Itinerary

Khusus buat Kamu yang Mudiknya Jauh, Ini 5 Ide yang Bikin Mudikmu Lebih Asyik

Lima ide ini bakal dianggap nyusahin sama mereka yang mikirnya praktis. Tapi, buat kamu yang jiwa petualangannya tinggi, 5 ide mudik ini pasti bakal jadi tantangan yang bikin adrenalinmu menggelora!

Ngeteng dari satu kota ke kota lain

ide mudik

Terminal Dara Bima/Fuji Adriza

Semisal kamu kehabisan tiket kereta dan tiket pesawat terlalu mahal buatmu, coba deh ngeteng naik bis lokal. Memang sih waktu tempuhnya bakal lebih lama. Selain itu kamu juga bakalan capek banget. Tapi ini akan jadi pengalaman berharga sekali seumur hidup buat kamu!

Kamu bisa melihat sisi lain Indonesia yang bakal susah kamu amati dari jendela kereta eksekutif atau—apalagi—jendela pesawat. Cuma, kalau kamu minat buat ngeteng, jangan bawa barang banyak-banyak. Pakai ransel aja. Nekat pakai koper bakal nyusahin diri sendiri.

Atau sekalian transit di negara tetangga!

bali

Menembus awan lapis demi lapis/Fuji Adriza

Ide mudik kedua yang nggak kalah asyik adalah cari tiket pesawat yang transitnya di negara tetangga. Ini pas banget buat kamu yang mudiknya ke Sumatera bagian tengah sampai utara. Misalnya kamu mudik ke Pekanbaru. Nah, coba deh cari tiket ke Pekanbaru via Singapura.

Tapi ada syaratnya: kamu mesti punya paspor. Kalau enggak, ya, gimana caranya kamu bisa lolos dari imigrasi. Terus nanti yang distempel apaan? Jidat?

Naik kapal laut

ide mudik

Kapal Bukit Siguntang/Fuji Adriza

Mudik naik kapal laut juga seru. Kamu bakal mengarungi lautan selama berhari-hari. Sesekali kamu singgah di pelabuhan-pelabuhan kecil buat nganterin penumpang yang… turun di sana.

Kalau kapalnya besar, kamu bisa nonton film di bioskop. Sorenya kamu bisa naik ke dek paling atas buat lihat sunset. Malam hari kamu bisa ikutan joget di kafetaria atau main kartu bareng temen-temen baru.

Ikutan mudik bareng

pt kai

Penumpang kereta duduk di pintu gerbong/Fuji Adriza

Ide mudik yang keempat ini mungkin bisa dipraktikkan kalau kamu sudah kehabisan tiket kereta, bis, atau pesawat.

Biasanya, orang-orang yang berasal dari daerah yang sama (misalnya mahasiswa) bikin acara mudik bareng tiap tahun. Umumnya naik bis sewaan dan biayanya lebih murah. Supaya nggak ketinggalan info soal jadwal dan ongkos, sering-sering aja mantau media sosial organisasi-organisasi kedaerahan yang ada di kotamu.

Bikin vlog

ide mudik

Kamera via pexels.com/Adrianna Calvo

Untuk dokumentasi (yang bisa dilihat sama anak cucumu kelak) nggak ada salahnya kalau kamu ngerekam perjalanan mudikmu. Rekam-rekam aja dulu hal menarik yang kamu temui pas mudik, editing-nya pikirin belakangan.

Nggak perlu pakai kamera mahal, pakai ponsel saja. Yang penting kamu konsisten buat ngerekam momen-momen selama perjalanan.

Jadi, ide mudik mana yang paling menarik buat kamu?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
#dirumahajaItinerary

5 Resep Jus buat Menjaga Imunitas

#dirumahajaItinerary

Aneka Wedang Nusantara yang Bisa Kamu Bikin pas di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

6 Kuliner Nusantara yang Bisa Kamu Masak waktu di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

Tips Jalan-jalan di Rumah ala Irene "Pinktravelogue"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *