Itinerary

Tips dan Trik biar “Packing” Makin Seru

Salah satu tahapan yang paling menyenangkan dari traveling adalah packing. Nah, supaya sesi packing-mu makin seru dan efisien, ini TelusuRI kasih beberapa tips dan trik packing yang bisa kamu terapkan:

1. Bikin “checklist”

Langkah pertama yang sebaiknya kamu lakukan adalah membuat checklist barang-barang yang kamu perlukan. Tujuannya adalah supaya nggak ada yang kelupaan.

Kamu bisa misahin kategorinya, misalnya peralatan (pisahkan lagi alat-alat dokumentasi), pakaian dan penghangat badan, P3K, dan lain-lain. Sebelum mulai packing, periksa dulu sekali lagi apakah checklist itu sudah memuat semua hal yang kamu perlukan.

2. Sambil dengerin musik

Packing bakalan terasa lebih menyenangkan kalau kamu melakukannya sambil dengerin musik. Kamu jadi relaks dan nggak keburu-buru. Alhasil, packingan kamu bakalan jadi lebih bagus—distribusi beratnya bagus dan bentuk ranselmu juga bagus.

3. Gelar barang-barangmu di lantai

Sebenarnya bisa saja kamu langsung memasukkan barang satu-satu ke dalam ransel. Tapi, kalau sudah begitu, kamu bakal kesulitan sendiri kalau misalnya ada masalah, misalnya ada barang yang nggak muat. Artinya, kamu mesti bongkar-bongkar lagi.

Karena itulah sebaiknya kamu menggelar dulu semua barang di lantai. Pisahkan semuanya berdasarkan kategori yang sudah kamu buat sebelumnya. Pakaian sama pakaian, peralatan sama peralatan, makanan sama makanan, dll.

4. Bungkus apa yang perlu dibungkus

Pas jalan, kita nggak pernah tahu kapan hujan bakal turun. Kalau hujan turun, ada kemungkinan beberapa barang yang kamu bawa akan basah. Nah, barang-barang yang rentan basah ini sebaiknya kamu masukkan ke dalam wadah anti air.

Biasanya sih pejalan punya beberapa plastik vakum yang sengaja mereka beli buat perjalanan-perjalanan yang mereka lakukan. Plastik-plastik ini nggak sekali pakai, jadi bisa mereka gunakan berkali-kali.

5. Fomula dari ringan ke berat

Salah satu formula yang sering dipakai para pejalan untuk packing adalah menaruh barang-barang ringan di bawah, kemudian berangsur meletakkan barang-barang berat di atas.

Pengaturan seperti ini biasanya dipakai oleh para pendaki gunung, biar berat ransel nggak terdistribusi di pinggang. Formula ringan ke berat ini bakalan bikin bahu yang jadi tumpuan sehingga ransel terasa ringan—meskipun aslinya berat.

Nah, itulah beberapa tips dan trik packing yang bisa kamu coba pas jalan-jalan besok!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Kamu Harus Tahu Ini sebelum ke TN Bromo Tengger Semeru

Itinerary

Kenapa Orang Indonesia Mesti Traveling Menelusuri Indonesia?

Itinerary

Baca Ini Dulu sebelum Traveling ke Labuan Bajo

Itinerary

Di Bandung Sebenarnya Pelancong Bisa Ngapain Aja, Sih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *