Itinerary

Coban Kedung Darmo, Air Terjun Bertingkat di Kabupaten Malang

Kabupaten Malang punya banyak sekali lokasi wisata yang patut dikunjungi, misalnya air terjun atau coban. Di antara coban itu, beberapa yang tenar antara lain Coban Tundo, Coban Pelangi, Coban Rondo, Coba Rais, dan Coban Talun. Selain coban-coban populer itu, ada satu lagi yang  yang tidak kalah indah, yaitu Coban Kedung Darmo.

Coban ini berada di Desa Srigonco, Bantur, Kabupaten Malang. Lokasinya searah dengan deretan pantai menarik di selatan Malang. Jika memulai petualangan dari Kota Malang, kamu mesti melaju ke arah selatan, tepatnya ke Bululawang.

Coban Kedung Darmo
Coban tingkat pertama/Adjie Prabowo

Setelah itu, ambil jalan ke Gondanglegi terus Wonokerto, Bantur. Kamu akan melewati Pasar Bantur, SMPN 1 Bantur, kemudian belok kiri ke arah Wonorejo di pertigaan setelahnya. Lewati GKJW Wonorejo, lurus terus lewati Dusun Baran, lanjutkan terus sampai jalan aspal habis.

Kamu tidak perlu khawatir menggunakan sepeda motor, sebab jalan menuju Coban Kedung Darmo bisa dilewati si roda dua. Tetapi, bila mengendarai mobil, kamu harus berhati-hari karena jalannya cukup kecil.

Untuk memasuki kawasan Coban Kedung Darmo, kamu hanya perlu membayar parkir. Jadi, uang yang kamu bawa bisa digunakan untuk membeli bekal makanan dan minuman di kios-kios milik warga setempat.

Sebelum tiba di air terjun, kamu akan menyaksikan lanskap persawahan dan sungai yang indah sekali jika dilihat dari atas, juga beberapa ayunan yang memang sengaja disediakan pengelola untuk wisatawan.

“laguna-laguna” di kompleks Coban Kedung Darmo dikelilingi batugamping/Adjie Prabowo

Coban Kedung Darmo ini adalah air terjun bertingkat. Jadi, kamu bisa pilih sendiri mau ke air terjun tingkat berapa. Tapi, semakin ke ke bawah, kamu akan mendapati jalur yang semakin terjal. Kalau kurang pengalaman dalam kegiatan-kegiatan luar ruangan, tentu kamu mesti berhati-hati menelusuri jalur turun tersebut. (Akan lebih baik, barangkali, kalau pengelola membenahi setapak tersebut.)

Pelampung atau benda-benda lain, misalnya batang pohon atau bambu yang tersedia alami di sekitar, yang bisa membantumu mengambang di permukaan air akan sangat berguna sekali di Coban Kedung Darmo, terutama untuk kamu yang tidak bisa berenang. Tapi, tanpa harus berenang pun, hanya dengan jalan di pinggiran “laguna” atau duduk-duduk dengan kaki tercelup ke air, kamu juga masih tetap bisa merasakan kesegaran coban ini, kok.

coban kedung darmo
Menikmati kesegaran air Coban Kedung Darmo/Adjie Prabowo

Jangan lupa pula untuk membawa kamera, kantung ponsel anti-air, dan tripod/tongsis. Kamu pasti akan tergoda mengambil gambar di Coban Kedung Darmo, sebab airnya saja berwarna biru pirus atau toska.

Coban Kedung Darmo pas sekali untuk kamu yang ingin melipir sejenak dari hiruk pikuk kota. Udara segar dan pemandangan rupawan coban ini akan mengisi ulang energimu yang sudah terkuras habis oleh rutinitas. Meskipun kamu mesti menelusuri jalur yang menguras keringat dan memompa adrenalin, perjalanan ke Coban Kedung Darmo ini worth it banget!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Related posts
Itinerary

4 Jurus Jitu buat Traveling Keliling Indonesia

Itinerary

7 Ide untuk Mengisi Libur Panjang

Itinerary

5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Traveling dengan “Backpack”

Itinerary

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Sekitar Pantai Parangtritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *