Itinerary

5 Tempat Nongkrong Gratis di Jogja

Jogja adalah kota nongkrong. Kalau nggak percaya, coba aja sendiri telusuri Jogja malam hari. Kamu pasti bakalan mendapati kenyataan bahwa orang-orang pada nongkrong di angkringan-angkringan atau kafe-kafe yang tersebar di penjuru kota.

Tapi, selain di angkringan dan kafe, orang Jogja juga suka nongkrong di tempat-tempat lain yang gratis, misalnya di lima tempat berikut:

1. Alun-alun Kidul

Tempat ini berada di sisi selatan Keraton Yogyakarta. Memang benar banyak yang jualan di sini. Tapi, kamu nggak harus beli, kok, kalau cuma mau nongkrong.

Kamu bisa gelar matras di atas rumput atau tanah sekitar beringin kembar bersama teman-teman, sambil mengamati orang-orang yang lalu-lalang di antara beringin kembar. Paling enak ke tempat ini di malam hari. Siang panas, Sob!

2. Plengkung Gading

Plengkung Gading cuma selemparan batu dari Alun-alun Kidul. Ini sebenernya adalah gerbang keraton yang diapit oleh benteng berwarna putih.

Tempat ini enak banget buat nongkrong sore-sore sambil menunggu matahari terbenam. Semakin malam, tempat ini bakal semakin rame, entah oleh anak muda yang datang berkelompok atau mereka yang tiba bareng pasangan.

3. Kilometer Nol

Kilometer Nol berada di ujung selatan Malioboro. Di areal ini banyak bangunan lawas dan bersejarah, seperti Gedung Agung, Benteng Vredeburg, Kantor Pos Besar, Gedung Bank BNI, dan, tentu saja, Kraton Jogja.

Dulu, tempat ini jadi lokasi nongkrong dan diskusi para seniman dan sastrawan Jogja. Mahasiswa juga sering menggelar aksi dan pertunjukan di sini. Sekarang, Kilometer Nol lebih sering dipadati wisatawan.

4. Tugu Jogja

Kamu juga bisa nongkrong gratis di Tugu Jogja. Monumen paling legendaris di Jogja ini bisa kamu capai dengan cara jalan kaki sekitar 15-20 menit dari Malioboro. Kalau nggak biasa jalan kaki, kamu juga bisa nyewa becak.

Areal Tugu Jogja ini instagenik banget. Ada beberapa bangunan tua dan kafe yang arsitekturnya keren. Selain itu, Tugu Jogja adalah salah satu lokasi favorit buat ngambil foto slow speed.

5. GSP

GSP adalah kepanjangan dari Grha Sabha Pramana. Ini adalah auditorium kampus Universitas Gadjah Mada (GSP). Selain jadi lokasi favorit buat olahraga pagi/sore hari, GSP juga enak buat nongkrong.

Ada kawasan dengan jejeran pohon besar dan rumput hijau terawat di sisi barat. Sore-sore ke sana, kamu bakal mendapati orang-orang duduk-duduk di sana dengan kesibukan masing-masing.

Jadi, pas ke Jogja nanti kamu mau coba nongkrong di mana, Sob?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

Bincang-bincang Dampak COVID-19 pada Industri Pariwisata bareng Womentourism.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *