Itinerary

Baca Ini Dulu sebelum ke Tanjung Kelayang

Terletak 37 km arah utara dari Tanjung Pandan, Ibukota Kabupaten Belitung, Tanjung Kelayang adalah salah satu destinasi instagrammable yang bakal mempercantik instagrammu dan menambah followermu.

Tanjung Kelayang punya pantai berpasir putih, batu-batu granit raksasa, dan pulau-pulau kecil yang cantik (kalau kuat kamu bisa snorkeling ke sana). Sempatkan mampir ke mercusuar tua di Pulau Lengkuas buat menikmati keindahan perairan Tanjung Kelayang dari ketinggian.


Naik apa ke sana?

Paling murah dan praktis, untuk ke Tanjung Kelayang kamu tinggal sewa motor di Tanjung Pandan. Transportasi umum dari dan ke Tanjung Kelayang tidak terlalu lancar. Kebanyakan wisatawan pun pergi berombongan dan biasanya diantar oleh pihak penyedia jasa pariwisata.

memulai hobi traveling
Menikmati pemandangan Tanjung Kelayang/Syukron

Nginap di mana?

Karena cuma terpaut sekitar 37 km dari Tanjung Pandan, kamu bisa menginap di Tanjung Pandan saja.

Di Tanjung Pandan tersedia beberapa penginapan murah, antara lain Hotel Wisma Adhitya di Jl. Pangeran Diponegoro No. 22, Pangkallalang, Tanjung Pandan (☎ 0719-21557, 0811-717-1742, 0819-4919-8786), Hotel Citra di Jl. Sriwijaya No. 41 (☎ 0719 25532, 0819 4937 3644), dan Hotel Martani di Jl. Yos Sudarso No. 17 (☎ 0719 21432).

Untuk yang lebih mengutamakan kenyamanan daripada harga, juga tersedia hotel-hotel seperti: Biliton Hotel & Club di Jl. Depati Gegedek No. 50 (☎ 0719 22887) dan Arnava Mutiara Belitung (Jl. Depati Endek No. 23 ☎ 0719 9223633)


Bisa ngapain aja di Tanjung Kelayang?

Santai di pantai

Kamu bisa gelar tikar, cari tempat agak teduh, dan duduk-duduk menikmati suasana Pantai Tanjung Kelayang. Kamu pasti betah melihat pasir putihnya dan air laut yang birunya bergradasi, apalagi sambil minum kelapa muda.

Berenang ke pulau

Perairan Tanjung Kelayang kurang cocok buat snorkeling. Kamu bisa sih snorkelingan, tapi yang kamu lihat nggak akan banyak. Sebagai gantinya kamu bisa berenang di laut yang tenang. Kalau kamu terbiasa renang, kamu bisa renang sampai ke Pulau Babi yang nggak berapa jauh dari Tanjung Kelayang.

Menyeberang ke Pulau Lengkuas

Mungkin Pulau Lengkuas lebih terkenal dibanding Tanjung Kelayang. Padahal perahu buat ke Pulau Lengkuas nunggu penumpangnya di Tanjung Kelayang. Di Pulau Lengkuas kamu bisa main-main ke mercusuar peninggalan Zaman Kolonial. Perairan Pulau Lengkuas juga pas buat snorkeling. Biasanya pejalan betah lama-lama sampai asin snorkeling di sini.

pulau lengkuas
Mercusuar ikonis Belitung/Devia Primastiani

Makan dan nongkrong di mana?

Kamu nggak perlu repot-repot buat nyari tongkrongan di Tanjung Kelayang. Di sepanjang pantai berjejeran warung tempat kamu bisa nongkrong sambil mengisi perut dan menghilangkan dahaga. Tinggal pilih sesuai selera dan bujet kamu. Kalau mau, kamu juga bisa pergi ke Pantai Tanjung tinggi yang nggak seberapa jauh dari Tanjung Kelayang. Di Tanjung Tinggi yang suasananya lebih teduh itu juga banyak banget warung yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

Bincang-bincang Dampak COVID-19 pada Industri Pariwisata bareng Womentourism.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *