Itinerary

Baca Ini Dulu sebelum ke Bali

Nggak ada yang bakal nyanggah kalau ini adalah pulau paling terkenal di Indonesia. Pulau Bali emang keren, lanskapnya spektakuler dan budayanya memikat. Orang-orangnya juga ramah. Tapi, ya, mentang-mentang ramah jangan sembarangan aja nyenggol orang. Budaya dan tradisi Bali pun terus dilestarikan dari generasi ke generasi. Bali juga dikenal sebagai Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

ke bali
Suasana Pura Besakih saat upacara keagamaan/Fuji Adriza

Ke sana naik apa?

Kamu bisa ke Bali lewat udara atau laut. Lewat laut, dari Jawa kamu bisa nyeberang pakai kapal ferry ASDP dari Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi ke pelabuhan Gilimanuk di Jembrana, Bali. Dari Lombok, kamu bisa naik ferry dari Pelabuhan Lembar di Lombok ke Pelabuhan Padangbai di pesisir timur Bali. Lewat jalur udara pilihan kamu banyak banget. Dari kota-kota besar di Indonesia, kamu bisa naik Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Trans Nusa, Sriwijaya, Wings Air, dan lain-lain.

Dari Pulau Jawa kamu bisa juga naik bis (tapi tetap harus nyeberang di dari Ketapang ke Gilimanuk), seperti Pahala Kencana (dari Jakarta dan Bandung ke Denpasar), Gunung Harta (dari Semarang ke Denpasar), atau Akas IV dan Tiara Mas (dari Surabaya ke Denpasar).


Menginap di mana?

Di Pulau Bali bagian selatan, Poppies Lane I dan II di Kuta adalah lokasi favorit para pejalan buat nginap. Kalau di Ubud, yang jadi favorit adalah Jalan Monkey Forest. Tapi selain itu juga masih banyak banget penginapan dan hotel yang bisa kamu temukan di Bali.


Tempat-tempat menarik di Bali

Kalau ngomongin Bali, pasti yang kebayang pantainya. Emang sih banyak banget pantai di Bali. Tapi jangan lupa kalau Bali juga punya atraksi-atraksi wisata alam lain seperti gunung dan air terjun.

Pantai Nyang Nyang

Pantai Nyang Nyang ini namanya memang agak unik. Nggak cuma namanya saja yang unik. Trek menuju Pantai Nyang Nyang juga unik dan bikin capek. Akses jalan masuknya lumayan sulit dan jalan kaki ke pantai ini rasanya kayak trekking di gunung. Tapi pantai yang satu ini layak banget buat dikunjungi. Pantainya tersembunyi, sepi—pas banget buat liburan.

Pantai Lovina

Pantai ini paling pas kamu datangi pagi-pagi. Di sini kamu bisa menjumpai lumba-lumba liar yang menghuni perairan utara Pulau Bali. Jadi meskipun Pantai Lovina ini pasirnya hitam, ia punya daya tarik tersendiri. Makanya pantai di sisi utara Bali Utara ini selalu ramai dikunjungi.

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa ini lumayan sering muncul di FTV. Untuk mencapai pantai ini kalian harus lewat celah di antara dua tebing kapur putih yang menjulang. Nggak perlu lagi susah-susah menghindari lubang kayak dulu sebab sekarang Jalan ke Pantai Pandawa sudah diaspal bagus-bagus.

Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul di Kabupaten Buleleng adalah lokasi yang pas buat bertandang kalau kamu fotografer. Air terjun ini fotogenik banget soalnya. Lumayan lah buat nambah-nambah portofolio.

Pura Uluwatu

Pura Uluwatu letaknya di atas tebing setinggi 70. Dari sana kamu bakalan terbengong-bengong melihat kerayaan Samudera Hindia. Setiap hari menjelang sunset, orang-orang berkumpul di sekitar pura untuk menikmati—tentunya—matahari yang sedang terbenam.

tari kecak uluwatu bali
Tari kecak di Uluwatu/TelusuRI.id

Desa Trunyan

Penduduk Desa Trunyan nggak pernah mengubur dan mengkremasi jenazah orang yang sudah meninggal. Jadi kalau kebetulan kamu berada di sana, siap-siap saja buat menjumpai tulang belulang manusia. Tapi anehnya, nggak keluar sedikit pun aroma busuk dari jenazah dan tulang belulang itu. Sebabnya, semua aroma nggak sedap itu tersamarkan oleh wangi pohon taru menyan.

Gunung Agung

Gunung Agung adalah gunung tertinggi Bali. Walaupun tergolong gunung berapi aktif, erupsi terakhirnya sudah lama banget, sekitar tahun 1964 silam. Wisatawan biasanya mendaki Gunung Agung buat mendapatkan sensasi melihat pemandangan Pulau Dewata dari ketinggian. Tapi penduduk Bali menganggap pendakian ke Puncak Gunung Agung sebagai bentuk ziarah yang dilakukan seenggaknya sekali seumur hidup.


Makanan-makanan enak yang harus kamu coba

Sate lilit

Sate lilit yang terbuat dari daging yang dicincang kemudian dililitkan ini sangat empuk. Sate lilit bisa memakai daging babi, ayam, atau ikan tenggiri. Tapi kayaknya sampai sekarang sate lilit dari Tenggirilah yang jadi favorit.

Ayam betutu

Rasa pedas gurih yang kamu rasakan pas nyobain ayam betutu ini bisa bikin lidah kamu keenakan. Soalnya, bumbu ayam betutu langsung dimasukkan ke dalam perut ayam kampung. Pastilah bumbunya meresap banget ke dalam daging ayam kampung. Terus, daging itu dibungkus daun pisang kemudian dipanggang.

Serombotan

Makanan satu ini terbuat dari sayur-sayuran yang diolah sedemikian rupa menjadi hidangan yang enak. Sayuran-sayurannya antara lain kangkung, bayam, kacang panjang, pare, tauge, dan terong bulat.

Nasi sela

Nasi sela semula cuma populer di pedesaan Bali. Tapi kini nggak cuma masyarakat pedesaan saja yang menyukai nasi sela, masyarakat kota juga senang makanan satu ini karena rasanya memang spesial. Jadi, jangan lupa cobain nasi sela pas main ke Bali.

Babi guling

Warnanya yang kecoklatan bikin daging babi guling ini sudah tampak lezat bahkan sebelum dicobain. Babi guling jadi makin lezat karena dimasak pake bumbu khas Bali yang menggoyang lidah.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

4 Jurus Jitu buat Traveling Keliling Indonesia

Itinerary

7 Ide untuk Mengisi Libur Panjang

Itinerary

5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Traveling dengan “Backpack”

Itinerary

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Sekitar Pantai Parangtritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *