Itinerary

7 Destinasi Wisata di Bantul yang Terlalu Keren untuk Dilewatkan

Nama Bantul, salah satu kabupaten di DI Yogyakarta, kalah populer sama Kota Yogyakarta. Padahal Bantul punya banyak banget destinasi wisata yang menarik, entah wisata alam, budaya, maupun religi. Ini TelusuRI kasih 7 di antaranya:

1. Pantai Goa Cemara—destinasi super-romantis

Destinasi wisata di Bantul ini pas banget buat kamu yang sudah jengah sama keindahan pantai-pantai berpasir putih. Ini pantai letaknya sederetan sama Pantai Samas, Pantai Pandansari, dan Pantai Baru Pandansimo.

Yang bikin pantai ini istimewa adalah pepohonan cemara yang tumbuh di bibir pantai. Saking banyak dan lebatnya, cemara-cemara yang berbaris ini seolah-olah membentuk terowongan atau gua panjang. Ada beberapa gazebo pula di sana. Pokoknya, romantis banget buat dijadiin destinasi traveling sama pasangan.

wisata di bantul

Matahari terbenam di Pantai Goa Cemara/Imam Rianto

2. Gumuk Pasir—“sandboarding” sekaligus belajar geologi

Sejak beberapa tahun belakangan, popularitas Gumuk Pasir Parangkusumo terus meningkat. Kalau belum pernah dengar, Gumuk Pasir parangkusumo adalah sebuah sand dune alias padang pasir mini satu-satunya di Asia Tenggara.

Destinasi wisata di Bantul ini jadi tempat buat berselancar di atas pasir (sandboarding). Kalau mau nyobain, kamu bisa menyewa papan di sekitar lokasi. Selain buat sandboarding, Gumuk Pasir juga jadi salah satu lokasi favorit buat ekskursi geologi, syuting film atau video klip … atau manasik haji.

wisata di bantul

Kontras warna di Gumuk Pasir/Gallant Tsany Abdillah

3. Kebun Buah Mangunan—menikmati pemandangan indah di pagi hari

Destinasi wisata di Bantul ini adalah kebun buah, seperti yang bisa kamu duga dari namanya. Tapi, kenyataannya Kebun Buah Mangunan malah lebih dikenal sebagai destinasi tempat kamu bisa melihat pemandangan bagus di pagi hari.

Pemandangannya memang keren banget di sini. Berdiri dari pinggir tebing, kamu bakal menyaksikan hamparan perbukitan. Di antara bukit-bukit itu sungai mengalir indah ke samudra. Istimewanya, kalau ke sana pagi banget, kamu bakal bisa melihat “sungai” awan. Seperti apa? Lihat aja sendiri, ya, kalau ke sana.

wisata di bantul

Pemandangan dari Kebun Buah Mangunan/Fuji Adriza

4. Rumah Hobbit Bantul—tapi nggak bakal ketemu Frodo

Ini bukan lokasi syutingnya film Lord of the Rings atau The Hobbits lho ya. Tapi lumayanlah buat pemanasan—siapa tahu kamu ntar punya rezeki buat ke Selandia Baru?

Lokasinya nggak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Sebelum hutan pinus kalau dari arah Kota Yogyakarta. Buat ke sana, kamu cuma perlu jalan sebentar dari parkiran. Nggak bakal bikin capek, kok.

Uniknya Rumah Hobbit/Day

5. Makam Raja-Raja Mataram Imogiri—tempat tokoh-tokoh dalam buku sejarah dimakamkan

Pernah dengar cerita-cerita soal betapa kerennya Sultan Hamengkubuwono IX? Nah, Raja Yogyakarta yang legendaris itu dimakamkan di sini, guys, sebagaimana pendahulu-pendahulunya yang sudah lebih dulu wafat. Makam Raja-Raja Mataram Imogiri ini adalah tempat trah bangsawan Mataram dimakamkan.

Buat sampai ke makamnya saja kamu mesti naik ratusan anak tangga. Tapi nggak usah khawatir. Sepulang dari sana kamu bisa menyegarkan diri dengan minum wedang uwuh di salah satu warung yang berjejeran di kaki lingkungan pemakaman.

Tangga menuju Makam Raja-Raja Mataram/Fuji Adriza

6. Sate Klathak “Pak Pong” Imogiri—kuliner legendaris

Pas mau kembali ke Kota Yogyakarta, jangan lupa mampir di Sate Klathak “Pak Pong” di Jalan Imogiri Timur. “Sate klathak? Apaan tuh?” Satu klathak itu adalah sate kambing muda. Banyak banget yang menjualnya di daerah Imogiri. Tapi yang paling legendaris yang satenya Pak Pong.

Harganya memang agak lebih mahal dibanding sate-sate yang biasa kamu temukan di kota. Tapi uang yang kamu habisin sebanding kok sama kelezatan yang bakal kamu rasakan.

wisata di bantul

Daging di Sate Klathak “Pak Pong” sedang dipanggang/Gallant Tsany Abdillah

7. Pasar Klitikan Niten—buat yang suka benda-benda lawas

Terletak strategis di pinggir Jalan Bantul, pasar yang ramai di malam hari ini jadi favorit para pemburu barang bekas atau lawas. Mirip-mirip Pasar Klitikan Pakuncen di Jogja, hanya saja Klitikan Niten lebih kecil.

Macam-macam yang dijual di sini. Kalau kamu pemburu buku-buku lawas, di sini ada beberapa kios yang khusus menjual buku-buku terbitan lama. Ada pula kios yang menjual kaset tape dan printilan-printilan lain yang bakalan susah kamu temukan di pasar-pasar biasa. Penggemar otomotif juga bisa menemukan onderdil-onderdil yang sudah nggak lagi diproduksi.

Jadi, mana destinasi wisata di Bantul yang paling bikin kamu penasaran?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Foto header: Gallant Tsany Abdillah

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Kamu Bakal Mengalami Hal-hal Menantang Berikut pas Menginap di Dormitory Hostel

Itinerary

Baca Ini Dulu sebelum Melancong ke Wakatobi

Itinerary

3 Hal yang Bikin Traveling Jadi Kurang Seru

Itinerary

Makanan Seperti Apa yang Tepat Disantap saat Traveling?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *