Events

Menutup 2017, Ini 11 Event yang Digelar di Bulan Desember

Mengakhiri tahun 2017, banyak acara unik dan khas digelar di berbagai daerah demi menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Kalau sudah punya rencana cuti tapi masih bingung mau ke mana, coba deh simak dulu 11 event bulan Desember di berbagai daerah yang bisa kamu datangi ini:

1. Malang Beach Festival, Malang (11 November-16 Desember)

Event Bulan Desember

Banner Malang Beach Festival via twitter.com/1013mfmlive

Event bulan Desember satu ini pas banget buat anak pantai! Festival yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Malang ini berlangsung dari 11 November hingga 16 Desember 2017. Festival ini digelar di beberapa pantai seperti Pantai Balekambang, Pantai Modangan, Nganteb, Batu Bengkung, Ungapan, dan Pantai Bajul Mati.

Agendanya pun cukup beragam, mulai dari voli pantai, eksebisi paralayang, surfing dan maraton internasional, sepatu roda, kano, festival layang-layang, hingga jet ski.

2. Sail Sabang, Pulau Weh (28 November-5 Desember)

Event Bulan Desember

Banner Sail Sabang via disbudpar.acehprov.go.id

Tahun ini puncak perayaan Sail Indonesia diadakan di Sabang. Bukan Jalan Sabang lho ya, tapi Sabang yang di Pulau Weh, Provinsi Aceh, yang tersohor dengan Tugu Nol Kilometer Indonesia itu.

Di Sail Sabang kamu bakal bisa menikmati berbagai pertunjukan kesenian, perlombaan yang berhubungan dengan laut, dan suasana khas Sail Indonesia—kapal yacht dari berbagai penjuru dunia yang buang sauh di perairan Pulau Weh. Oh, iya. Pas di Sabang, jangan lupa buat nyicipin sate gurita yang legendaris sambil nongkrong di promenade pinggir laut.

3. Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2017 ke-12, Yogyakarta (1-8 Desember)

Event Bulan Desember

JAFF 2017 via visitingjogja.com

Nggak terasa, Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF 2017) sudah diselenggarakan sebanyak 11 kali. Namanya semakin dikenal di dalam maupun luar negeri. Bahkan, konon Kementerian Pariwisata sedang memasukkan JAFF ke dalam daftar 100 event yang patut untuk dikunjungi di Indonesia.

Tahun ini adalah gelaran JAFF yang ke-12. Mengangkat tema “Fluidity,” JAFF bakalan memutar ratusan film dari penjuru Asia. Kalau suka film-filmnya Studio Ghibli, bakal ada beberapa film Ghibli yang diputar di sini, seperti Ponyo on the Cliff by the Sea dan Princess Mononoke. Pra-acara JAFF 2017 juga seru, seperti penayangan perdana Marlina the Murderer in Four Acts dan Open Air Cinema di Tebing Breksi.

4. Lovely December, Toraja Utara (5-31 Desember)

Event Bulan Desember

Rangkaian acara Lovely December 2017 via torajautarakab.go.id

Bagi kamu yang penasaran dengan kentalnya adat dan budaya Toraja, festival Lovely December ini adalah event bulan Desember yang recommended banget buat kamu! Digelar dari tanggal 5 hingga 31 Desember 2017, event ini bakal nampilin seluruh kekayaan seni dan budaya serta ragam industri kreatif yang ada di Toraja.

Rangkaian acaranya antara lain festival kopi, festival kuliner tradisional, Show & Tandem Paralayang, Festival Drama Musikal, Pameran Ekonomi Kreatif, Lomba Paduan Suara Lagu Natal, Festival Pohon Natal, Perayaan Natal Oikumene, Karnaval Budaya, Kontes Kerbau, Toraja Ultra Scenic Run, Festival Seni & Budaya, serta Festival Kembang Api pada malam penutupan festival yang bertepatan dengan malam perayaan tahun baru 2018. Seru-seru ‘kan agendanya?

5. Festival Danau Toba, Sumatera Utara (6-9 Desember)

Event Bulan Desember

Danau Toba Festival 2017 via twitter.com/twit_samosir

Siapa yang nggak kenal sama Danau Toba? Danau di Sumatera Utara ini menjadi lokasi yang rutin menggelar festival tahunan untuk mengangkat pariwisata, seni, dan budaya setempat.

Pada Festival Danau Toba 2017 tanggal 6-9 Desember nanti, akan digelar Xpedition Trail Mania (Xtrim) yang akan melintasi sejumlah alam Kabupaten Humbang Hasundutan dengan peserta lebih dari 700 orang.

6. Jogja Outdoor Show, Yogyakarta (7-10 Desember)

Event Bulan Desember

Banner Jogja Outdoor Show via jadwalevent.web.id

Kayaknya ini salah satu event bulan Desember yang dinanti para penggiat kegiatan alam bebas. Waktunya ngupgrade gear, lur! Digelar di GOR UNY, Jogja Outdoor Show tahun ini bakal mengadakan bazaar, talkshow, games, bagi-bagi doorprize, pertunjukan musik, dan lain-lain.

Penggemar lari bisa ikutan Night Run dengan lintasan 5 kilometer. Tapi, ya, kayaknya kamu mesti siap-siap kehujanan, deh. Jangan lupa bawa mantel. (Kemungkinan besar bakalan kotor karena jalanan becek.) Soalnya bulan-bulan begini di Jogja hujan sedang turun deras-derasnya.

7. Pasar Keroncong Kotagede, Yogyakarta (9 Desember)

Event Bulan Desember

Banner Pasar Keroncong Kotagede via twitter.com/pasarkeroncong

Event bulan Desember yang juga perlu kamu sambangi adalah Pasar Keroncong Kotagede. Acara tahunan ini secara rutin menyulap Kotagede, bekas pusat Kerajaan Mataram Islam, jadi kampung keroncong selama 24 jam.

Beberapa panggung bakal didirikan. Suara cak dan cuk, dua instrumen khas keroncong, bakal memenuhi udara Kotagede tanggal 9 Desember nanti. Tapi, jangan lupa siapkan mantel supaya kamu nggak basah kuyup diguyur hujan.

8. Festival Kuwung, Banyuwangi (9 Desember)

Event Bulan Desember

Banner Festival Kluwung via twitter.com/kecblimbingsari

Menyambut hari jadi Banyuwangi yang ke-246, pemerintah setempat kembali menggelar festival rutin tahunan yang terkenal dengan kemeriahannya ini.

Dalam festival ini, seluruh unsur adat dan budaya ditampilkan dengan meriah. Mobil-mobil akan dihias dengan lampu-lampu aneka warna pada acara karnaval Festival Kuwung. Rencananya festival ini akan digelar tanggal 9 Desember 2017 nanti. Jangan sampai ketinggalan!

9. Bazaar Happy Sunday Durian, Jakarta (10 Desember)

Event Bulan Desember

Banner Bazaar Happy Sunday Durian via jadwalevent.web.id

Ini acara wajib buat para hantu durian. Tanggal 10 Desember 2017 besok di Marketing Gallery Menara Jakarta bakal diadakan One Day Bazaar “Happy Sunday Durian.” Kabarnya, panitianya ngundang banyak penjual produk olahan durian buat buka stan di event ini.

Bayangin: satu kawasan beraroma durian! Catat tanggalnya, lur. Kamu mesti datang ke event bulan Desember ini.

10. Festival Semarak Tahun Baru, Raja Ampat (30-31 Desember)

Event Bulan Desember

Infografis event Papua via lensatimur.com

Siapa sih yang nggak pernah denger nama “Raja Ampat” hari gini? Raja Ampat udah seperti jadi tujuan “peziarahan” para traveler. Kalau kurang kerjaan, coba aja kamu tanya pejalan-pejalan yang kamu temui: “Destinasi yang pengen banget kamu kunjungi di Indonesia?” Jawabannya pasti Raja Ampat.

Nah, makanya pasti seru banget nih nutup akhir tahun di Raja Ampat. Apalagi untuk merayakan pergantian tahun Raja Ampat mengadakan Festival Semarak Tahun Baru. Tahun 2016 kemarin Presiden Joko Widodo aja nutup akhir tahun dengan menghadiri festival ini. Tahun ini bakal ada Pak Jokowi lagi? Siapa tahu!

11. Borobudur Nite, Magelang (31 Desember)

Event Bulan Desember

Gelaran Borobudur Nite tahun 2016 via twitter.com/tiketkuid

Mau ngerayain pergantian tahun di pantai atau di destinasi-destinasi turistik pasti bakal ramai. Tahun baru di mana ya mendingan?

Kalau masih bingung mau ngerayain tahun baru di mana, pergi aja ke Borobudur Nite yang rutin diadakan setiap malam pergantian tahun. Bakal banyak acara-acara keren yang digelar. Ditambah lagi, kamu bakal dapat kesempatan langka, yakni melihat Candi Borobudur di malam hari. Kapan lagi coba?

Jadi, mau ke mana?

Related posts
Events

Pengalaman Ikut Kelas Kenal Teh di Sekolah TelusuRI

Events

Menelusuri Pecinan Bogor

Events

Belajar Toleransi bersama ANTEROxSabangMerauke di Makassar

Events

Sekolah TelusuRI Semarang #6: TelusuRI Sejarah Jalur Kota Lama–Pecinan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *