Itinerary

Mencicipi Menu Khas Jepang di Fujiyama Sushi Jember

Jepang menjadi salah satu negara dengan kebudayaan, wisata, dan kuliner yang memiliki banyak penggemar. Penggemarnya pun bukan hanya orang Jepang saja, melainkan juga orang dari luar Jepang. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menggemari hal-hal berbau Jepang.

Orang-orang yang menggemari segala sesuatu tentang Jepang dikenal dengan sebutan Wibu. Sebenarnya banyak yang salah paham dengan sebutan Wibu ini. Banyak yang mengira bahwa Wibu hanya sebutan bagi mereka yang menggemari manga atau anime. Padahal, sebutan itu juga berlaku untuk mereka yang menggemari budaya, makanan, wisata, dan segala sesuatu yang lekat dengan Jepang. Meskipun yang bersangkutan tidak suka manga dan anime sekalipun.  

Bagi para pencinta kuliner Jepang, kali ini saya akan mengajak kalian untuk berkunjung ke salah satu restoran khas Jepang yang ada di Jember, Jawa Timur. Restoran ini memiliki berbagai macam menu, mulai dari sushi, udon, hingga steak.

Mencicipi Menu Khas Jepang di Fujiyama Sushi Jember
Tampak depan restoran Fujiyama Sushi Jember/Sigit Candra Lesmana

Salah Satu Restoran Jepang Autentik di Jember

Nama restoran ini adalah Fujiyama Sushi. Bagi seorang yang menggemari Jepang, maka tentu tidak asing dengan nama Fujiyama. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah Gunung Fuji, gunung paling ikonis di Jepang. 

Dari namanya saja sudah sangat menggambarkan kesan yang “Jepang banget”. Tak hanya dari nama saja, tetapi desain restoran ini juga dirancang sedemikian rupa agar bisa menyajikan suasana seperti yang terdapat di restoran-restoran Negeri Sakura.

Di restoran ini, baik eksterior maupun interiornya, bertebaran pelbagai ornamen serta hiasan khas Jepang, seperti lampion, aksara kanji, dan mural lukisan khas Jepang bermotif gunung dan bergambar wanita Jepang di bawah pohon sakura. Dekorasi tersebut biasa dijadikan sebagai background foto saat berkunjung.

Fujiyama Sushi juga menerapkan konsep open kitchen, sehingga kalian bisa melihat proses memasak menu yang dipesan. Berkunjung Fujiyama Sushi membuat kita dapat benar-benar merasakan seolah berada di Jepang. Restoran ini bisa jadi salah satu pilihan untuk yang penasaran atau mengobati kangen terhadap suasana dan rasa khas Jepang.

Tak hanya hiasan dinding saja yang diperhatikan, tetapi cahaya lampu yang lembut juga membuat momen makan di restoran ini menjadi nyaman. Cocok jadi tempat makan berdua bersama pasangan, ramai-ramai bareng keluarga atau teman, atau bahkan mengadakan meeting dengan rekan kerja.

Mencicipi Menu Khas Jepang di Fujiyama Sushi Jember
Suasana interior restoran Fujiyama Sushi Jember/Sigit Candra Lesmana

Spesialis Aneka Menu Sushi 

Sesuai namanya, menu utama di sini adalah aneka sushi. Tidak hanya itu, terdapat pula menu lain, seperti sashimi, udon, tempura, miso soup, dan chicken katsu.

Menu yang direkomendasikan tentu saja aneka sushi dengan beragam isian. Selain lengkap, bisa dikatakan restoran ini menyajikan sushi dengan rasa paling autentik. Selain itu bahan yang digunakan juga segar. Jadi, tidak perlu khawatir jika kalian memesan menu sushi atau sashimi yang berbahan dasar daging mentah.

Terdapat pula menu aneka steak, seperti steak sapi, steak salmon, steak dori, dan steak ayam. Buat kalian yang ingin tubuh tetap sehat, tersedia aneka menu salad dengan lebih banyak sayur.

Harga makanan memang lebih mahal daripada restoran sushi lain di Jember. Akan tetapi, makan di Fujiyama Sushi dijamin membuat kita puas dan tidak menyesal walau merogoh saku sedikit lebih dalam. Semua menu makanan di Fujiyama Sushi berkisar antara Rp25.000—150.000, tergantung menu dan paket yang dipesan.

Untuk pilihan minumannya terdapat ocha, air mineral, serta aneka jus. Jika ingin suasana Jepang makin terasa, maka minuman yang harus kalian pesan tentu saja ocha. Lebih seru lagi, ocha di sini gratis isi ulang. Adapun harga menu minuman lainnya dibanderol Rp6.000—18.000.

Saat pertama kali ke restoran ini, saya cukup kaget dengan penyajian nasi yang terkesan sedikit. Saya yang biasa makan banyak nasi awalnya merasa agak menyesal. Namun, setelah saya makan ternyata nasi yang tampak sedikit itu membuat saya kenyang. Bahkan hampir tidak mampu untuk menghabiskannya.

Entah dari cara penyajiannya yang membuat nasi terlihat sedikit, atau memang jenis nasinya yang berbeda sehingga makan sedikit saja sudah kenyang. Jangan-jangan pakai beras dari Jepang. Entahlah, yang jelas nasinya enak dan pulen.

  • Mencicipi Menu Khas Jepang di Fujiyama Sushi Jember
  • Mencicipi Menu Khas Jepang di Fujiyama Sushi Jember

Lokasi dan Jam Operasional Restoran

Fujiyama Sushi terletak di Jl. Gajah Mada, Perumahan Argopuro No. AB 14, Kaliwates, Kabupaten Jember. Restoran ini buka setiap hari dari pukul 12.00 sampai dengan 21.30 WIB.

Letaknya mudah dijangkau. Dari alun-alun Jember, ambil rute ke arah selatan lalu belok kanan ke Jalan Trunojoyo. Selanjutnya lurus saja melewati lampu merah Pasar Tanjung. Di pertigaan depan KFC, kemudian belok kiri memasuki Jalan Gajah Mada hingga tiba di lampu merah Perumahan Argopuro. Sekitar 200 meter dari gerbang perumahan, Fujiyama Sushi sudah bisa terlihat di kanan jalan.

Bagi kalian yang berasal dari luar Jember, jika menggunakan transportasi kereta api, kalian bisa pesan ojek daring untuk mengantarkan ke Fujiyama Sushi dari Stasiun Jember. Jika menggunakan bus, bisa memesan ojek daring pula dari Terminal Tawang Alun.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.
Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Sigit Candra Lesmana, kelahiran Jember, 12 Maret 1992. Penulis lepas, beberapa tulisannya tersebar di berbagai media cetak maupun digital. Aktif berkegiatan di FLP Jember dan Prosatujuh. Dapat dihubungi melalui [email protected]

Sigit Candra Lesmana, kelahiran Jember, 12 Maret 1992. Penulis lepas, beberapa tulisannya tersebar di berbagai media cetak maupun digital. Aktif berkegiatan di FLP Jember dan Prosatujuh. Dapat dihubungi melalui [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Worth reading...
Berkunjung ke Pusat Informasi Megalitikum Bondowoso