Itinerary

MotoGP Bakal Digelar di Mandalika, Intip 5 Tempat Wisata Sekitarnya

Buat pencinta MotoGP di Indonesia, sebuah kabar gembira baru saja tiba. Indonesia resmi jadi salah satu tuan rumah MotoGP 2021. Kompetisi balap motor terkeren sejagad ini bakal diadakan di Mandalika, Lombok. Sirkuitnya, Mandalika International Street Circuit, bakal berkonsep jalanan dengan suguhan panorama pantai.

Karena Mandalika adalah salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bercorak wisata, waktu melancong nonton MotoGP di Mandalika tahun 2021 nanti kamu juga bisa sekalian mampir ke atraksi-atraksi wisata keren di wilayah selatan Pulau Lombok ini, misalnya:

nonton motogp di mandalika
“Signage” Pantai Kuta/Max Pixel

1. Pantai Kuta

Pantai Kuta? Bukannya itu di pulau sebelah? Begini: kamu harus tahu kalau di Lombok juga ada sebuah pantai yang bernama Kuta. Dibanding pantai-pantai lain di Mandalika, ini adalah pantai yang paling tenar. Dari segi infrastruktur Pantai Kuta juga jadi salah satu yang paling maju di antara pantai-pantai lainnya di kawasan ini.

nonton motogp di mandalika
Pantai Seger yang terkenal lewat tradisi “Bau Nyale”/Suryanata Budi

2. Pantai Seger

Pantai lain yang mesti kamu kunjungi pas nonton MotoGP di Mandalika adalah Pantai Seger. Di kalangan para pelancong, Pantai Seger ini jadi tenar karena di sinilah diadakan festival tahunan menangkap cacing laut, Bau Nyale.

Ini bukan festival biasa. Bau Nyale diangkat dari legenda Putri Mandalika, putri cantik jelita yang menjatuhkan diri ke dalam laut kemudian dilamun ombak karena nggak mau nerima lamaran-lamaran dari para pangeran. Jika ia menerima lamaran dari salah seorang pangeran, yang lainnya pasti nggak akan rela. Setelah peristiwa ini, setiap tahun bermunculan ribuan nyale di pesisir Mandalika.

nonton motogp di mandalika
Pose “hits” di Bukit Merese/Dewi Rachmanita

3. Bukit Merese

Belakangan, Bukit Merese makin sering muncul di media sosial. Dari tempat ini, kamu bakal merasakan sensasi unik melihat pemandangan pantai dari ketinggian. Bukit Merese ini berada di antara dua pantai menawan, yakni Pantai Serenting dan Tanjung Aan. Jadi jangan lupa luangkan waktu ke Bukit Merese pas melancong buat nonton MotoGP di Mandalika.

nonton motogp di mandalika
Pasir putih dan laut jernih di Pantai Tanjung Aan/Suryanata Budi

4. Pantai Tanjung Aan

Dari Bukit Merese, kamu bisa terus ke Pantai Tanjung Aan. Di sini, kamu bisa bersantai sambil bermain di atas pasir putih yang bersih. Capek dan haus setelah seharian main pasir dan air laut, kamu bisa mampir ke salah satu warung pinggir pantai yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman, dari mulai yang ringan sampai yang berat.

nonton motogp di mandalika
Batu Payung/Irvan Ces

5. Batu Payung

Mau cari sensasi perjalanan yang beda? Coba deh sewa perahu nelayan buat ke Batu Payung. Masih di areal Mandalika, Batu Payung adalah karang yang terbentuk secara alami karena pengikisan oleh air laut dan angin selama bertahun-tahun. Keunikan bentang alam Batu Payung bikin atraksi wisata ini pas banget buat foto-foto.

Tapi ada beberapa hal yang mesti kamu pahami sebelum berwisata ke Mandalika. Pertama, infrastrukturnya memang belum lengkap seperti, misalnya, Bali. Di beberapa pantai bahkan belum ada warung atau toilet. Kedua, jalanan memang sudah mulus, tapi masih bakal agak sulit kalau kamu ke mana-mana pakai kendaraan umum. Jadi, lebih baik kamu sewa motor atau mobil supaya leluasa keliling-keliling Mandalika.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Menggemari perjalanan, musik, dan cerita.

Dewi Rachmanita Syiam

Menggemari perjalanan, musik, dan cerita.
Artikel Terkait
Itinerary

Senja dari Pinggir Brantas

Itinerary

Remeh-temeh yang Tak Remeh tentang Tempe

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *