Itinerary

Menyelam di Indonesia, Kamu Bakal Ketemu Siput Laut Warna-Warni Ini

Laut Indonesia nggak cuma punya terumbu karang dan ikan. Juga ada yang namanya siput laut (nudibranch) warna-warni. Makhluk yang sekilas tampak seperti monster dalam kartun Pokemon ini masuk dalam filum Moluska atau hewan bertubuh lunak. Ukurannya kecil, berkisar antara 40-600 mm.

Tubuh mereka warna-warni bukan tanpa alasan. Karena nggak punya cangkang, mereka punya mekanisme pertahanan diri yang unik, yakni kamuflase. Warna dan bentuknya yang mirip soft coral bikin mereka leluasa menyaru dengan sekitar atau bikin predator ragu buat memangsa karena mereka dikira sebagai sesuatu yang beracun.

“Wah, kayaknya menarik. Kasih lihat foto-fotonya, dong?” Baiklah. Ini TelusuRI kasih 7 foto siput laut lucu yang bakal kamu temui kalau nyelam di penjuru Indonesia:

1. Hypselodoris tyroni

siput laut

Hypselodoris tyroni/Odydive

Foto nudibrach yang satu ini diambil di Selat Lembeh, Sulawesi Utara, yang memang sudah lama dikenal sebagai salah satu lokasi favorit buat melihat siput laut lucu-lucu. Selain Hypselodoris tyroni di atas, masih baaanyak lagi nudibranch yang bisa kamu temui di sana.

2. Flabellina exoptata

siput laut

Flabellina exoptata/Odydive

Gambar siput laut Flabellina exoptata ini diambil di Teluk Cenderawasih, Papua. Ciri khas nudibranch jenis ini adalah keberadaan tentakel warna putih-biru di sepanjang punggungnya. Di-zoom, nudibranch satu ini malah jadi kayak naga.

3. Geniobranchus reticulatus

siput laut

Geniobranchus reticulatus/Odydive

Nudibrach ini dari jauh tampak seperti kumpulan telur ikan. Warnanya adalah perpaduan merah dan putih yang dibalut motif polkadot. Foto Geniobranchus reticulatus ini diambil di Togean.

4. Chromodoris magnifica

siput laut

Chromodoris magnifica/Odydive

Sekilas, pas pertama kali melihatnya, kamu bakal ngira siput laut ini permen. Warnanya memang mirip permen belang yang dulu sempat ngetop di Indonesia. Foto Chromodoris magnifica ini diambil di salah satu destinasi yang terletak di segitiga terumbu karang dunia, yakni Wakatobi.

5. Ganiobranchus coi

siput laut

Ganiobranchus coi/Odydive

Foto nudibrach Ganiobranchus coi yang bentukny mirip tameng tradisional ini juga diambil di Wakatobi. soal warna, nudibranch yang ini pasti bikin kamu inget motif-motif baju hippies. Ganiobranchus coi gampang sekali ditemukan di perairan Indonesia.

6. Nembrotha kubaryana

siput laut

Nembrotha kubaryana/Odydive

Warna Nembrotha kubaryana agak-agak surealis, yakni perpaduan antara biru sangat gelap/hitam dan oranye dengan strip toska, yang bikin makhluk ini seperti salah satu makhluk fantasi di Harry Potter. Tapi justru itulah yang bikin nudibranch ini keren. Foto ini diambil di Togean.

7. Tambja morosa

siput laut

Tambja morosa/Odydive

Foto Tambja morosa ini diambil di perairan sekitar Pulau Komodo. Warnanya nggak neko-neko, hanya hitam dan biru saja. Yang bikin Tambja morosa tambah lucu adalah keberadaan punuk lucu mirip polip terumbu karang di “punggungnya.”

Gimana? Ngegemesin ‘kan tujuh nudibranch di atas? Nggak pengen lihat nudibranch langsung dengan mata kepalamu sendiri?

 

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Baca Ini Dulu sebelum Melancong ke Wakatobi

Itinerary

3 Hal yang Bikin Traveling Jadi Kurang Seru

Itinerary

Makanan Seperti Apa yang Tepat Disantap saat Traveling?

Itinerary

5 Ide Liburan Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *