Itinerary

5 Pantai di Aceh Ini Bakal Bikin Kamu Jatuh Hati

Kalau soal destinasi wisata, apa yang pertama kali muncul dalam pikiranmu waktu mendengar kata “Aceh”? Barangkali sebagian besar di antara kamu langsung bilang “Masjid Raya Baiturrahman.” Wajar saja, sih. Dari dulu sampai sekarang Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh memang jadi ikon Aceh.

Tapi, kayaknya kamu juga perlu tahu kalau Aceh punya tempat-tempat menarik lain buat dikunjungi. Pantai, misalnya. Provinsi paling utara di Sumatra ini punya banyak banget pantai indah. Nah, di antara yang banyak itu, inilah lima pantai di Aceh yang paling istimewa:

konservasi penyu lampuuk
Tukik sedang dilepas/Konservasi Penyu Lampuuk

1. Pantai Lampuuk

Waktu Tsunami 26 Desember 2004 dulu, Pantai Lampuuk, Kabupaten Aceh Besar, yang terpaut sekitar 15 km dari Banda Aceh ini sempat hancur. Tapi, selepas tsunami, Pantai Lampuuk kembali menggeliat. Pelan-pelan, Pantai Lampuuk kembali menjadi salah satu destinasi primadona di Nanggroë Aceh Darussalam.

Pantai di Aceh yang satu ini memang keren banget. Pasirnya putih dan air lautnya jernih. Tapi bukan cuma keindahannya itu yang bikin Pantai Lampuuk menarik. Selain melihat-lihat pemandangan, di Lampuuk kamu juga bisa belajar surfing dan berpartisipasi dalam konservasi penyu.

2. Pantai Lhoknga

Pantai di Aceh yang satu ini adalah lokasi favorit buat menikmati sunset. Tapi, selain duduk-duduk menanti matahari terbenam di atas pasir putih yang lembut, masih ada aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Pantai Lhoknga, misalnya surfing dan memancing.

Sama-sama berada di Aceh Besar, Pantai Lhoknga nggak jauh-jauh amat dari Pantai Lampuuk. Kalau dari Banda Aceh, kamu bisa ke Pantai Lhoknga dengan menempuh jarak sekitar 22 km.

Pantai Iboih/Fuji Adriza

3. Pantai Iboih

Kalau menggeluti scuba diving, kamu pasti pernah mendengar nama (atau bahkan pernah mampir ke) Pantai Iboih, Pulau Weh. Pantai yang berhadap-hadapan dengan Pulau Rubiah ini adalah salah satu resor diving paling tenar di Indonesia. Perairannya masih sehat banget sampai-sampai kamu bisa lihat hiu hanya beberapa ratus meter dari pesisir.

Pantai di Aceh yang satu ini cuma berjarak sekitar 8 km dari Tugu Kilometer Nol Sabang. Buat ke sana, kamu mesti transit di Banda Aceh dulu, terus menyeberang naik feri dari Pelabuhan Ulee Lheue ke Pulau Weh sekitar dua jam.

4. Pantai Sumur Tiga

Kalau Pantai Iboih adalah lokasi transit buat menikmati keindahan bawah laut, Pantai Sumur Tiga adalah venue buat menyaksikan keindahan permukaan laut. Pantai ini dinamai Sumur Tiga karena di sekitarnya ada tiga sumur air tawar.

Dibanding Iboih, pesisir Pantai Sumur Tiga lebih terbuka. Makanya ombak pantai di Aceh yang satu ini lebih besar ketimbang perairan Iboih. Tapi, keindahan pantai yang terletak 15 km dari Kota Sabang ini disebut-sebut saingan sama Hawaii (meskipun nggak disebutkan juga bagian Hawaii yang mana).

5. Pantai Kasih

Dari Pantai Kasih, sekitar 2 km dari Kota Sabang, kamu juga bisa lihat sunset. Serunya, selain mengagumi matahari terbenam, kamu juga bisa melihat aktivitas Teluk Sabang yang ramai. Kalau kamu suka ambil timelapse, kamu pasti suka banget ke pantai ini. Tapi, Pantai Kasih nggak terlalu cocok buat main-main air, soalnya ombaknya lumayan besar.

Jadi, pantai yang mana nih menurut kamu yang paling bikin penasaran?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

Tempat-Tempat yang 'Hilang' di Indonesia

Itinerary

5 Kedai Kopi Legendaris di Indonesia

Itinerary

Grobak Hysteria: Pemberdayaan Masyarakat Melalui Seni dan Kekompakkan

Itinerary

5 Jurus Jitu Menghindari Keramaian di Destinasi “Mainstream”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.