Itinerary

Baca Ini Dulu sebelum Bikin Itinerary Lombok

Pulau Lombok bukan penghasil cabe. Lagian arti “lombok” di sini bukan caba rawit, tapi “lurus” dalam bahasa Sasak. Kalau ditarik-tarik, kisahnya bisa sampai ke masa keruntuhan Majapahit dulu, ketika orang-orang yang eksodus dari Pulau Jawa berlayar “lurus” ke timur sampai ke Pulau Lombok.

Selain punya pulau, pantai, sungai, dan gunung, pulau yang letaknya di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini juga punya banyak ladang tembakau dan dari dulu dikenal sebagai salah satu penghasil tembakau jenis virginia.

lombok
Danau Segara Anak Gunung Rinjani via instagram.com/failureproject

Naik apa ke sana?

Citilink, Garuda Indonesia, Batik Air, dan Lion Air punya penerbangan langsung dari Jakarta ke Lombok (2 jam).

Ngeteng dari Jakarta bakal menghabiskan waktu sekitar 2-3 hari. Kamu mesti ke Banyuwangi dulu numpang bis atau kereta api, menyeberangi Selat Bali, naik bis dari ujung barat Bali ke ujung timur, terus menyeberangi Selat Lombok. Atau kamu bisa naik bis dari Surabaya.


Ngapain aja di sana?

Lombok Barat

Kalau kamu penggemar laut dan pantai, kamu bakal betah di Lombok bagian barat. Di sini ada Pantai Senggigi (bisa buat surfing atau cuma lihat sunset sambil makan jagung bakar), Pantai Batu Bolong, dan Bukit Malimbu tempat kamu bisa mengintip Tiga Gili (tiga pulau: Trawangan, Meno, Air) yang cantik. Main-main ke Sekotong, kamu juga bisa menyeberang ke Gili Nanggu.

Selain pantai, Lombok bagian barat juga punya wisata budaya. Kamu bisa mampir di Kota Tua Ampenan yang dulunya adalah pelabuhan terbesar di Lombok. Kalau mau awet muda tapi nggak mau repot-repot mengatur pola makan, coba mampir ke Taman Narmada. Kalau suka atraksi yang berbau alam, mampir ke Hutan Lindung Sesaot di Narmada yang airnya berasal dari Gunung Rinjani.

Lombok Utara

Dari Pelabuhan Bangsal di Pemenang, kamu bisa menyeberang ke salah satu dari Tiga Gili, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Terus ke utara, kamu bisa mampir di desa-desa tradisional suku Sasak, seperti Desa Gumantar di Kec. Kayangan dan desa-desa adat di Bayan.

Di Senaru ada beberapa air terjun, seperti Air Terjun Sedang Gile, Tiu Kelep, Tiu Pupus, dan Gangga. Selain itu, Senaru juga adalah salah satu pintu pendakian Gunung Rinjani. Berbeda dari Jalur Sembalun yang ciri khasnya adalah padang rumput, di Jalur Senaru kamu bakal menjumpai hutan lebat.

Lombok Tengah

Ombak di pantai selatan Lombok bagian tengah cocok buat surfing. Setelah menjajal ombak-ombak di Pulau Bali, biasanya para turis mancanegara menyewa motor dan menyeberangi Selat Lombok untuk menjajal ombak Pantai Tanjung Aan, Pantai Selong Belanak, Pantai Seger, Pantai Gerupuk, dan lain-lain. Dekat sini juga ada Bukit Merese tempat kamu bisa melihat pantai-pantai dari ketinggian (seperti di Malimbu di sisi pulau bagian barat).

Kamu juga bisa mengagumi kebudayaan suku Sasak di Desa Sade Rambitan dan Desa Sukarara. Lombok Tengah juga adalah wilayah penghasil tembakau virginia.

Lombok Timur

Sembalun Lawang, sebuah lembah hijau yang menghampar di Lombok Timur, adalah pintu masuk Gunung Rinjani, selain Senaru di Lombok Utara. Tapi Lombok bagian timur juga punya pantai, seperti Pantai Kaliantan, Pantai Sungkun, Pantai Surga, Pantai Tanjung Bloam, Pantai Tanjung Ringgit dan Pantai Pink. Pulau-pulau kecil juga banyak, seperti Gili Sunut, Gili Kondo, dan Gili Lampu.


Kuliner khas Lombok

Pelecing kangkung

Siapa sih yang nggak kenal pelecing kangkung? Makanan ini sederhana aja. Cuma kangkung yang dikasih sambel pedas. Tapi kalau dimakan pakai nasi putih yang masih mengepul, sensasinya bikin nagih. Pelecing kangkung bisa kamu temukan hampir di mana-mana… bahkan di luar Tanah Sasak.

Nasi balap Puyung

Nasi balap puyung sudah mulai ekspansi ke daerah-daerah lain. Kalau kamu main ke Jogja, pasti kamu bakal nemu satu-dua penjual nasi puyung selama muter-muter di kota itu. Kuliner yang terdiri dari nasi putih, sambal daging, biji kedelai goreng, kentang gorong kremes, dan sambal pedas khas Lombok itu cocok sekali untuk jadi menu sarapan. Tapi mencoba nasi balap puyung di tanah kelahirannya di Desa Puyung, Lombok Tengah, bakal jadi pengalaman unik buatmu.

sate khas lombok
Seporsi sate bulayak/Laely Farida

Sate bulayak

Bumbu sate bulayak beda dari sate-sate lain, yaitu campuran santan kental dan kemiri. Bentuk ketupatnya juga unik, yaitu bulat memanjang. Kamu bisa cari sate bulayak di Jl. Udayana Mataram, Taman Hutan Suranadi Lombok Barat, dan di Pantai Senggigi.

Sate Tanjung

Sate tanjung yang berasal dari daerah Tanjung, Lombok Utara, adalah sate ikan yang dinikmati bersama lontong, urap sayur, atau pelecing kangkung.

Ayam Taliwang

Barangkali ayam Taliwang adalah duta makanan Pulau Lombok dan Nusa Tenggara Barat. Kuliner inilah yang paling terkenal, yang namanya sudah tersohor ke penjuru Indonesia. Ayam utuh yang dilumuri bumbu khas Lombok kemudian digoreng atau dibakar ini bisa ditemukan di penjuru Kota Mataram.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

4 Jurus Jitu buat Traveling Keliling Indonesia

Itinerary

7 Ide untuk Mengisi Libur Panjang

Itinerary

5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Traveling dengan “Backpack”

Itinerary

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Sekitar Pantai Parangtritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *