Itinerary

Pantai Tanjung Pabrik, Pantai Pasir Putih di Ujung Barat Pulau Bangka

Kamu semua pasti sudah tahu kalau Belitung punya sederetan pantai indah yang menarik perhatian para wisatawan.

Tapi mungkin nggak banyak yang tahu kalau tetangga Bumi Laskar Pelangi itu, yakni Pulau Bangka, juga punya sejumlah pantai yang nggak kalah keren. Ada beberapa yang sudah tenar, misalnya Pantai Pasir Padi, Parai, dan Matras.

pantai tanjung pabrik

Meskipun indah, nama Pantai Tanjung Pabrik belum begitu tenar/Agus Elmansyah

Nah, ada satu pantai lagi yang juga nggak kalah menarik, yakni Pantai Tanjung Pabrik. Pantai yang namanya cukup unik itu berada di ujung barat Pulau Bangka. Kalau mau ke sana, kamu bisa main ke Dusun Pala, Desa Teluk Limau, Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat.

Lokasinya terpaut sekitar 3 jam perjalanan dari Pangkalpinang, di balik perbukitan di sebelah timur Pantai Siangau. Karena nggak ada kendaraan umum menuju lokasi, sangat direkomendasikan bagimu untuk menyewa sepeda motor.

Meskipun namanya Pantai Tanjung Pabrik, nggak ada cerobong asap pabrik di sana

Sekalipun namanya jauh dari kesan alami, di pantai itu nggak ada satu pun cerobong asap pabrik yang terus-terusan mengeluarkan asap ke udara. Sebaliknya, kamu bakal disambut oleh perbukitan hijau. Pohon-pohon kelapa menjulang tinggi yang berbaris rapi dan bergoyang-goyang seolah ikut mengucapkan selamat datang.

pantai tanjung pabrik

Batu granit tersebar di areal pantai/Agus Elmansyah

Pemandangan Pantai Tanjung Pabrik nggak jauh beda dari pantai-pantai lain di Bangka. Di sana, granit raksasa juga bertebaran seperti nggak sengaja dilempar oleh Sang Pencipta. Meski begitu, kamu pasti ternganga melihat kontras warna perbukitan hijau dan hamparan granit putih-kelabu.

Berada di teluk kecil, ombak di Pantai Tanjung Pabrik nggak terlalu tinggi—relatif tenang malah. Makanya kamu bisa leluasa berendam di airnya yang jernih. Tapi tetap saja kamu harus hati-hati karena di Pantai Tanjung Pabrik banyak karang yang bisa saja melukai kaki.

Tanjung Pabrik cocok sekali untuk menenangkan diri setelah lelah ditekan rutinitas. Pasalnya, pantai itu begitu sunyi, berasa milik pribadi.

Cocok buat yang suka hunting foto

Pantai Tanjung Pabrik juga recommended banget buat para pemburu sunrise. Tapi kalau kamu nggak suka bangun pagi-pagi pas liburan, datang saja antara jam 11-12 siang saat langit sedang cerah dan laut sangat biru.

pantai tanjung pabrik

Pantai Tanjung Pabrik cocok sekali buat menenangkan diri/Agus Elmansyah

Kalau dikembangkan, Pantai Tanjung Pabrik pasti bakal menarik banyak wisatawan. Tapi sayang sekali jalan menuju pantai itu belum dilapisi aspal. Petunjuk jalan menuju pantai itu pun masih belum ada sehingga cuma pelancong-pelancong berhati baja saja yang bakal bersedia mengunjunginya.

Supaya nggak nyasar, sebaiknya kamu ke Pantai Tanjung Pabrik bareng kenalanmu yang memang tinggal di Bangka. (Tapi kalau nyasar bukan persoalan, ke sana sendirian juga nggak masalah.) Satu tips lagi: karena Pantai Tanjung Pabrik lumayan jauh dari permukiman penduduk, supaya nggak kelaparan sebaiknya kamu bawa bekal sendiri.

Jadi gimana? Tertarik buat ke sana?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Agus Elmansyah

Lahir di Lampung tahun 1995. Anak pertama dari 3 bersaudara.
Related posts
Itinerary

Mau Kemping Berdua sama si Dia? Baca Dulu 5 Tips Berikut

Itinerary

Nutrihiking: Karbohidrat Tepat agar Pendakian Makin Mantap

Itinerary

Kalau Traveling sama Pasangan, 6 Hal Berikut Bakal Kamu Lakukan

Itinerary

Inilah 4 Ide Romantis untuk Valentine's Day di Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *