Events

Ke Lombok Tahun 2018, Kamu Bisa Nonton Belasan Festival Ini

Mendengar kata “Lombok” dan “Sumbawa,” pasti yang terbayang olehmu pantai dan festival yang keren-keren. Lombok dan Sumbawa memang salah satu gudangnya atraksi wisata dan festival. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat memang menjadikan sektor pariwisata sebagai penggenjot utama pertumbuhan ekonomi daerahnya.

Nah, demi mencapai target 4 juta kunjungan wisatawan, bakal ada sekitar 18 acara di Lombok dan Sumbawa tahun 2018. Acaranya macam-macam, dari mulai event sport-tourism, festival budaya, religi, hingga diskon paket wisata besar-besaran. Apa aja dan kapan aja? Yuk, simak jadwal lengkapnya!

Event awal tahun

“Lombok Marathon” yang akan digelar pada tanggal 28 Januari menjadi pembuka rangkaian acara di Lombok dan Sumbawa tahun 2018. Akan ada lima kategori lomba, yakni full marathon, half marathon, ekiden marathon (estafet empat orang), 10K, dan 5K.

Acara di Lombok dan Sumbawa Tahun 2018

Kerbau-kerbau yang siap untuk dilombakan di Sumbawa/Dewie Suwiryo

Lomba lari ini memperebutkan hadiah total 500 juta rupiah! Pesertanya juga nggak tanggung-tanggung. Lebih dari 10 negara yang berpartisipasi dalam Lombok Marathon ini, seperti Jepang, Jerman, Amerika, Kenya, Thailand, Malaysia, Portugal, Inggris, Singapura, Australia, Brazil, Filipina, dan masih banyak lagi.

Bulan Februari bakal ada dua acara di Lombok dan Sumbawa, yaitu “Lombok Sumbawa Great Sale” dan “Festival Pesona Bau Nyale.” Lombok Sumbawa Great Sale akan digelar selama sebulan penuh. Dalam event ini, kamu bakal dapat diskon gede-gedean untuk tiket, paket tur, dan suvenir khas.

Festival Pesona Bau Nyale akan diadakan tanggal 20 Februari 2018. Bau nyale adalah festival yang terinspirasi dari kejadian alam dan diabadikan dalam legenda Putri Mandalika. Ia adalah seorang wanita bijaksana idola para pria—di zamannya. Rangkaian festival ini antara lain parade budaya, tradisi tangkap nyale (cacing laut), ajang Pemilihan Putri Mandalika, dan penampilan drama kolosal beserta tari-tarian sebagai acara pamungkas.

Lanjut, bulan Apri 2018 akan ada “Tour de Lombok.” Balap sepeda kategori UCI 2.2 ini bakal berlangsung pada 5-9 April 2018. Tanggal 9-11 April 2018 akan ada “Pesona Tambora” yang digelar khusus untuk memperingati letusan dahsyat Gunung Tambora tahun 1815. Di Pesona Tambora akan ada festival kopi, pacuan kuda, pawai budaya, penampilan seni dan tradisi Pulau Sumbawa, serta acara puncak yang digelar 11 April 2018 di Doro Ncanga, Kabupaten Dompu.

Event tengah tahun

Pada bulan Mei akan ada tiga acara penting. Pertama, singgahnya 29 kapal Angkatan Laut dari 42 negara yang mau ikutan “Komodo Exercise” di Lombok, 4-9 Mei 2018. Kedua, “Rinjani 100″ yang merupakan lomba lari jarak jauh di areal Gunung Rinjani. Diadakan 4-6 Mei 2018,¹ lomba lari ini rencananya akan diikuti oleh pelari dari 18 negara! Ketiga, pertengahan Mei masyarakat Lombok akan menyambut bulan Ramadan dengan menggelar “Pesona Khazanah Ramadhan.”

Acara di Lombok dan Sumbawa Tahun 2018

Kuda-kuda berpacu untuk jadi yang tercepat/Dewie Suwiryo

Rangkaian event masih terus lanjut. Bulan Juli bakal ada kejuaraan paralayang internasional, “Mantar Paragliding.” Lomba ini bakal digelar dari tanggal 15 hingga 18 Juli 2018. Tahun 2017 kemarin, Mantar Paragliding diikuti oleh 40 pilot paralayang dari 14 negara, termasuk Indonesia.

Mendekati akhir tahun

Tanggal 18 Agustus sampai 16 September 2018, Lombok akan semakin meriah dengan “Bulan Pesona Lombok-Sumbawa.” Kemudian ada “Festival Pesona Moyo” selama sebulan (10 September hingga 8 Oktober 2018). Di bulan September akan ada “Sail Saleh-Moyo-Tambora” (12-20 September 2018) serta “Festival Pesona Senggigi” (16-20 September 3018).

Bulan November adalah waktunya “Rinjani Golf Tournament,” “Pesona Desa Wisata,” dan “Festival Lawata.” Menutup rangkaian acara di Lombok dan Sumbawa tahun 2018, pada bulan Desember 2018 Lombok kembali menggelar Perang Topat yang merupakan perayaan harmoni masyarakat Lombok, yang terdiri dari orang Islam dan Hindu, dengan seru-seruan melakukan Perang Ketupat.

Banyak banget ‘kan acara di Lombok dan Sumbawa tahun 2018? Jadi jangan ragu-ragu buat mengunjungi kedua pulau itu. Tiap bulan bakal ada festival yang bisa kamu lihat. Dijamin meriah!


[1] Sebelumnya dituliskan tanggal 5-7 Mei 2018. Menurut laman resmi lomba, rinjani100.com, acara ini akan digelar 4-6 Mei 2018. Terima kasih atas sobat TelusuRI, ZUECELL, yang telah memberikan koreksi.

Pemutakhiran terakhir 03/02/18.

Related posts
#dirumahajaEvents

Menonton Jagongan Wagen "Di Balik Pintu Rumah" di Balik Pintu Rumah

Events

Jagongan Wagen April 2020: "Di Balik Pintu Rumah"

Events

Ikut Menyelesaikan Masalah Dampak COVID-19 lewat Startup

Events

Pengalaman Ikut Kelas Kenal Teh di Sekolah TelusuRI

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *