Itinerary

Biar Mudik Lebaran Lancar, Baca Dulu Tipsnya!

Masih dalam suasana mudik lebaran, nih. Kalau sebelumnya TelusuRI kasih 5 ide mudik yang bakal bikin adrenalinmu menggelora, kali ini TelusuRI bersama Kreavi berkolaborasi dengan para kreator Kreavi bikin infografis tips mudik lebaran. Simak, Sob!

Tips mudik aman dengan kendaraan pribadi

Bagi sebagian orang, mudik dengan kendaraan pribadi berarti kepraktisan. Soalnya kamu nggak perlu beli tiket angkutan umum. Tapi jangan salah, mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi butuh persiapan yang lumayan banyak!

Kamu harus mengecek kondisi kendaraan di bengkel, memastikan semua komponen kendaraan dalam kondisi baik sehingga aman digunakan selama mudik, dan tentu saja menjaga kesehatan supaya stamina bagus saat berkendara.

Peralatan darurat seperti ban serep, dongkrak, dan kotak obat wajib kamu persiapkan. Selain itu, selama di jalan kamu harus memastikan kondisi tekanan ban dan bahan bakar stabil supaya nggak mogok di jalan.

Dan yang nggak kalah penting, patuhi semua peraturan lalu lintas baik berupa rambu lalu lintas maupun instruksi petugas kepolisian yang sedang bertugas. Jika lelah dan mengantuk, segera cari tempat untuk istirahat (rest area) yang bisa kamu temukan di mana-mana saat mudik. Lebih lengkapnya simak infografis berikut!

Tips mudik aman dengan angkutan umum

Nggak ada kendaraan pribadi bukan berarti nggak bisa mudik. Angkutan umum bisa jadi pilihan moda transportasi yang bisa kamu gunakan. Kalau bujet untuk naik pesawat terbang pas-pasan, kamu bisa menggunakan kereta api, kapal laut, bus, atau travel.

Nggak perlu ragu untuk mudik dengan angkutan umum karena layanan saat ini sudah jauh lebih bagus ketimbang beberapa tahun silam. Kereta api kelas ekonomi misalnya. Dulunya memang umpek-umpekan. Nggak ada AC pula. Sekarang, setiap penumpang dipastikan mendapatkan tempat duduk. Nggak perlu lesehan lagi, deh.

Nah, biar mudik dengan angkutan umum nyaman dan aman jangan lupa rencanakan kapan kamu akan mudik dan kapan akan kembali ke kota. Pilih angkutan umum yang terpercaya dan beli tiket di agen resmi jasa penyedia layanan transportasi. Setidaknya hal ini akan meminimalisir kemungkinan kamu bakal dikibulin calo.

Perlu diingat: nggak usah bawa barang terlalu banyak supaya nggak repot bawa-bawanya. Ingat, kamu naik transportasi umum, yang artinya kamu harus berbagi ruang dengan orang lain. 

Supaya nggak ketinggalan bis, kereta, atau kapal, pastikan kamu tiba di terminal keberangkatan lebih awal. 

Kamu bisa membawa buku untuk dibaca selama perjalanan kalau bosan berbincang dengan “teman baru” yang duduk di samping.

Yang nggak kalah penting, perhatikan letak dan fungsi alat keselamatan darurat. Kalau ada penundaan keberangkatan karena alasan keamanan dan keselamatan, pahamilah. Keselamatanmu lebih penting daripada mudik tanpa jaminan keselamatan.

Tips mudik sembari traveling

Libur lebaran telah tiba. Pastinya banyak di antara kamu yang turut dalam euphoria mudik ke kampung halaman. Lama nggak pulang, ternyata kampung halaman kamu berbenah. Tiba-tiba jadi banyak destinasi dan atraksi wisata baru! Bahkan ada beberapa tempat lama yang belum kamu kunjungi atau kuliner khas kampung halaman yang belum sempat kamu coba.

Nah, nggak ada salahnya buat mencoba traveling di kampung halaman saat mudik. Siapa tahu dengan traveling di kampung halaman kamu mendapatkan pengalaman mudik yang berbeda dari biasanya.

Nih, TelusuRI dan Kreavi kasih tips mudik sembari traveling untuk membantumu merencanakan traveling di kampung halaman.

Jangan lupa ajak saudaramu untuk keliling, ya. Selamat mudik sambil traveling!

Punya tips mudik lainnya? Bagikan ke kami di media sosial ya!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

Senja dari Pinggir Brantas

Itinerary

Remeh-temeh yang Tak Remeh tentang Tempe

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *