Itinerary

Tips Memilih Sepatu untuk Travelling ala Kesayangan Kamu

Saya suka jalan kaki keliling-keliling mencicipi makanan di suatu kota. Waktu saya ke Cirebon bareng Dita, travelmate saya, misalnya. Supaya lebih mudah melihat-lihat dan membeli makanan di ruko pinggir jalan, juga mblusuk ke dalam gang, kami jalan kaki.

Karena suka jalan kaki, tentu saya perlu memperhatikan alas kaki yang digunakan, entah sandal atau sepatu. Agar kaki tidak kapalan dan punggung kaki tidak menghitam terkena matahari, saya lebih sering menggunakan sepatu. Dan kali ini saya, Kesayangan Kamu, akan berbagi tips memilih sepatu saat traveling:

Tips memilih sepatu untuk traveling #1: pilih ukuran yang lebih besar

Biasanya inilah yang biasa saya lakukan dalam memilih sepatu: ukuran sepatu saya 39, tapi saya memilih nomor 40. Tujuannya adalah supaya pergelangan kaki saya tidak lecet karena sering dipakai jalan kaki.

Selain itu, saya mengunakan kaos kaki yang sedikit lebih tebal sehingga kaki tidak sesak ketika dijejalkan dalam sepatu yang ukurannya lebih besar dari kaki saya. Biasanya saya menggunakan kaos kaki berbahan wol karena nyaman dan mampu menyerap keringat.

perlengkapan dasar traveling
Sepasang sepatu trekking via pexels.com/Lum3n.com

Tips memilih sepatu untuk traveling #2: pilih yang mempunyai leher tinggi

Karena sering cedera pada mata kaki atau pergelangan kaki, saya cenderung memilih sepatu berleher tinggi. Tentu tujuannya untuk melindungi mata kaki dan memperkokoh pergelangan kaki saya.

Fyi, saya sulit mengatur keseimbangan tubuh saat berjalan. Jadi jangan heran jika saya sering melakukan gerakan aneh. Jika menggunakan sepatu berleher tinggi, saat saya tersandung kemungkinan untuk terkilir jadi berkurang.

tips memilih sepatu
Sepatu berleher tinggi pexels.com/Hoang Loc

Tips memilih sepatu untuk traveling #3: pilih sepatu berbahan ringan

Beban hidup yang sudah berat, bawaan dalam tas juga sudah berat, dan perut yang sudah terisi makanan, semuanya bikin kaki saya sulit melangkah jauh.

Makanya, saya selalu memilih sepatu yang ringan. Sepatu ringan akan membuatmu tidak cepat merasa lelah saat berjalan. Selain itu, ini juga bisa meminimalisir risiko melepuhnya kulit kaki. Kalau bisa, pilih sepatu ringan yang cepat kering dan juga cepat menyerap keringat.

Itu dia tiga tips memilih sepatu untuk travelling ala Kesayangan Kamu. Semoga membantu.

Btw, kamu biasanya pakai sepatu seperti apa saat jalan-jalan? Kalau punya tambahan tips lain, boleh, lho, dibagikan di kolom komentar.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Bena

"Travel and food blogger" dari Planet Namec.
Related posts
Itinerary

Seharian di Semarang, Bisa Traveling ke mana Aja?

Itinerary

5 Jurus Jitu biar Nggak Stres pas Traveling

Itinerary

Berkenalan dengan "Dol," Alat Musik Tradisional dari Bengkulu

Itinerary

5 Tanda Kamu Sudah Terbiasa Traveling Sendirian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *