Events

Sekolah TelusuRI Jogja

Narasumber Sekolah TelusuRI Jogja #ClassWithLumix (25/2) yang sekaligus ambassador dari kamera Panasonic Lumix, Barry Kusuma, mengatakan bahwa untuk menghasilkan sebuah foto yang memuaskan, mendapatkan momen yang pas, dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti hujan atau cuaca yang tidak mendukung, seorang fotografer harus mempersiapkan segalanya jauh-jauh hari.

Barry menjelaskan, ketika kita berniat mendokumentasikan sebuah festival, sebaiknya kita datang ke lokasi beberapa hari sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan. “Di situ kita bisa mendapatkan momen ketika panitia mempersiapkan acaranya. Bahkan saat itu pula kita bisa sangat dekat dengan orang-orang di dalamnya. Belum banyak wisatawan yang menyerbu untuk berebut meminta foto.”

Pernyataan Barry tersebut menanggapi pertanyaan dari peserta Arief Triardi dari Amikom yang penasaran bagaimana mendapatkan momen, sementara kita sendiri masih terlalu awam dalam memotret.

sekolah telusuri jogja
Barry Kusuma sedang memberikan materi/TelusuRI

Fotografer dari Landscape Indonesia yang hadir dalam #ClassWithLumix Wahyu Widhi turut menambahkan komentarnya ketika salah satu peserta menanyakan lensa yang harus dibeli untuk bisa menghasilkan foto yang bagus. “Sebenernya kalau [soal] kita mau cari lensa mana dulu, itu relatif. Tergantung dengan kebutuhan dan budget yang kita punya. Misalkan punya duit pas-pasan, coba dulu beli lensa fix. Nanti kalau udah pake lensa fix, trus disuruh foto pemandangan yang luas, pasti nemu kebutuhan buat beli lensa yang lebih wide. Begitu seterusnya. Kebutuhan-kebutuhan itu nanti muncul dengan sendirinya. Jadi, pertama-tama beli aja lensa sesuai kebutuhannya, lalu disesuaikan sama duitnya.”

Di akhir sesi, para peserta diajak berkeliling Benteng Vredeburg untuk mencicipi kamera Lumix, yang sekaligus sebagai ajang untuk memperebutkan hadiah utama yaitu kamera underwater Lumix dengan cara mem-posting foto-foto mereka selama di Benteng Vredeburg melalui akun Instagram masing-masing menggunakan tagar #ClassWithLumix dan tidak lupa men-tag akun @LumixIndonesia dalam setiap fotonya.

Selain kuis di Instagram, para peserta Sekolah TelusuRI Jogja juga berlomba-lomba untuk mendapatkan hadiah lain dari Lumix dengan melakukan live tweet selama kegiatan berlangsung. Saking ramainya, tagar #ClassWithLumix bahkan menjadi trending topic Nomor 1 di Indonesia selama beberapa jam. Seru abis!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Events

Pengalaman Ikut Kelas Kenal Teh di Sekolah TelusuRI

Events

Menelusuri Pecinan Bogor

Events

Belajar Toleransi bersama ANTEROxSabangMerauke di Makassar

Events

Sekolah TelusuRI Semarang #6: TelusuRI Sejarah Jalur Kota Lama–Pecinan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *