Itinerary

14 “Quotes” tentang Bintang yang Bakal Bikin Fotomu Lebih Syahdu

Punya foto milky way keren, pengen masukin ke Instagram, tapi bingung mau ngasih caption apaan? Tenang, Sob. Ini ada empat belas quotes tentang bintang dari empat belas pengarang tenar dunia yang bisa kamu pakai buat caption Instagram:

Berpayung cahaya via pexels.com/Matheus Bertelli

Quotes tentang bintang dari Jalaluddin Rumi

“The universe and the light of the stars come through me.”

Jalaluddin Rumi

“Alam semesta dan cahaya bintang-bintang memancar menerobos diriku.”

Jalaluddin Rumi adalah seorang filsuf-sufi Persia yang hidup sekitar abad ke-13 (1207-1273). Meskipun ia hidup di zaman baheula, karya-karyanya sampai sekarang masih dibaca oleh banyak orang. Dari bahasa Persia, Turki, Arab, dan Yunani, karya-karyanya sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di penjuru dunia.

Menatap bintang via pexels.com/Pixabay

Quotes tentang bintang dari Lord Byron

“Ye stars! Which are the poetry of heaven.”

Lord Byron

“Engkau gemintang! (Adalah) syair-syair langit.”

George Gordon Byron atau Lord Byron lahir di London, 22 Januari 1788. Ia adalah seorang politikus sekaligus penyair Romantik kondang. Di antara karya-karyanya, dua yang paling tenar adalah Don Juan dan Childe Harold’s Pilgrimage. Ia mati muda pada usia 36 tahun di Aetolia, wilayah Kekaisaran Ottoman yang sekarang masuk dalam wilayah Yunani.

Menyorot langit malam via pexels.com/O1234567890

Quotes tentang bintang dari Ralph Waldo Emerson

“When it is dark enough, you can see the stars.”

Ralph Waldo Emerson

“Ketika (di sana) cukup gelap, engkau akan bisa melihat bintang-bintang.”

Ralph Waldo Emerson (1803-1882) adalah seorang penyair, penulis esai, pendidik, dan filsuf aliran transendentalisme. Pidatonya yang berjudul “American Scholar” disebut-sebut sebagai Declaration of Independence-nya para intelektual Amerika. Ia ternyata juga sahabat sekaligus mentor dari filsuf naturalis Henry David Thoreau.

Cahaya yang memantul di danau yang kelam via pexels.com/eberhard grossgasteiger

Quotes tentang bintang dari Henry David Thoreau

“When I consider how, after sunset, the stars come out gradually in troops from behind the hills and woods, I confess that I could not have contrived a more curious and inspiring sight.”

Henry David Thoreau

“Saat aku berpikir bagaimana, setelah surya tenggelam, gemintang bisa bermunculan perlahan-lahan ramai-ramai dari balik hutan dan perbukitan, kuakui bahwa aku tak mampu lagi mencari pemandangan yang lebih elok dan menginspirasi.”

Henry David Thoreau (1817-1862) pasti bakal repot kalau disuruh mengisi kolom pekerjaan, sebab ia adalah penulis esai, penyair, filsuf, naturalis, surveyor, yogi, dan sejarawan. Selain itu ia juga dikenal sebagai kritikus pembangunan dan pendukung penghapusan perbudakan (abolisionis). Alirannya, sama seperti Ralph Waldo Emerson, adalah transendentalisme. Ada dua karya Thoreau yang paling monumental, yakni sebuah buku berjudul Walden dan esai berjudul “Civil Disobedience.”

Sendirian di bawah bintang-bintang via Vlad Bagacian

Quotes tentang bintang dari George Eliot

“The stars are golden fruit upon a tree… All out of reach.”

George Eliot

“Bintang-bintang adalah buah emas di atas sebuah pohon… Semuanya di luar jangkauan.”

George Eliot adalah nama pena dari Mary Ann Evans. Ia lahir di Warwickshire, Inggris, 22 November 1819 dan meninggal di London, 22 Desember 1880. Selama hidupnya, selain sebagai penyair dan penulis novel, ia juga dikenal sebagai editor dan kritikus sastra. Perempuan ini adalah salah seorang penulis Inggris yang paling dihormati. Monumen untuk mengenangnya sudah didirikan di Poets’ Corner, Westminster Abbey. Di kota kelahirannya, nama Eliot diabadikan sebagai nama sekolah, rumah sakit, dan jalan.

Aurora via pexels.com/Margerretta

Quotes tentang Bintang dari Oscar Wilde

“We are all in the gutter, but some of us are looking at the stars.”

Oscar Wilde

“Kita semua berada dalam lubang hina, namun sebagian dari kita mendongak menatap bintang-bintang.”

Penyair dan dramawan legendaris ini lahir di Dublin, 16 Oktober 1854. Sebagai anak dari orangtua yang terpelajar, Wilde kecil sudah lancar berbahasa Prancis dan Jerman. Ia kuliah di Trinity College, Dublin, terus lanjut ke Magdalene College, Oxford. Tuntas kuliah, Wilde pindah ke London dan langsung “terjun” ke dunia literasi. Kalau mau ngintip isi kepala Oscar Wilde, mungkin kamu bisa mulai dengan baca The Importance of Being Earnest atau The Picture of Dorian Grey. Wilde meninggal 30 November 1900 pada umur 46 tahun.

Garis langit via pexels.com/Kobe Michael

Quotes tentang Bintang dari Rabindranath Tagore

“Reach high, for stars lie hidden in you. Dream deep, for every dream precedes the goal.”

Rabindranath Tagore

“Berusalah yang keras, sebab bintang-bintang bersembunyi dalam dirimu. Bermimpilah yang dalam, sebab setiap tujuan diawali oleh mimpi.”

Lahir di Kalkuta, 7 Mei 1861, Tagore adalah seorang penyair, musisi, dan seniman. Tapi, ia juga bisa dianggap sebagai petualang, sebab, antara 1878-1932, dia menginjakkan kaki di lebih dari tiga puluh negara di lima benua. Salah satu bukunya yang perlu dibaca sama pejalan adalah Europe Jatrir Patro (Letters from Europe). Lulusan University College London ini meninggal 7 Agustus 1941, juga di Kalkuta.

Bulan di tengah gemintang via pexels.com/Min An

Quotes tentang bintang dari J.R.R. Tolkien

“Moonlight drowns out all but the brightest stars.”

J.R.R. Tolkien

“Cahaya bulan menenggelamkan semuanya kecuali sinar bintang-bintang yang paling terang.”

Joan Ronald Reuel Tolkien atau J.R.R. Tolkien lahir di Afrika Selatan tanggal 3 Januari 1892. Dari kepala J.R.R. Tolkien inilah lahir karakter-karakter seperti Frodo, Gandalf, dan semesta The Hobbits, The Lord of the Rings, dan The Silmarillion. Karya-karyanya melegenda dan ia dianggap sebagai bapak literatur fantasi modern. Tolkien meninggal di Bournemouth, Inggris, 2 September 1973 dalam usia 81 tahun.

Siluet kaktus dengan latar belakang bintang via pexels.com/Min An

Quotes tentang bintang dari Ernest Hemingway

“We would be together and have our books at night be warm in bed together with the windows open and the stars bright.”

Ernest Hemingway

“Kita akan bersama membaca buku di malam hari dalam kehangatan tempat tidur dengan jendela yang menganga dan bintang-bintang yang bersinar terang.”

Ernest Hemingway (1899-1961) adalah salah seorang penulis terbesar Amerika Serikat. Novel-novel dan esainya begitu menyentuh dan autentik, barangkali karena sebagian besar di antaranya terinspirasi dari pengalaman-pengalaman pribadi. Kehidupan Ernest Hemingway memang penuh. Ia pernah bertugas menjadi supir ambulans pada Perang Dunia I; ia juga menjadi saksi pendaratan sekutu di Normandia; pernah hampir terbunuh dua kali waktu safari di Afrika.

Bintang yang bertaburan via pexels.com/Miriam Espacio

Quotes tentang bintang dari Jack Kerouac

“Maybe that’s what life is… a wink of the eye and winking stars.”

Jack Kerouac

“Mungkin itulah namanya hidup… sebuah kedipan mata dan bintang-bintang yang mengerling.”

Jack Kerouac lahir di Lowell, Massachusetts, 12 Maret 1922. Sebagai pentolan Beat Generation, novel-novel Jack Kerouac nggak jauh-jauh dari petualangan melintasi Amerika Serikat dan musik jazz. Buku paling legendaris dari Jack Kerouac adalah On the Road. Novel yang sudah difilmkan beberapa tahun yang lalu itu bercerita tentang perjalanan-perjalanan seorang pemuda bernama Sal Paradise dan sahabatnya, Dean Moriarty. Konon, cerita-cerita dalam On the Road banyak yang terinspirasi dari perjalanan Jack Kerouac dan Neal Cassady. Keruac meninggal di St. Petersburg, Florida, 21 Oktober 1969.

Teropong bintang via pexels.com/Lucas Pezeta

Quotes tentang bintang dari Carl Sagan

“The cosmos is within us. We are made of star-stuff. We are a way for the universe to know itself.”

Carl Sagan

“Semesta ada dalam kita. Kita tercipta dari materi bintang. Kita adalah jalan bagi alam semesta untuk mengenal dirinya.”

Nggak mungkin merangkum quotes tentang bintang tanpa memasukkan kutipan dari Carl Sagan. Kosmologis kondang yang lahir di New York, 9 November 1934, ini berjasa banget bikin sains jadi populer. Soalnya, selain bikin tulisan-tulisan serius tentang alam semesta (sekitar 600 makalah ilmiah dan 20 buku), Carl Sagan juga bikin novel fiksi ilmiah, Contact, yang kemudian bakal diadaptasi jadi film. Ia juga terlibat dalam penulisan naskah serial televisi Cosmos: A Personal Voyage. Sagan meninggal di Seattle, 20 Desember 1996.

Galaksi via pexels.com/Jacub Gomez

Quotes tentang bintang dari George R.R. Martin

“Why would the stars want to look down on such as me?”

George R.R. Martin

“Mengapa bintang-bintang di atas sana sampai mau menoleh pada makhluk sepertiku?”

George R.R. Martin lahir di New Jersey, 20 September 1948. Penggemar Game of Thrones pasti ngerti siapa penulis gaek ini. Ia adalah penulis novel serial A Song of Ice and Fire yang kemudian diadaptasi jadi TV series oleh HBO. Selain sebagai novelis, Martin juga dikenal sebagai penulis cerita pendek bergenre fantasi, horor, dan fiksi ilmiah.

Pepohonan dan bintang-bintang via pexels.com/Free Nature Stock

Quotes tentang bintang dari Haruki Murakami

“Not just beautiful, though—the stars are like the trees in the forest, alive and breathing. And they’re watching me.”

Haruki Murakami

“Tak hanya indah—gemintang seperti pepohonan di hutan, hidup dan bernapas. Dan mereka mengamati diriku.”

Haruki Murakami lahir di Kyoto, 12 Januari 1949. Ia nggak cuma menulis novel, tapi juga menggubah cerita pendek dan esai serta menjadi penerjemah. Sebagian karyanya sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Konon, ia adalah seorang late bloomer. Ia mulai menulis novel (Hear the Wind Sing/Dengarlah Nyanyian Angin) waktu berumur 29 tahun.

Meteor via pexels.com/Rakicevic Nenad

Quotes tentang bintang dari Neil Gaiman

“Are we human because we gaze at the stars, or do we gaze at the stars because we are human?”

Neil Gaiman

“Apakah kita (menjadi) manusia karena kita menatap bintang, atau apakah kita menatap bintang karena kita manusia?”

Neil Gaiman lahir di Portchester, Hampshire, Inggris, 10 November 1960. Ia adalah penulis cerpen, novel, komik, novel grafik, tulisan non-fiksi, naskah cerita radio, dan film. Karya-karyanya yang paling dikenal adalah serial komik The Sandman dan novel-novel seperti Stardust, American Gods, Coraline, dan The Graveyard Book. Ia dan buku-bukunya sudah menang banyak penghargaan.

Jadi, mana nih yang menurutmu paling keren?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

Remeh-temeh yang Tak Remeh tentang Tempe

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *