Itinerary

3 Tips Memilih Destinasi buat Traveling Musim Hujan

Mau liburan pas musim hujan tapi masih bingung mau ke mana? Nggak usah khawatir. Simak dulu nih beberapa tips dalam memilih destinasi buat traveling musim hujan:

1. Pertimbangkan destinasi-destinasi “mainstream”

Kalau selama ini kamu selalu menghindari destinasi-destinasi mainstream, musim hujan adalah waktu yang pas buat ke tempat-tempat itu. Kenapa? Karena pas musim hujan orang-orang bakalan berpikir dua kali untuk berwisata, sehingga destinasi-destinasi mainstream bakalan lebih sepi ketimbang pas musim kemarau.

Lagian, destinasi-destinasi mainstream seperti Jogja dan Bali bakalan tampak lebih menawan pas musim hujan, terutama pas malam hari saat hujan yang turun rintik-rintik disinari oleh lampu-lampu jalan.

musim hujan
Menjelajah kota di musim hujan via pexels.com/Andrey Grushnikov

2. Pilih destinasi yang “aman”

Musim hujan begini bakalan banyak fenomena alam yang terjadi, terutama yang berkaitan dengan air dan tanah, misalnya banjir, tanah longsor, dll. Supaya liburan kamu lancar, sebaiknya kamu pilih destinasi yang “aman.” Jangan maksain pergi ke destinasi-destinasi yang “nggak aman” kalau didatangi pas musim hujan seperti sungai, gunung, atau gua.

Sebelum menentukan destinasi buat traveling musim hujan, kamu bisa berselancar dulu di dunia maya. Cari informasi terkini soal destinasi-destinasi yang menarik buat kamu. Paling enak sih kamu nyarinya di koran online lokal (pasti bakalan ada beritanya kalau di destinasi itu sedang ada “bencana”). Kalau ternyata destinasi itu kurang aman, kamu bisa cari alternatifnya.

musim hujan
Bulir-bulir hujan via pexels.com/Kaique Rocha

3. Cari yang punya banyak pilihan aktivitas dalam ruangan

Pas musim hujan, kecuali kalau kamu memang lagi kangen mandi hujan, tentu saja kamu nggak bisa lama-lama berada di luar ruangan. Karena itu, sangat disarankan agar kamu memilih destinasi yang punya banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan dalam ruangan (indoor).

Salah satu destinasi yang punya banyak banget pilihan aktivitas dalam ruangan adalah Bali. Di Pulau Dewata itu, pas musim hujan, kamu bisa memanjakan diri di spa, ikut kelas memasak, kelas yoga, kelas kerajinan tangan, dan lain-lain. Selain Bali, destinasi yang punya banyak aktivitas dalam ruangan adalah Jogja. Untuk pilihan-pilihannya, kamu bisa menjelajahi laman-laman review seperti TripAdvisor.

Jadi, mau ke mana pas musim hujan ini?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

3 Tips biar Jadi Traveler yang Berguna saat Terjadi Bencana

Itinerary

3 Tips supaya Kamu Nggak Kesepian saat Traveling Sendirian

Itinerary

4 Keseruan yang Hanya Bakal Kamu Dapat pas "Solo Traveling"

Itinerary

5 Cara Santai untuk Menikmati Perjalanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *