#dirumahajaItinerary

5 Rekomendasi Tur Virtual Seru buat Temani PPKM Kamu

Bosan di rumah aja? Ingin jalan-jalan tapi belum bisa kemana-mana karena PPKM? Tenang, Sob! Seperti yang sudah-sudah nih, TelusuRI mau ajak kamu cari cara mengusir kebosanan di pelupuk mata. Kalau kamu ingin bepergian tanpa bergeser dari rumah, bisa mencoba salah satu alternatif wisata yang bisa diakses hanya dengan koneksi internet yakni tur virtual. 

Tur virtual memang tidak bisa menggantikan traveling di dunia nyata. Tapi dengan tur virtual, setidaknya kita bisa menghemat biaya traveling jadi lebih murah, badan tidak capek, dan tentu saja bisa mengunjungi beberapa tempat sekaligus dalam satu waktu.

Beberapa pengembang menawarkan tur virtual ini lebih dahulu sebagai bagian dari digitalisasi konten dan untuk menunjang mereka yang tidak bisa mengakses tempat secara langsung. Namun, setelah pagebluk melanda, peminat tur virtual makin tinggi dan karena ini merupakan momen yang pas memeriahkan tur digital untuk meminimalisir interaksi manusia secara langsung dan kerumunan demi mengurangi resiko terkena COVID-19.

Beberapa tur virtual yang kamu bisa ikuti mumpung #DiRumahAja sudah TelusuRI rangkum untuk mengisi kegiatan selama PPKM, selagi bisa menambah pengetahuan dari rumah, kenapa tidak? 

1. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional atau dikenal juga dengan sebutan Museum Gajah merupakan salah satu museum yang mempunyai koleksi terlengkap, mulai dari koleksi barang arkeologi, etnografi, geologi, dan sejarah dari seluruh Nusantara.  Bagi kamu yang berada di luar Jakarta, bisa banget nih ikut virtual tur yang mereka sediakan.

Gambar yang tersedia dengan kualitas HD meskipun belum semua koleksi tersedia pemaparan. Pemaparan dilengkapi audio yang memperjelas deskripsi koleksi museum. Kita bisa menelusuri berbagai koleksi yang dipamerkan pada Gedung Arca yang bertingkat empat atau Gedung Gajah yang banyak terdapat koleksi prasasti. Tur virtual bisa kamu akses di sini.

2. Google Arts and Culture

Salah satu upaya Google untuk mengembangkan pengetahuan adalah menyediakan semua akses museum di dunia secara online. Untuk mewujudkan hal tersebut, Google bekerja sama dengan lebih dari 2000 museum dan institut, termasuk bekerja sama dengan Kemendikbud untuk memasukkan database museum di Indonesia.

Selain melihat, pengunjung bisa juga melakukan berbagai interaksi seperti menggunakan augmented reality (AR) dari karya seni ditempatkan di sekitar kita, merubah foto kita menjadi karya seni populer, dan lainnya. Oh iya, kamu bisa akses tur ini dari aplikasi yang tersedia di playstore atau langsung di artsandculture.google.com

3. Indonesia Virtual Tours

Siapa yang cita-citanya keliling Indonesia? Mumpung keliling Indonesia lagi difasilitasi secara virtual, yuk kita coba di Indonesia Virtual Tour yang dikelola oleh PT Visual Anak Negeri dan Yayasan Visual Anak Negeri.

Situs ini menyediakan tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia seperti Kota Tua Jakarta, Sungai Musi, Situs Trowulan, dan yang lainnya. Beberapa tempat tersedia dengan gambar kualitas tinggi. Untuk memaksimalkan tempat-tempat yang ditampilkan, mereka membuka kesempatan bagi kalian yang mau menjadi kontributor.

Penasaran bisa ke mana saja di Indonesia Virtual Tour? Yuk intipnya di sini.

4. Museum Konferensi Asia-Afrika

Museum yang terletak di Bandung ini didirikan untuk memperingati konferensi Asia-Afrika pertama yang diadakan di Indonesia. Dengan semangat menumpas kolonialisme dan neo-kolonialisme, akhirnya terbentuklah gerakan non-blok yang tidak condong kepada blok barat maupun blok timur.

Museum ini menyediakan tur virtual yang dapat kamu akses di sini

Sebagai pecinta sejarah namun terhalang keadaan karena tidak bisa  datang langsung ke Bandung, kamu pasti menyukai tur virtual museum ini.Ada audiobook yang menjelaskan sejarah KAA, ada album foto yang mengabadikan sesi acara dan tamu-tamu dari berbagai negara, bahkan kamu juga bisa minta pemandu juga lho untuk memandu kelompok kamu melihat tur virtual museum.

5. Borobudur Virtual Tour

Borobudur Virtual Tour merupakan salah satu keajaiban dunia kini bisa kamu kunjungi hanya dengan satu klik saja. Sebagai candi Budha terbesar di dunia, pesona Borobudur dengan 72 stupanya mampu menaklukan siapapun yang melihatnya.

Tur virtual yang diprakarsai oleh Kemendikbud ini memandu kita menapaki langkah-demi langkah hingga ke puncak Borobudur. Fitur-fitur lainnya sangat menarik, kamu bisa menjelajahi borobudur dalam bentuk 3D, ada Borobudurpedia yang menyediakan informasi borobudur lengkap dengan foto ataupun video, juga ada Jataka yang menjelaskan detail relief yang ada di Borobudur. Kamu bisa klik di sini untuk langsung menuju halamannya.

Nah, kamu mau tur kemana nih jadinya, Sob? Apa lanjut tur ke alam mimpi?

Jangan lupa jaga kesehatan juga ya!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.
Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

Temui Irene Komala, si “Pink” yang Suka Jalan-Jalan

Itinerary

Cerita di Balik Desa Wisata Sumberbulu, Karanganyar

Itinerary

Nuansa Khas Pedesaan Surabaya di Kayoene

Itinerary

Barn Event Hire, Kafe dengan Konsep Taman Terbuka di Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Worth reading...
Mengenal Sejarah Jakarta lewat Tur Virtual