Itinerary

5 Destinasi di Yogyakarta Berikut Bisa Kamu Jadikan Tempat Piknik

Kamu sudah beberapa hari di Jogja terus bingung mau ngapain karena semua atraksi wisata sudah kamu kunjungi? Mungkin kamu perlu cobain piknik di 5 tempat piknik di Yogyakarta berikut, Sob:

1. Alun-alun Kidul

Meskipun terletak di “halaman belakang” keraton, Alun-alun Kidul jauh lebih ramai ketimbang Alun-alun utara. Kalau nggak percaya, coba saja ke sana malam-malam. Kamu pasti bakal menemukan banyak lapak dan gerobak makanan, juga becak lampu yang bisa kamu sewa dan naiki bersama kawan-kawan.

Kamu juga bisa piknik di Alun-alun Kidul. Waktu yang tepat untuk piknik di sana adalah sore hari sekitar jam 3-4 sore. Kamu bisa ngembangin kain atau tikar di atas rumput sambil mengamati aktivitas pedagang yang sedang bersiap-siap untuk mencari rezeki.

Sore hari di Alun-Alun Kidul Jogja/Fuji Adriza

2. Plengkung Gading

Fungsi utama Plengkung Gading sebenarnya adalah gerbang selatan kawasan Keraton Yogyakarta, Sob. Tapi, mulai sore sampai malam hari, bakalan banyak yang nongkrong di pelataran di atas Plengkung Gading. Sebagian besar sih anak muda yang duduk mengelompok dan bercengkerama.

Salah satu tempat piknik di Yogyakarta ini berada di sebelah selatan Alun-alun Kidul. Kalau mau piknik di sana, waktu paling pas buat datang adalah sore menjelang matahari terbenam, saat cahaya sedang bersinar anggun keemasan. Ke Plengkung Gading tengah hari nggak direkomendasikan, soalnya panas.

7 tempat nongkrong murah meriah di jogja

Sorot lampu bikin Plengkung Gading jadi warna-warni di malam hari/Fuji Adriza

3. Hutan Pinus Mangunan

Sekitar 30 km ke arah selatan dari Kota Yogyakarta, ada satu atraksi lagi yang ideal buat dijadikan tempat piknik, yakni Hutan Pinus Mangunan. Selain instagenik, Hutan Pinus Mangunan juga lumayan sejuk, bikin kamu betah lama-lama buat nongkrong di sana.

Selain piknik, kamu juga bisa minta izin ke pengelola untuk kemping. Kalau punya hammock, kamu juga bisa mengikatkan ayunanmu itu di antara pohon-pohon pinus yang kokoh dan menjulang.

kawasan wisata imogiri

Rindangnya Hutan Pinus Mangunan/Fuji Adriza

4. Pantai Parangtritis

Di Pantai Parangtritis, Bantul, kamu juga bisa piknik. Waktu yang paling pas buat membentangkan kain di Pantai Parangtritis adalah sore hari menjelang matahari terbenam pada musim kemarau.

Buat piknik di sini, kamu sebenarnya nggak perlu bawa bekal sendiri, soalnya sudah banyak banget yang jualan. Yang dijual macam-macam, dari mulai minuman seperti wedang ronde sampai bakar-bakaran.

paralayang di jogja

Aktivitas Paralayang di Parangtritis/Dani

5. Waduk Sermo

Dari namanya kamu bisa nebak kalau Waduk Sermo adalah sebuah bendungan air. Letaknya di Kabupaten Kulon Progo, sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta. Tapi, karena sebagian besar jalan di Yogyakarta sudah mulus, perjalanan 40 km ke salah satu tempat piknik di Yogyakarta itu nggak bakalan terasa melelahkan.

Waktu paling seru buat piknik di Waduk Sermo adalah pagi hari. Makanya, supaya bisa merasakan sensasi piknik pagi hari di bendungan ini, banyak pejalan yang bela-belain buka tenda dan kemping.

Jadi, tertarik buat nyobain piknik di mana, Sob?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

Jalan-jalan ke Curug Cipamingkis, Bogor

Itinerary

Cerita dari Kampung Adat Kuta, Ciamis

Itinerary

Tempat-Tempat yang 'Hilang' di Indonesia

Itinerary

5 Kedai Kopi Legendaris di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.