Itinerary

Traveling ke Sumba? Kunjungi 7 Destinasi Wisata Ini Saja

Sadar nggak sih akhir-akhir ini Sumba sering banget diekspos media. Bahkan ada dua film yang menjadikan Sumba sebagai lokasi syuting, yakni Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak dan Susah Sinyal. Alhasil, para pejalan pada penasaran sama destinasi wisata di Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Kalau kamu termasuk golongan yang penasaran, kamu ada di tempat yang tepat. Nih, TelusuRI kasih bocoran 7 destinasi wisata di Sumba yang bakalan seru banget buat kamu kunjungi.

1. Desa Adat Ratenggaro, Sumba Barat Daya

wisata di sumba

Kampung Adat Ratenggaro via SkyGrapher.id/Giovanni Mansilla

Ciri khas Desa Adat Ratenggaro adalah bentuk rumahnya. Bangunan rumah di desa ini punya atap yang sekilas tampak seperti Topi Seleksi-nya Hogwarts. Tingginya juga minta ampun, mencapai sekitar 20 meter. Makanya dari jauh permukiman Ratenggaro ini tampak seperti kumpulan tombak.

Dari Ibukota Sumba Barat Daya, Tambolaka, kamu bisa mencapai Desa Adat Ratenggaro dalam waktu sekitar 1,5 jam. Ada dua pilihan: travel dan bis. Kalau naik travel, tentu saja kamu bisa minta tolong buat diantar langsung ke lokasi. Kalau naik bis, turunlah di Bondo Kodi, kemudian lanjutkan perjalananmu naik ojek.

2. Bukit Tanarara, Sumba Timur

wisata di sumba

Pemandangan dari Bukit Tanarara via SkyGrapher.id/Ovela Yosef

Tanarara berarti tanah merah. Tanah di sini memang berwarna agak kemerah-merahan. Tapi, yang bikin orang penasaran buat ke Tanarara adalah perbukitan berselimut rumput—sabana—yang jadi pemandangan otentik Pulau Sumba.

Di satu titik di puncak bukit di Tanarara ada kubur batu yang dari jauh tampak seperti Stonehenge di Salisbury Plain, UK. Tapi, bedanya, kubur batu di Tanarara diberi ukiran khas Sumba. Kalau yang ini dilihat aja, dipegang jangan.

3. Bendungan Kambaniru, Sumba Timur

wisata di sumba

Sungai di areal Bendungan Kambaniru via SkyGrapher.id/Prayudhi M Ajawaila

Destinasi wisata di Sumba yang satu ini instagrammable banget. Dari Bendungan Kambaniru, kamu bakal melihat sebuah sungai yang mengalir menerobos lembahan di antara bukit-bukit gersang. Kamu seperti melihat Yin dan Yang—tandus dan subur sekaligus.

Pastinya gradasi warna yang dihasilkan bakal indah banget kalau ditangkap sama kamera kamu. Makanya, kalau ke Sumba, luangkan waktu buat ke sini. Bendungan Kambaniru terletak di Kelurahan Lamba Napu, Kecamatan Kambera, Sumba Timur.

4. Air Terjun Tanggedu, Sumba Timur

wisata di sumba

Suasana Air Terjun Tanggedu via SkyGrapher.id/Prayudhi M Ajawaila

Lazimnya wilayah yang bentang alamnya karst, Sumba punya banyak sungai dan air terjun yang keren. Batuannya berwarna coklat terang dan airnya hampir toska. Salah satunya ya Air Terjun Tanggedu ini. Sekilas Air Terjun Tanggedu mirip Air Terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul. Bedanya, air dan tebing Air Terjun Tanggedu lebih “bersih.”

Letaknya nggak jauh-jauh amat dari Waingapu, hanya terpaut sekitar 46 kilometer, di sebuah desa bernama Tanggedu. Tapi, kalau ke sana menyetir sendiri, kamu mesti selalu waspada sebab beberapa ruas jalannya baru sekadar dikeraskan, belum diaspal.

5. Air Terjun Koala(t), Sumba Timur

wisata di sumba

Koala di Air Terjun Koala via SkyGrapher.id/Leonora Adelia Suryani

Sebagian menyebutnya Koalat, sebagian lagi Koala. Tapi air terjun yang dimaksud sama saja. Lho, kok namanya bisa Air Terjun Koala? Bukannya koala itu hewan endemik Australia? “Mungkin karena dulu ada master kung fu Koala yang bertapa di sana?” Kamu keseringan nonton Kung Fu Panda!

Kamu bakal paham alasan di balik penamaan air terjun ini setelah melihat penampakannya dari atas. Jadi, ada susunan batu di aliran air terjun itu yang mirip koala yang lagi bosan nangkring di pohon. Lumayan lucu, sih. (Nice try!) Letaknya di Desa Maidang, Kecamatan Kambata Mapambuhang, Sumba Timur—kayaknya sih di sana susah sinyal.

6. Laguna Weekuri, Sumba Barat Daya

wisata di sumba

Laguna Weekuri via SkyGrapher.id/Radityo Wahyu

Destinasi wisata di Sumba yang satu ini bakal mengingatkan kamu sama sebuah pulau di sebelah selatan Malang. “AUSTRALIA?!” Bukan. Kejauhan. Mending nggak usah disebut. Sensitif. Ntar kamu juga bakal, “Oh, iya! Iya! Yang itu!”

Weekuri adalah sebuah laguna, tempat terkumpulnya air laut yang menerobos lewat celah-celah karang penghalang. Kombinasi warnanya aduhai seperti suara Nella Kharisma. Kalau saja dulu Sumba sudah terkenal, mungkin film The Beach yang dibintangi Leonardo DiCaprio bakalan di-take di sini. Di mana sih tempatnya? Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Sumba Barat Daya.

7. Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya

wisata di sumba

Kontras warna indah di Pantai Mandorak via SkyGrapher.id/Ovela Yosef

Buat penduduk setempat, Pantai Mandorak adalah di mana perahu mereka tertambat. Buat pejalan, destinasi wisata di Sumba yang satu ini adalah sebuah tempat yang bakalan terus lekat dalam kenangan.

Yang istimewa dari pantai berpasir putih yang terletak di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, ini adalah karang yang menghalangi gelombang dahsyat menghantam pantai (makanya dijadikan tempat parkir perahu).

Jadi, sudah punya gambaran mau ke mana saja pas di Pulau Sumba?

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

Senja dari Pinggir Brantas

Itinerary

Remeh-temeh yang Tak Remeh tentang Tempe

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *