Itinerary

Baca Ini Dulu sebelum Traveling ke Belitung

Hari gini siapa sih yang nggak kenal Belitung? Pulau di Provinsi Bangka Belitung itu namanya jadi tenar sejak novel laris Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata beredar. Belitung pun makin ngehits sejak film adaptasi novel itu tayang di bioskop.

Sejak itu makin banyak pejalan yang masukin Pulau Belitung dalam bucket list-nya. Siapa sih yang nggak tergoda buat ngerasain gimana sensasi main air di pantai-pantai berpasir putih, duduk-duduk di atas batu granit raksasa, foto-foto di pinggir danau kaolin, atau snorkeling di sekitar Pulau Lengkuas sehabis naik tangga sampai ke puncak Mercusuar?

belitung
Mercusuar legendaris Pulau Lengkuas/Oky Hertanto

Naik apa ke sana?

Kamu bisa ke Belitung lewat laut dan udara. Dari Pulau Jawa, kamu bisa menumpang kapal Pelni (KM Lawit dan KM Leuser) atau KM Tri Star. Ongkosnya memang murah. Tapi harga murah itu harus dibayar dengan terombang-ambing di lautan selama sekitar 12 jam (kalau kamu naik kapal dari Tanjung Priok). Naik pesawat lebih enak; cuma satu jam dari Jakarta. Pilihan maskapainya: Citilink, Nam Air, Garuda Indonesia, Lion Air, dan Sriwijaya Air.

Kalau kamu suka tantangan dan punya banyak waktu luang, ada pilhan ketiga, yaitu ngeteng. Dari Jakarta kamu bisa naik kereta api ke Pelabuhan Merak lalu menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung. Dari Bandar Lampung ada kereta api kelas ekonomi ke Palembang. Dari ibukota Provinsi Sumatera Selatan itu kamu bisa naik kapal feri ASDP ke Muntok di Bangka, lalu lanjut perjalanan darat selama beberapa jam ke Pelabuhan Pangkal Balam di Pangkalpinang. Dari sana perjalanan dilanjutkan dengan menumpang kapal cepat Express Bahari ke Pelabuhan Laskar Pelangi Tanjung Pandan.


Menginap di mana?

Di Tanjung Pandan tersedia beberapa penginapan murah, antara lain Hotel Wisma Adhitya di Jl. Pangeran Diponegoro No. 22, Pangkallalang, Tanjung Pandan (☎ 0719 21557, 0811 717 1742, 0819 4919 8786), Hotel Citra di Jl. Sriwijaya No. 41 (☎ 0719 25532, 0819 4937 3644), dan Hotel Martani di Jl. Yos Sudarso No. 17 (☎ 0719 21432).

Untuk yang lebih mengutamakan kenyamanan daripada harga, juga tersedia hotel-hotel seperti: Biliton Hotel & Club di Jl. Depati Gegedek No. 50 (☎ 0719 22887) dan Arnava Mutiara Belitung (Jl. Depati Endek No. 23 ☎ 0719 9223633).


Tempat-tempat menarik di Belitung

Belitung nggak bisa dipisahin dari dua hal, yaitu pantai dan Laskar Pelangi. Pantai-pantainya yang indah akan bikin kamu terlena dan lupa pulang (dan bikin follower-mu nambah). Sementara destinasi-destinasi Laskar Pelangi-nya akan bikin kamu merasa lebih dekat dengan Ikal, Mahar, Lintang, dan Sungai Lenggang.

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi jadi istimewa karena selain pasir putih dan air laut yang jernih pantai ini juga punya bongkah-bongkah granit raksasa. Duduk-duduk di atas salah satu batu itu di sore hari sehabis basah-basahan di air lautnya yang jernih bakal jadi salah satu pengalaman yang nggak akan pernah kamu lupakan. Pantai Tanjung Tinggi terletak di bagian utara Pulau Belitung, sekitar 37 km dari Tanjung Pandan.

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang nggak seberapa jauh dari Pantai Tanjung Tinggi. Pantai berpasir putih ini lumayan lebar. Di ujung timur pantai ini juga ada bongkah-bongkah granit raksasa. Dari sini kamu bisa naik perahu ke Pulau Lengkuas untuk melihat mercusuar peninggalan Zaman Kolonial. Kalau kuat, coba naik ke puncak mercusuar. Pasti kamu akan terkagum-kagum melihat pemandangan indah yang tersaji. Snorkeling di perairan Tanjung Kelayang juga seru.

Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam nggak jauh dari Pelabuhan Laskar Pelangi di Tanjung Pandan. Pantai ini memang nggak sebagus pantai-pantai lain di Belitung. Pasirnya kelam, airnya juga nggak jernih. Tapi pantai ini adalah salah satu lokasi syuting film “Sang Pemimpi” dan menjadi latar waktu Zakiah Nurmala (Maudy Ayunda) melambai-lambai melepas kepergian Arai (Rendy Ahmad) dan Ikal (Vikri Setiawan) naik kapal ke Jawa.

Pantai Punai

Pantai Punai letaknya di Desa Tanjung Kelumpang di sebelah tenggara Pulau Belitung. Dibanding saudara-saudaranya di sebelah utara, bongkah-bongkah batu di sini nggak terlalu besar. (Tapi tetap masih berat banget kalau diangkat.) Tapi meskipun batu-batu di sini nggak sekolosal di pantai-pantai utara, suasana Pantai Punai lebih tenang sehingga cocok sekali bagi kamu yang mau menghapus kegalauan.

Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai memang nggak punya batu raksasa. Tapi pantai ini punya pesona lain, yaitu jejeran pohon cemara pantai tempat kamu bisa foto-foto cantik ala Syahrini. Pantai ini ada di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, nggak jauh dari Gantong (Kecamatan Gantung) tempat cerita-cerita Laskar Pelangi berasal.

Pulau Pasir

Pulau Pasir di lepas pantai Tanjung Kelayang sebenarnya bukan pulau, tapi gosong alias gundukan pasir yang sesekali muncul waktu laut sedang surut. Nggak ada tumbuhan sama sekali di sini (Pokemon mungkin ada). Tapi pastikan dulu kamu jalan ke Pulau Pasir di musim yang pas. Datang salah musim… wassalam.

Museum Kata Andrea Hirata

Katanya ini adalah museum sastra pertama di Indonesia yang diresmikan tahun 2012. Museum itu nggak cuma memajang benda-benda bersejarah yang ada hubungannya dengan Laskar Pelangi, tapi juga jadi tempat Andrea Hirata buat bagi-bagi ilmu lewat kelas-kelas gratis buat anak-anak. Museum Kata Andrea Hirata ada di Jl. Laskar Pelangi No. 7, Gantong, Belitung Timur.

Replika Sekolah Muhammadiyah

Rampung syuting, replika Sekolah Muhammadiyah yang jadi latar film Laskar Pelangi dibiarin tetap berdiri. Sekarang, bangunan yang berada di Gantong itu jadi salah satu atraksi wisata ngehits di Belitung Timur. Tiap hari pasti ada wisatawan yang datang ke sana. Ini adalah destinasi wajib kalau kamu jalan ke Pulau Belitung.

belitung
SD Muhammadiyah Gantong/Oky Hertanto

Makan dan nongkrong di mana?

Mie Belitung Atep

Sepiring Mie Belitung Atep yang legendaris adalah mie kuning yang ditaburi taoge, irisan timun, irisan tahu, potongan kentang rebus, emping, dan udang. Harga seporsi mie belitung di Mie Belitung Atep adalah Rp10.000. Letaknya di Jl. Sriwijaya No. 27, Tanjung Pandan (☎ 0719 21464).

Kong Djie Coffee

Belitung dan kopi ibarat Sherlock Holmes dan Dr. Watson. Keduanya nggak bisa dipisahin. Kong Djie Coffee yang terletak di Jl. Sijuk, Air Merbau, Tanjung Pandan, adalah tempat yang tepat untuk nongkrong dan merasakan kultur kopi Pulau Belitung.

Suto Belitung Mak Janah

Makanan ini unik, sebab namanya suto (soto) tapi rasanya malah seperti ketupat sayur. Isinya irisan lontong, daging, bihun, dan kerupuk melinjo. Kedai Suto Mak Janah terletak di Jl. Merdeka, Tanjung Pandan.

Bakso Ikan Pak Long

Di Kedai Bakso Ikan Pak Long kamu nggak cuma bisa mencicipi bakso ikan, di sini juga ada ada cekian, tahu, dan pempek. Harga satu porsi bakso ikan di Pak Long antara Rp10.000-Rp15.000. Bakso Ikan Pak Long bisa kamu kunjungi di Jl. Pelataran Air Ketekok No. 22, Tanjung Pandan (☎ 0819 2906 2511).


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

4 Jurus Jitu buat Traveling Keliling Indonesia

Itinerary

7 Ide untuk Mengisi Libur Panjang

Itinerary

5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Traveling dengan “Backpack”

Itinerary

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Sekitar Pantai Parangtritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *