Itinerary

Beberapa Hal yang Harus Kamu Tahu soal Mandalika

Pasti kamu sudah familiar sama pantai-pantai di Lombok seperti Tanjung Aan, Seger, Kuta, Serenting, atau Gerupuk. Nah, pantai-pantai itu ada di sebuah kawasan wisata yang diberi nama Mandalika. (Nama Mandalika diambil dari seorang putri dalam cerita rakyat Pulau Lombok.)

Kawasan Mandalika ini membentang sepanjang 16 km di pesisir selatan Lombok Tengah. Mandalika nggak cuma punya atraksi wisata alam. Budayanya juga memesona. Sekali setahun, di Mandalika diadakan Bau Nyale, festival mencari cacing yang jadi agenda rutin masyarakat suku Sasak.

Laut jernih Pantai Serenting/Traveller Kaskus

Naik apa ke sana?

Citilink, Garuda Indonesia, Batik Air, dan Lion Air punya penerbangan langsung dari Jakarta ke Lombok (2 jam). Ngeteng dari Jakarta bakal menghabiskan waktu sekitar 2-3 hari. Kamu mesti ke Banyuwangi dulu numpang bis atau kereta api, menyeberangi Selat Bali, naik bis dari ujung barat Bali ke ujung timur, terus menyeberangi Selat Lombok. Atau kamu bisa naik bis dari Surabaya.

Dari Mataram, kamu bisa naik angkutan umum yang disebut “engkel” ke Lombok Tengah atau menyewa kendaraan. Cara kedua lebih direkomendasikan, sebab selain bisa ke mana saja sesuka kamu, kamu juga akan terhindar dari jebakan calo angkutan umum.


Menginap di mana?

Sebenarnya kamu bisa “nglaju” dari Mataram. Tapi, kalau mau bermalam di Mandalika, kamu bisa menginap di Dedy’s Homestay, Jalan Pariwisata, Kuta, (☎ 0370 6158024) atau Aerotel Mandalika, Jalan Gajah Mada No. 110, Praya (☎ 0370 655517).


Ngapain aja di sana?

Santai di pantai

Tinggal pilih mau main ke pantai mana. Kamu bisa ke Pantai Tanjung Aan, Seger, Kuta, Serenting, Gerupuk, atau pantai-pantai lain yang mungkin belum dinamain. Siapin kelapa muda, gelar tikar, terus duduk-duduk, deh, sambil baca buku atau nggak ngapa-ngapain. Puas-puasin aja menyantap vitamin sea.

Surfing

Di Pantai Gerupuk dan banyak pantai lain antara Pantai Kuta dan Mawun, banyak spot buat surfing. Para surfer asing yang sudah terlalu lama di Bali dan pengen coba titik berselancar lain, biasanya pergi ke lombok naik motor sewaan dengan papan surfing yang ditaruh di rak yang dipasang di pinggir motor. Kalau pengen nyobain surfing, kawasan wisata Mandalika adalah tempat yang pas buat kamu.

pantai tanjung aan mandalika
Pantai Aan di Mandalika Resort, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), 25 Oktober 2011 via TEMPO/Supriyantho Khafid

Belajar budaya suku Sasak

Di sekitar Kawasan Wisata Mandalika Lombok Tengah juga ada permukiman suku sasak, seperti di Desa Sade Rambitan. Di sana kamu bisa melihat rumah suku sasak yang unik. Selain itu kamu juga bisa melihat proses penenunan kain dengan motif khas suku Sasak. Kalau pengen bawa pulang, tinggal beli saja langsung di sana.


Makan dan nongkrong di mana?

Meskipun agak jauh dari Mataram, Mandalika punya beberapa tempat makan dan nongkrong menarik. Kamu bisa mampir ke Warung Drifters di Jalan Pariwisata Pantai, Kuta (☎ 0878 6427 5918), The Other Place Restaurant di Jalan Sengkol Rangkap 1, Kuta Cabana Lodge, Kuta (☎ 0853 3742 6515), Drop In Cafe di Jalan Mandalika Resort, Pantai Putri Nyale (☎ 0819 0723 4673), atau Spice Market di Jalan Pantai Putri Nyale (☎ 0370 6153333).


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

4 Jurus Jitu buat Traveling Keliling Indonesia

Itinerary

7 Ide untuk Mengisi Libur Panjang

Itinerary

5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Traveling dengan “Backpack”

Itinerary

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Sekitar Pantai Parangtritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *