Itinerary

6 Jurus Jitu Menghemat Bujet Harian pas Traveling

Kamu tentu nggak pengen kehabisan duit pas traveling. Nah, untuk membantumu menyelamatkan kondisi finansial pas traveling, ini TelusuRI kasih beberapa jurus jitu buat menghemat bujet harian pas traveling.

1. Ikuti perencanaan bujet

Untuk menghemat bujet harian pas traveling, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengikuti perencanaan bujet. Sebisa mungkin jalani rencana yang sudah kamu buat, misalnya soal anggaran makan, minum, transportasi, biaya masuk tiket wisata, dsb.

Selain membantumu buat menghemat bujet, mengikuti perencanaan bujet bikin kamu paham situasi keuangan kamu. Kamu jadi selalu update soal sisa uang yang kamu pegang, dan kamu juga tahu kapan harus mengambil uang lagi di ATM.

2. Temukan alternatif yang lebih murah

Nggak semuanya dibahas di internet, termasuk soal alternatif-alternatif tempat makan, akomodasi, atau transportasi yang lebih murah ke/di/dari destinasi yang kamu tuju. Jadi, selalu buka matamu untuk alternatif-alternatif yang lebih murah.

Informasi soal alternatif lebih murah ini bisa kamu dapat dari banyak sumber, misalnya dari warga lokal atau dari teman-teman pejalan yang kamu jumpai.

3. Makan di tempat makan lokal

Salah satu pos yang kemungkinan besar bakal bikin anggaran traveling membengkak adalah biaya makan. Supaya hemat, coba, deh, makan di tempat makan lokal. Harga makanan di rumah makan lokal jelas lebih murah ketimbang di restoran daerah turistik.

Cuma, untuk tiba di tempat makan-tempat makan lokal, kamu mesti mengeluarkan usaha ekstra, entah jalan kaki agak jauh atau mblusuk naik kendaraan ke jalan-jalan atau gang-gang yang nggak pernah diliput tayangan wisata.

4. Atur pola makan

Pas traveling, godaan buat nyobain kuliner bakalan makin merajalela. Kalau sudah begini, semuanya kembali ke kamu. Kalau kamu bisa menjaga hawa nafsu, anggaran makan nggak bakal membengkak. Sebaliknya, kalau kamu takluk sama rayuan perut, siap-siap saja tekor.

Maka dari itu mengatur pola makan penting banget artinya pas traveling. Usahakan jangan telat makan supaya kamu nggak tergoda buat mencicipi semua kuliner yang kamu jumpai dalam perjalanan.

5. Perbanyak jalan kaki dan naik transportasi umum

Kamu memang bisa menyewa kendaraan di destinasi wisata. Tapi, ya, nggak perlu tiap hari juga. Sediakan satu, dua hari untuk menjelajahi tempat itu dengan cara jalan kaki atau naik transportasi umum.

Jalan kaki atau naik transportasi umum, selain hemat, juga bisa ngasih kamu gambaran yang lebih utuh tentang destinasi itu.

6. Manfaatkan fasilitas dispenser air di penginapan

Kalau kamu menginap di tempat yang menyediakan dispenser—termasuk air, tentunya—jangan sungkan-sungkan untuk memanfaatkan fasilitas itu. Dengan bekal air dispenser, kamu bisa menghemat anggaran traveling karena nggak perlu beli air mineral kemasan.

Jadi, kapan rencana mau nyobain jurus jitu di atas, Sob?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

3 Hal yang Bikin Traveling Jadi Kurang Seru

Itinerary

Makanan Seperti Apa yang Tepat Disantap saat Traveling?

Itinerary

5 Ide Liburan Musim Hujan

Itinerary

5 Jurus Jitu yang Bikin Traveling Solo Makin Seru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *