Events

8 Festival Budaya Bulan Juli dan Agustus yang Seru untuk Ditonton

Dengan kehidupan yang sudah berangsur-angsur membaik, ajang festival pariwisata pun mulai terselenggara. Festival budaya, seni, hingga musik sudah marak terselenggara di berbagai tempat di Indonesia. Perayaan kebudayaan dalam bentuk festival ini tidak hanya untuk menghibur dan menarik kunjungan wisatawan, tetapi juga sebagai ajang silaturahmi sekaligus sebagai salah satu upaya pelestarian budaya, adat istiadat hingga sarana untuk berekspresi. Yuk cari tahu ada festival apa aja selama periode Juli hingga Agustus!

1. Solo Keroncong Festival 

Tuti Maryati saat Solo Keroncong Festival 2016
Penyanyi keroncong Tuti Maryati tampil dalam Solo Keroncong Festival 2016 via TEMPO/Ahmad Rafiq

Festival yang digelar untuk memperkenalkan musik keroncong pada generasi muda ini sudah rutin diadakan sejak 2009. Selain untuk mengenalkan musik keroncong, juga sebagai ajang pertemuan para musisi keroncong lintas generasi dari Kota Solo juga dari berbagai daerah lainnya di Indonesia seperti Palembang, Surabaya, Jakarta, Bandung.  Festival ini akan mengambil tempat perhelatan di Pasar Malam Ngarsopuro pada 24-25 Juli 2022.

2. Festival Arak-arakan Cheng Ho

Festival Arak-Arakan Cheng Ho (TEMPO_Budi Purwanto)
Festival Arak-Arakan Cheng Ho via TEMPO/Budi Purwanto

Melipir ke Semarang, salah satu festival yang kamu tidak boleh ketinggalan untuk ikut menyaksikan adalah Festival Arak-Arakan Cheng Ho. Festival yang dipertunjukkan sebagai memperingati berlabuhnya Laksamana Cheng Ho di Kota Semarang. Selain kirab budaya, juga menampilkan budaya-budaya Tionghoa dalam berbagai bentuk seperti berbagai baju adat, tarian, pentas seni, hingga pembacaan doa. Festival ini akan diadakan pada 27-28 Juli 2022 dan dimulai dari Klenteng Tay Kak Sie menuju Klenteng Sam Poo Kong.

3. Festival Pulo Dua

Pulo Dua di Kabupaten Banggai (Flickr_Anggi Cahyo)
Pulo Dua di Kabupaten Banggai via Flickr/Anggi Cahyo

Tidak hanya di Pulau Jawa, Sulawesi ikut memeriahkan festival-festival di Indonesia, salah satunya dengan Festival Pulo Dua yang diselenggarakan di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah ini merupakan hasil kerja sama Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai dan masyarakat sekitar berhasil menarik animo masyarakat untuk mengenal lebih jauh mengenai Pulo Dua.

Festival ini dimeriahkan dengan parade perahu nelayan, kegiatan mendaki Bukit Lukapan Mister Koniu, menyelam pada titik-titik strategis di sekitaran Kabupaten Banggai, juga dilengkapi dengan pameran kerajinan daerah, pertunjukkan musik, dan pelbagai lomba. Untuk tahun ini, festival yang sudah berlangsung semenjak 2017 dijadwalkan mulai dari tanggal 27 hingga 29 Juli 2022. 

4. Dieng Culture Festival 

Salah seorang anak berambut gimbal dipotong rambutnya di depan Candi Puntadewa dalam Festival budaya Dieng atau Dieng Culture Festival (DCF) 2012 di Kompleks Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Minggu, 1 Juli 2012. [TEMPO/STR/Aris Andrianto; AAN2012070108]
Salah seorang anak berambut gimbal dipotong rambutnya di depan Candi Puntadewa dalam Festival budaya Dieng atau Dieng Culture Festival (DCF) 2012 via TEMPO/Aris Andrianto

Beralih ke Negeri di Atas Awan, ada Dieng Culture Festival yang merupakan agenda wajib tahunan semenjak 2010. Dieng Culture Festival adalah bentuk kolaborasi dan sinergi antara budaya masyarakat Dieng dan pesona alamnya yang memang indah. Salah satu yang patut disaksikan adalah acara ruwatan yang mana anak-anak Dieng yang berambut gimbal akan dicukur sebagai bentuk rasa syukur sekaligus tolak bala untuk daerah Dieng. 

Tidak hanya ruwatan, festival ini juga menyelenggarakan acara minum purwaceng bareng, pagelaran wayang, pagelaran jazz, pesta lampion dan petasan, pertunjukkan seni, hingga pemutaran film mengenai Dieng. Dieng Culture Festival akan diadakan pada 26-28 Agustus 2022*.

*Diundur ke tanggal 2, 3, dan 4 September 2022.

5. Jember Fashion Carnaval

Salah satu karnaval busana terbesar di Indonesia, Jember Fashion Carnaval tahun ini kembali diadakan secara luring dengan mengusung tema the legacy. JFC yang rencananya akan dipergelarkan selama dua hari yakni 6-7 Agustus juga menampilkan pertunjukkan lainnya seperti Pets Carnival, Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia, Artwear Carnival, World Kids Carnival dan acara puncak Grand Carnival of JFC 2022. Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui daring pada laman web www. ticket.jfcglobalindonesia.com.

6. Sanur Village Festival

Lomba Balap Perahu Jungkung Sanur Village Festival 2017
Peserta beradu cepat saat mengikuti lomba balap perahu jukung dalam rangka Sanur Village Festival 2017 di Pantai Sanur, Denpasar, Bali via TEMPO/Johannes P. Christo

Bali tidak mau ketinggalan dalam memeriahkan festival-festival pada bulan Agustus dengan menyertakan Sanur Village Festival sebagai agenda tahunan yang wajib dikunjungi. Sanur Village Festival 2022 yang akan digelar pada 17-21 Agustus 2022 akan menampilkan festival layang-layang, pameran produk kreatif, pertunjukan musik dan seni, perlombaan jukung, dialog antar budaya, aksi menyelamatkan bumi, dan tur sepeda dan juga lomba lari.

7. Ubud Village Jazz Festival

Ubud Village Jazz Festival 2017
Musisi saksofon jazz asal Indonesia, Pramono Abdi, tampil dalam Ubud Village Jazz Festival 2017 di Ubud, Bali via TEMPO/Johannes P. Christo

Salah satu festival di Bali yang wajib dinanti kalangan penggemar musik jazz. Ubud Village Jazz Festival 2022 akan diselenggarakan di ARMA Agung Rai Museum of Art pada 12 dan 13 Agustus 2022 dan menampilkan musisi dalam negeri seperti Tohpati Bertiga, Soulfeggio, Gev Delano & Krisna Dharmawan Trio, Gustu Brahmanta Ethnic Project, Balawan Batuan Ethnic Fuion, dan juga musisi dari Korea Selatan Sun Kim. Menariknya, Ubud Village Jazz Festival yang kali ini akan mengusung motto perfect vision juga sekaligus mengkampanyekan festival eco-friendly dengan “no plastic” selama berlangsungnya festival.

8. Artjog MMXXII

Pameran Karya Seni ArtJog
Sea Remembers karya Mulyana Mogus yang ditampilkan dalam pameran ‘ArtJog 2018’ di Jogja National Museum via TEMPO/Yovita Amalia

Pameran seni yang akan berlangsung di Jogja National Museum ini pada tahun ini mengusung tema expanding awareness. Tim kurator Artjo, Agung Hujatnika, dilansir oleh Radar Jogja mengatakan tema ini diangkat untuk menempatkan kesadaran sebagai muara kesenian yang dipraktikkan sebagai instrumen. Selain pameran seni kontemporer, di sini juga akan diselenggarakan acara penghargaan kepada para seniman muda dalam Young Artist Award. 

Para pengunjung juga akan diberikan pengalaman edukatif dengan Exhibition Tour dan bertemu dan bercakap langsung dengan para seniman di Meet The Artist, selain itu akan ada pertunjukkan harian yang akan menampilkan musik, tari, drama, dan lain-lain selama berlangsungnya Artjog MMXXII. Artjog MMXXII akan dibuka pada tanggal 7 Juli hingga 4 September 2022, pastinya para pencinta seni tidak akan melewatkan yang satu ini!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.
Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Events

Melawan Arus Perundungan

Events

Mengobarkan Semangat Inklusivitas lewat ARTJOG 2022 ‘Expanding Awareness’

Events

PSBK Art Week: Kolaborasi Indonesia – Belanda dalam Presentasi Tari Kolaboratif ‘Tjampoer’

Events

Serba-Serbi Perayaan Hari Jadi Luwu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Worth reading...
5 Event Seru Bulan Agustus 2019