Itinerary

5 Hal yang Akan Kamu Alami waktu Naik Bis Jarak Jauh di Indonesia

Pengen nyobain naik bis jarak jauh di Indonesia tapi masih belum punya bayangan perjalananmu bakalan jadi seperti apa? Jangan khawatir, Sob. Ini TelusuRI kasih bocoran soal apa saja yang bakal kamu alami waktu naik bis jarak jauh di Indonesia.

1. Berhenti di rumah makan antah-berantah

Dalam perjalanan panjang, bis yang kamu tumpangi bakal berhenti di rumah makan-rumah makan sepanjang jalan. Pas berhenti di rumah makan, kamu bisa mengisi perut, buang hajat, atau bersih-bersih.

Tapi, kamu mesti waspada pas di rumah makan antah-berantah itu. Kenapa? Soalnya harga makanan di sana bakalan berlipat-lipat lebih mahal ketimbang makanan di kota. Supaya aman, kamu bisa tanyain dulu harga makanan itu. Kalau nggak mau ambil risiko, kamu bisa mampir ke warung kecil yang biasanya tersebar di sekitar rumah makan itu.

2. Beli camilan dari pedagang asongan

Pesawat jelas steril dari pedagang asongan. Gerbong kereta juga sudah. Jadi, tinggal kabin bus yang masih bisa dimasuki pedagang asongan.

Camilan-camilan yang beredar di bis jarak jauh biasanya tergantung daerah yang lagi dilewati. Di daerah Jawa Timur, misalnya, bis bakal dimasuki para pedagang pecel atau sate kerang. Di Jawa Barat kau bakal menjumpai tahu Sumedang. Di Sumatera Barat kamu bisa beli pergedel jagung.

3. Ngasih duit kecil ke pengamen

Di titik-titik tertentu, seperti terminal atau rumah makan, biasanya bus bakalan didatangi pengamen.

Suara pengamen yang tampil di bus ini rata-rata keren-keren, Sob. “Steman” gitarnya juga oke banget. Telinga kamu bakalan senang mendengarkan lagu yang dilantunkan para pengamen di bis jarak jauh. Jadi, jangan lupa siapkan duit kecil sebelum berangkat.

4. Naik feri

Kalau kota yang kamu tuju berada di pulau seberang, tentu saja kamu dan bismu mesti menyeberang naik feri. Durasinya, ya, tentu saja, tergantung panjang selat yang memisahkan kedua pulau itu.

Pas menyeberang dengan feri, para penumpang bis bakal dipersilakan turun dari bis dan cari tempat nongkrong di dek. Jadi kamu bisa berkeliaran di feri sekadar buat meregangkan otot.

5. Mendengarkan lagu-lagu lawas Indonesia

Nggak tau kenapa, bis-bis jarak jauh di Indonesia suka sekali memutar lagu-lagu lawas Indonesia, seperti lagu-lagu Koes Plus, Panbers, The Rollies, dll. Mendengarkan lagu-lagu lawas Indonesia di dalam bis bakal ngasih sensasi tersendiri. Kamu bakal jadi sering melamun mengingat masa lalu, atau jadi bingung menatap masa depan.

Jadi, sudah siap buat melakukan perjalanan panjang naik bis di Indonesia?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

3 Hal yang Bikin Traveling Jadi Kurang Seru

Itinerary

Makanan Seperti Apa yang Tepat Disantap saat Traveling?

Itinerary

5 Ide Liburan Musim Hujan

Itinerary

5 Jurus Jitu yang Bikin Traveling Solo Makin Seru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *