Itinerary

5 Hal yang Harus Kamu Tahu sebelum Menginap di Stasiun Kereta Api

Sebagai petualang ulung, sekali waktu nasib bakal membawamu menginap di ruang-ruang publik. Stasiun kereta api, misalnya.

Nah, supaya kamu bisa mengantisipasi, ini TelusuRI kasih bocoran lima hal yang harus kamu tahu sebelum menginap di Stasiun Kereta:

1. Selalu minta izin pada petugas keamanan

Supaya kamu menginapnya lebih enak, minta izinlah terlebih dahulu pada petugas keamanan. Sebelum ngasih izin, biasanya mereka bakalan menanyakan soal alasan kenapa kamu menginap, dari manakah kamu, dan mau ke mana. Jangan ragu-ragu buat jawab.

Setelah tahu latar belakangmu, barulah mereka memberi tahu apakah kamu diizinkan menginap atau tidak di stasiun itu. Kalau diizinkan, mereka bakal ngasih tahu di pojok mana kamu bisa merebahkan badan.

2. Lebih susah minta izin menginap di stasiun besar ketimbang stasiun kecil

Biasanya, lebih susah minta izin menginap di stasiun besar ketimbang di stasiun kecil. Stasiun besar seperti Gambir, misalnya, nggak ngizinin orang buat merebahkan badan di kursi stasiun pas malam hari. Kalau mau rebahan atau selonjoran, kamu mesti cari tempat di luar bangunan stasiun.

3. Siapkan penghangat badan

Penghangat badan kamu perlukan kalau menginap di stasiun-stasiun yang berada di wilayah-wilayah bertemperatur rendah, misalnya pegunungan Jawa Barat atau Jawa Timur (antara Surabaya-Banyuwangi).

Kamu bisa bawa jaket, selimut tipis, sleeping bag, atau apa pun yang bakal bikin badanmu jadi hangat.

4. Cairan/semprotan nyamuk bakal sangat berguna

Meskipun punya atap, stasiun pada dasarnya adalah bangunan terbuka. Karena terbuka, hewan-hewan seperti nyamuk mungkin saja bakalan berkeliaran di areal stasiun kereta. Gambir di Jakarta dan Gubeng di Surabaya adalah salah dua dari stasiun yang nyamuknya banyak.

Karena itu, siapkanlah cairan atau semprotan anti-nyamuk. Sebelum tidur, oleskan dulu di bagian-bagian tubuhmu yang nggak ditutupi pakaian.

5. Letakkan barang berharga di tempat yang aman

Pastikan barang berharga yang kamu bawa berada di tempat yang aman. Kalau sudah begini, kamu bakalan bisa rebahan dengan tenang tanpa harus khawatir soal benda-benda berharga yang kamu bawa.

Kalau di stasiun itu ada loker, kamu bisa nitipin barang-barangmu di sana. Tapi, jangan lupa tanyakan jam berapa mereka buka keesokan harinya, supaya kamu bisa nyocokin sama jadwal petualanganmu.

Jadi, kapan mau nyobain menginap di stasiun kereta api?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

4 Hal Penting yang Sering Dilupakan Pendaki Gunung

Itinerary

Selter 101: Pilihlah Selter seperti Memilih Pasangan Hidup

Itinerary

Tips dan Trik biar "Packing" Makin Seru

Itinerary

3 Tips Memilih Destinasi buat Traveling Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *