Itinerary

5 Gunung Tertinggi di Dunia yang Namanya Berasal dari Nama Tokoh

Di antara puncak-puncak tertinggi di penjuru dunia, ada beberapa yang namanya berasal dari nama tokoh. Lima gunung tertinggi ini misalnya:

1. Kosciuszko (2.228 mdpl)

gunung tertinggi

Lukisan Tadeusz Kościuszko oleh Schweikart via en.wikipedia.org

Ini adalah puncak tertinggi di mainland Australia dan salah satu dari Seven Summits versi Richard Bass. Tingginya sih nggak sampai 3.000 mdpl, cuma 2.228 mdpl. Tapi, karena terletak di garis lintang yang jauh di selatan, setiap musim dingin dan musim semi gunung ini selalu diselimuti salju.

Nama Gunung Kosciuszko berasal dari nama seorang jenderal legendaris bernama Tadeusz Kościuszko. Penjelajah Polandia bernama Pawel Edmund Strzelecki adalah orang yang menamai gunung ini pada 1840. Menurutnya, Gunung Kosciuszko mirip sebuah tempat bernama Kościuszko Mound di Kraków, Polandia.

2. Carstensz Pyramid (4.884 mdpl)

Ini adalah nama lain dari Puncak Jaya, puncak tertinggi di Oseania yang dijadikan salah satu Seven Summits oleh Reinhold Messner. Namanya berasal dari nama seorang penjelajah Belanda, yakni Jan Carstenszoon, yang pertama kali melihatnya di suatu hari pada tahun 1623.

Ratusan tahun setelah itu, tepatnya tahun 1962, barulah Carstensz Pyramid berhasil didaki. Para pendaki yang pertama kali berhasil mencapai puncak gunung ini adalah Heinrich Harrer, Robert Philip Temple, Russell Kippax, dan Albertus Huizenga.

gunung tertinggi

Foto Carl G. Vinson via en. wikipedia.org

3. Vinson Massif (4.892 mdpl)

Menjulang setinggi 4.892 mdpl, Vinson Massif adalah gunung tertinggi di Kutub Selatan alias Antartika. Puncak Vinson Massif pertama kali dicapai oleh regu pendaki Amerika yang dipimpin Nicholas Clinch pada tahun 1966.

Gunung ini pun baru diketahui keberadaannya pada tahun 1958. Nah, nama Vinson Massif berasal dari nama seorang anggota parlemen dari Georgia, Carl G. Vinson, yang membantu pelaksanaan misi eksplorasi antartika.

4. Denali (McKinley) (6.190 mdpl)

gunung tertinggi

Foto William McKinley via en.wikipedia.org

Orang Amerika punya kebiasaan untuk menamakan gunung, pegunungan, atau jalur lintas alam berdasarkan nama tokoh. Tak terkecuali gunung tertinggi di Amerika bagian utara ini. Nama Denali sempat diganti namanya menjadi McKinley. Namun pada tahun 2015 kemarin gunung ini secara resmi dikembalikan namanya menjadi Denali.

Tapi, omong-omong siapa sih McKinley? William McKinley adalah presiden ke-25 Amerika Serikat. Ia menjabat dari tahun 1843 sampai 1901, kemudian meninggal karena dibunuh.

5. Everest (8.848 mdpl)

gunung tertinggi

Foto Sir George Everest via en.wikipedia.org

Kamu semua pasti tahu kalau ini adalah titik tertinggi di muka Bumi. Gunung ini menjulang sampai ke ketinggian 8.848 mdpl. Orang Nepal menyebutnya Sagarmatha, orang Tibet menyebutnya Chomolungma, tapi orang Inggris menyebutnya Mount Everest.

Nah, ternyata Everest ini adalah nama mantan British Surveyor General of India, Sir George Everest. Yang memberi nama adalah Andrew Waugh, suksesor Sir George Everest. Lucunya, konon Sir George Everest sempat enggan namanya dijadikan nama puncak tertinggi di dunia, soalnya pasti bakal susah buat orang lokal melafalkan nama itu. Dan, omong-omong, pelafalan nama George Everest ini adalah EEV-rist, agak beda dari pengucapan Everest sekarang.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
ItineraryPerjalanan Lestari

Q&A: Extinction Rebellion Indonesia tentang Ancaman Krisis Iklim

ItineraryNusantarasa

Menyantap Tiram Bakar Khas Barru

Itinerary

Masjid Menara Kudus, Kemegahan Arsitektur Kuno Warisan Sunan Kudus

Itinerary

Museum Layang-Layang Indonesia: Merawat Keelokan Budaya dengan Permainan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.