Itinerary

Traveling saat Panas Ekstrem, Bawa 5 Benda Berikut

Punya rencana traveling dalam waktu dekat? Kalau iya, ada kemungkinan kamu bakal merasakan fenomena cuaca panas ekstrem yang lagi melanda sebagian wilayah Indonesia.

Tapi nggak usah khawatir. Kamu tetap masih bisa traveling, kok. Nah, supaya perjalananmu jadi lebih aman, nggak ada salahnya buat membawa lima perlengkapan berikut:

produk kecantikan
Simbol cinta di tabir surya via pexels.com/Pixabay

1. Tabir surya

Saat cuaca panas ekstrem, perlengkapan yang satu ini bakalan terasa penting banget. Benda ini bakal melindungi kamu dari paparan sinar matahari berlebih yang berpotensi untuk merusak kulitmu.

Supaya tabir surya yang kamu oleskan bisa bekerja secara lebih optimal, ada baiknya kamu konsultasi dulu ke dokter kulit soal SPF (sun protection factor) berapa yang paling cocok buat kulitmu.

cuaca panas ekstrem
Ilustrasi memakai topi saat traveling via pexels.com/Zun Zun

2. Topi atau payung

Supaya kepalamu nggak kepanasan, jangan lupa bawa topi. Mau topi baseball, topi rimba, fedora, sombrero, atau topi lain, terserah. Pokoknya, topi yang kamu pakai bisa melindungi kepalamu dari sengatan matahari.

Tapi, kalau nggak suka pakai topi, kamu bisa menggantinya dengan benda lain, yakni payung. Kalau bisa, bawa payung kecil yang bisa dilipat sehingga nggak makan tempat.

cuaca panas ekstrem
Kacamata hitam via pexels.com/Jem Sanchez

3. Kacamata hitam

Saat cuaca panas ekstrem, sinar matahari bakalan pol. Brightness-nya maksimal dan bakal bikin silau. Sayangnya, belum ada yang menemukan peranti buat mengatur kecemerlangan cahaya matahari.

Nah, supaya nggak silau, kamu bisa melindungi kedua matamu dengan kacamata hitam. Kacamata hitam yang bagus biasanya punya lensa polarized (yang bisa mempolarisasi cahaya) dan lapisan proteksi sinar UV.

cuaca panas ekstrem
Handuk kecil dijemur di “hammock” via pexels.com/Freestocks.org

4. Handuk kecil

Cuaca panas ekstrem bakal bikin pori-porimu lebih besar. Itulah yang membuatmu jadi lebih banyak mengeluarkan keringat. Nah, untuk mengelap keringat yang mengucur itu kamu perlu handuk kecil gampang kering yang bisa dibawa ke mana-mana.

Sudah banyak sekali handuk ringkas yang beredar di Indonesia. Kamu bisa mencarinya di toko outdoor terdekat atau laman marketplace kesayanganmu.

pejalan ramah lingkungan
Ilustrasi membawa botol minum via pexels.com/Matt Hardy

5. Botol minum atau “water/hydration bladder”

Jalan-jalan saat cuaca panas ekstrem, kamu perlu meminum air lebih banyak. Supaya nggak perlu sering-sering beli air, ada baiknya kalau kamu bawa wadah minuman sendiri, entah tumbler, botol, atau water/hydration bladder. Sebelum berkeliaran seharian, kamu bisa mengisi penuh wadah minumanmu di penginapan.

Jangan lupakan lima benda di atas saat traveling dalam cuaca panas ekstrem, ya, Sob!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

4 Jurus Jitu buat Traveling Keliling Indonesia

Itinerary

7 Ide untuk Mengisi Libur Panjang

Itinerary

5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Traveling dengan “Backpack”

Itinerary

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Sekitar Pantai Parangtritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *