang-orang bereaksi tanpa melihat sebuah persoalan secara utuh, bahkan sampai saling serang meskipun masing-masing pihak sebenarnya tak mengerti apa sedang mereka “diskusikan.”

Pertunjukan Tari “Ngesess” ini bukan sekadar merayakan seni. Ini adalah respon PLTBK PSBK terhadap kondisi sosial budaya terkini, ketika makna menjadi kabur dan masyarakat terpisahkan dari konteks.

jagongan wagen maret 2019
Poster Jagongan Wagen Maret 2019/PSBK

“Melalui karya ini PLTBK ingin mengajak masyarakat untuk lebih jeli melihat sebuah konteks peristiwa. Terutama saat menanggapi sesuatu yang belum jelas akar permasalahannya. Ini tantangan untuk kita semua agar dapat melihat sebuah peristiwa dengan lebih dalam dan perspektif yang lebih luas, tidak sekedar hitam dan putih,” demikian tertulis dalam rilis.

Menonton Jagongan Wagen Maret 2019 nanti akan mengajarkanmu cara baru untuk memaknai sesuatu. Bukan dengan amarah, tapi dengan gerakan-gerakan elok yang akan membuatmu terperangah.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Events

Berlari Sambil Mengenal Situs Arkeologi di Sangi Run: 25K Night Trail Run 2021

Events

WTIDTalk Special: WTIDCamp Graduation “It’s Time for Youth 2 Elevate Women in Tourism”

Events

Menonton Pertunjukan Rawa Pening Performing Art 2021

Events

Temu Wicara: Sinergi UMKM dan Pariwisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *