Itinerary

Sensasi Mencicipi 5 Kuliner Legendaris Khas Surabaya

Selain penuh sejarah, Surabaya yang punya julukan Kota Pahlawan ini juga punya beragam kuliner autentik yang menggugah selera. Berbagai masakan lezat dan legendaris bisa kamu temukan di kota ini. Berikut lima kuliner legendaris Surabaya yang wajib kamu cicipi:

1. Sate Klopo Ondomohen

kuliner legendaris surabaya

Sepiring sate klopo ondomohen via masakandapurku.com

Sate yang satu ini emang udah happening lama banget di Surabaya. Berbeda dari sate pada umumnya, sate klopo yang berarti sate kelapa ini menggunakan kelapa sangrai yang diramu dengan bumbu dan menyatu bersama daging saat dibakar. Rasanya pun tiada duanya. Untuk menjaga ciri khas, sate ini nggak ekspansi ke kota lain dan hanya bisa kamu temui di Surabaya.

Nama “ondomohen” sendiri diambil dari nama jalan tempat warung sate tersebut berada. Walaupun saat ini nama Jalan Ondomohen telah berganti menjadi Jalan Walikota Mustajab, nama Warung Sate Klopo Ondomohen tidak diganti. Untuk dapat menikmati lezatnya kuliner legendaris Surabaya ini, kamu hanya perlu membayar Rp 20.000 untuk 10 tusuk sate. Ayo cobain!

2. Lontong Balap

kuliner legendaris surabaya

Semangkuk lontong balap via resepkoki.id

Lontong lezat ini tak hanya menjadi andalan warga Surabaya, tapi juga para pelancong yang penasaran dengan rasanya. Kuliner legendaris Surabaya ini memang begitu terkenal. Berisikan irisan lontong, kecambah, lento, dan siraman kuah serta kecap, lengkap dengan taburan bawang goreng, lontong balap menjadi salah satu kuliner yang menyegarkan dan pasti bikin ketagihan. Kalau ke Surabaya, kamu harus coba!

3. Rujak Cingur

kuliner legendaris surabaya

Seporsi rujak cingur via prelo.co.id

Rujak yang satu ini sekilas tampak seperti gado-gado. Sebenarnya hanya bumbunya saja yang sama dengan gado-gado, isinya beda. Dalam sajian kuliner legendaris Surabaya ini, terdapat campuran buah dan sayuran seperti rujak pada umumnya. Hanya saja, yang bikin beda, rujak cingur ditambahi sesuatu yang disebut “cingur.”

Cingur adalah daging mulut atau moncong sapi yang telah diiris, kemudian direbus dan disajikan dalam campuran buah, sayur, dan saos kacang ala gado-gado tadi. Di kalangan para pencinta kuliner, rujak cingur selalu jadi buruan ketika berkunjung ke Surabaya.

4. Tahu Tek

kuliner legendaris surabaya

Tahu tek via berrykitchen.net

Satu lagi nih lontong yang terkenal dari Surabaya: tahu tek. Kata “tek” sendiri diambil dari bunyi “tek! tek!” seperti suara ketukan sendok pada piring yang menjadi ciri khas abang-abang penjual tahu tek keliling. Jika dilihat sekilas, tahu tek cukup mirip dengan gado-gado. Hanya saja sajiannya cukup berbeda.

Kuliner legendaris Surabaya ini berisi lontong, tahu, kentang rebus, telur, dan kecambah. Telur dadarnya digoreng hingga agak kekuningan dan tahu digoreng setengah matang. Bumbunya sendiri terdiri dari kacang tanah, bawang putih, dan petis. Tanyakan saja ke temanmu yang pernah ke Surabaya atau orang asli Surabaya tentang tahu tek. Pasti jawabannya: “Ngangenin!”

5. Nasi Krawu

kuliner legendaris surabaya

Makanan legendaris Surabaya, nasi krawu via resepdanmasakan.com

Nasi krawu juga masuk dalam jajaran kuliner legendaris Surabaya. Makanan ini adalah nasi pulen dengan lauk daging sapi, semur daging, jeroan sapi, serta dilengkapi dengan serundeng dan sambal terasi. Nasi krawu tambah nikmat sebab disajikan di atas daun pisang sebagai ganti piring. Tradisional dan autentik, ‘kan?

Karena kuliner yang satu ini lebih nikmat disantap tanpa sendok alias hanya menggunakan tangan, makanya namanya nasi krawu. “Krawu” berasal dari kata krawukan yang artinya makan menggunakan tangan.

Jika kamu sedang berkunjung dan menelusuri kota Surabaya, jangan sampai melewatkan lima kuliner legendaris khas kota Surabaya ini, ya!

Artikel Terkait
Itinerary

Desa Muncar dan Kopi Temanggung

Itinerary

Memahami Lebih Dalam tentang Permakultur

Itinerary

5 Destinasi Budaya 'Memorable' ala Jovita Ayu

ItineraryPilihan Editor

Rumapala dan Cerita Memberdayakan Pala Banda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *