Itinerary

Gemala dan Kecintaannya pada Laut Indonesia

Perempuan dan kegiatan alam bebas masih kerap dianggap sebagai dua hal yang tidak biasa dipertemukan. Kesan itu juga berlaku bagi perempuan dan bidang-bidang olahraga yang berkaitan dengan laut, seperti selancar dan menyelam, yang kebanyakan didominasi oleh laki-laki.

Namun, hal ini justru dilihat sebagai peluang yang asyik bagi Gemala Hanafiah, ketika di tahun 2008 ia fokus ke dunia selancar bersama salah satu surf brand ternama. Niat awalnya hanya supaya olahraga ini bisa lebih diterima oleh masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan perempuan. 

Gemala juga aktif membagikan pengalamannya keliling nusantara di blog pribadinya dan situs Wet Traveler. Wet = basah, traveler = pejalan. Jadi situs itu memang adalah kumpulan kisah perjalanan yang tidak jauh-jauh dari air. Bersama dengan partner jalannya, Gemala bercerita pengalaman berselancar dan menyelam di berbagai destinasi cantik di Indonesia. Ia tak hanya bercerita tentang ombak, tapi juga dunia bawah laut Indonesia yang merupakan rumah bagi mayoritas spesies laut di dunia.

Tentang mengabdi dan berkarya untuk Indonesia bagi Gemala

Bagi Gemala, pengabdiannya sesederhana membagikan kecintaannya pada Indonesia kepada teman-teman di luar sana yang belum punya kesempatan sebanyak dirinya.

“Aku percaya [dengan pepatah] ‘tak kenal maka tak sayang.’ Untuk segala potensi dan kecantikan yang ada di Indonesia, gimana kita bisa cinta kalau kita gak tau dan kenal apa-apa aja yang ada di Indonesia?” ungkap Gemala. “Maka dari itu aku berkarya sebagai perantara [yang] bercerita untuk teman-teman yang mungkin belum bisa datang sendiri kelilingan, supaya teman-teman itu tau, kenal, dan jadinya sayang. Kayak aku ini, nih.”

Pesan untuk teman-teman perempuan yang juga ingin berkarya

Untuk hal ini, Gemala tegas dan lugas menyatakan kalau perempuan jangan terlalu banyak berpikir tentang halangan terus. Katanya, kalau ingin memulai berkarya, mulai saja dulu dari hal-hal kecil yang bisa dilakukan.

“Saat yang tepat gak pernah ada. Kita yang harus yakin ini saat yang tepat. Langkah sekecil apa pun, yang penting mulai … mau mulai jalan eskplor Indonesia, ya mulai dulu aja dari nabung, riset, dan mungkin cari teman jalan. Dan yang terutama, nih, dear teman-teman perempuanku, jangan takut item!” pesan Gemala.

Jadi, masih takut sama sinar matahari?


Dalam rangka Hari Perempuan Sedunia 8 Maret 2020, TelusuRI mempersembahkan #TelusuRIHariPerempuan, sebuah kampanye untuk menceritakan perempuan-perempuan inspiratif dari berbagai bidang yang berkarya dan memberikan inspirasi bagi masyarakat.

Seizes & shares experiences everywhere: travel, eat, read, repeat.
Travel consultant & #WonderfulIndonesia advocate.

Yovita Ayu Liwanuru

Seizes & shares experiences everywhere: travel, eat, read, repeat. Travel consultant & #WonderfulIndonesia advocate.
Artikel Terkait
Itinerary

Remeh-temeh yang Tak Remeh tentang Tempe

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *