Itinerary

Nostalgia Perjalanan lewat Kanal YouTube Para Traveler

Seberapa sering kamu membuka YouTube saat #dirumahaja? YouTube sekarang menjadi aplikasi streaming video terfavorit di dunia, dengan 2 miliar kunjungan bulanan serta 500 jam konten baru dalam tiap menit menjadikannya one-stop video online streaming. YouTube masih menjadi media sosial nomor 1 yang diakses oleh penduduk Indonesia berdasarkan data We are Social  pada Januari 2021. Pagebluk menambah jumlah pengguna YouTube untuk menghabiskan waktu sambil menonton video favorit. Kamu bisa menonton melalui YouTube video aksi, edukasi, hiburan, film, yang kesemuanya sudah terkoneksi dengan Google.

Beberapa diantara video-video tersebut menyajikan konten petualangan dengan berbagai tipe seperti vlog, dokumenter, eksplorasi, dan lainnya. Kekuatan visual memang menakjubkan, video perjalanan sejenak membawa kita seakan pergi ke suatu tempat, menyusurinya, dan kemudian berinteraksi dengan lingkungan setempat.

Untuk memuaskan dahaga petualanganmu yang harus berhenti sejenak karena PPKM, TelusuRI merekomendasikan beberapa channel YouTube petualangan yang kamu harus tonton!

1. Dzawin Nur

Channel buatan stand-up komedian ini merupakan chanel petualangan Dzawin yang berkeliling dan kisah-kisah uniknya di penjuru Indonesia. Finalis SUCI 4 ini sudah menjelajahi pedalaman Kalimantan, bertemu dengan beberapa kolega dari Suku Dayak, makan semut mentah-mentah di Sulawesi, lebaran di Sangihe, dan kisah seru lainnya. Konten-kontennya banyak membawakan Indonesia dari sudut pandang seorang petualang yang penasaran akan negaranya. Subscribenya sendiri sudah mencapai 1,65 juta dan termasuk youtuber yang kontennya selalu dinanti oleh para pengikutnya.

2. Kold

Selanjutnya ada Sam Kolder, youtuber dari perusahaan travel Beautiful Destination yang memproduksi konten-konten petualangan keliling dunia. Videonya berbeda dengan vlogger kebanyakan, pengambilannya lebih ke gaya sinematik yang sangat memanjakan mata. Selain video kunjungan ke tempat-tempat populer di dunia, Kold juga mengulas alat-alat yang digunakannya untuk membuat video seperti kamera DSLR, drone, action cam. Kold juga menampilkan cara editing video dia sebagai salah satu konten edukasi dalam kanalnya.

3. Backpacker Tampan

Salah satu influencer yang mempunyai pengikut 166 ribu di Instagram ini juga mempunyai akun youTubememproduksi konten petualangannya ke dalam konten video. Sebagai travel content creator  yang pekerjaanya adalah memproduksi konten travel, Pandu Waskitha menyusuri keanekaragaman Indonesia sampai dunia yang dia rangkum dengan video-videonya. Pembawaannya ringan, ringkas, sinematografi yang bagus, ditambah banyolan si Pandu membuat kamu betah nangkring di kanalnya.

4. Bule Bolang

Ryan Mac yang gemar menelusuri alam bebas ini mendapat julukan ‘bule bolang’. Ia merupakan mantan tentara British yang menyukai olahraga ekstrim seperti paragliding, skydiving, dan survival. Dia dan timnya banyak membuat video mengenai survival di gunung-gunung maupun hutan di Indonesia. Tips-tips bertahan  hidup di hutan dan cara pembuatan bivak alam menjadi konten utama di kanal Bule Bolang selain pengalaman survival di hutan-hutan Indonesia.

5. Chanee Kalaweit

Latar belakangnya sebagai aktivis lingkungan, Chanee yang berasal dari Perancis sudah mendedikasikan hidupnya untuk hutan yang ada di Indonesia. Dia mengunggah video kegiatannya dalam penyelamatan satwa, pemulihan lingkungan, dan pendidikan masyarakat setempat. 

Videonya selain menampilkan hutan hujan khas Indonesia, juga menjadi media pengajaran kepada pengikutnya untuk menjaga bagaimana mempertahankan hutan yang semakin tergusur akibat perkebunan dan pertambangan. 

6. National Geographic

Salah satu organisasi yang menyajikan pengetahuan dan tersebar ke dalam berbagai media seperti televisi, buku , majalah, dan kemudian merambah ke media sosial seperti Instagram, YouTube, dan Facebook.  Kanal YouTube-nya  mempunyai jumlah 18 juta pengikut. 

Konten-konten yang disajikan beragam, mulai dari dokumenter, penjelajahan, sejarah, budaya, dan lain sebagainya. Ulasan-ulasan yang mereka berikan pada tiap video sangat mendalam dan cara pengambilan gambar mereka yang profesional menyajikan sajian yang enak ditonton dan juga mudah dipahami.

7. Lexie Limitless

Peraih penghargaan dari World Guinness Record sebagai pengelana termuda yang sudah mengelilingi dunia, Lexie juga membuat dokumentasinya menjelajahi sudut dunia tidak hanya dengan foto tetapi juga video-videonya. Sebagai perempuan, dia berhasil menaklukkan dunia perjalanan yang banyak dikuasai oleh pria. Rekor dunianya menjelajahi 196 negara pada umur 21 tahun. Beberapa yang diceritakan dalam videonya salah satunya mengenai cerita extreme selama traveling, mengikuti ibadah puasa, tips-tips solo traveling, dan lainnya. Lexie adalah contoh penjelajah wanita yang berhasil tampil di antara para penjelajah lainnya yang kebanyakan laki-laki.


Ditulis oleh: M. Irsyad Saputra. Foto oleh: TEMPO/M. Taufan Rengganis.

Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.
Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
ItineraryNusantarasa

Kerupuk Klenteng Bojonegoro, Warisan Legendaris yang Tetap Eksis Sejak 1929

Itinerary

Road Trip ke Pulau Sabu dan Menggila Bersama Bento

Itinerary

"Playlist" Buat Kamu yang Rindu Berderu Bersama Ombak

Itinerary

Desa Wisata Ngargoretno, Wisata Alam dengan Kearifan Lokal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *