Itinerary

Sudah Pernah ke 5 Sabana di Indonesia Ini?

Kalau “cuma” pengen lihat sabana, kamu nggak perlu jauh-jauh traveling ke Kenya. Indonesia juga punya, kok. Banyak malah. Nah, di antara banyak sabana di Indonesia itu, lima destinasi berikut adalah yang paling populer dan mudah diakses.

Penasaran? Swipe up!

sabana di indonesia
Sabana Bekol Baluran/Laksmi W. Arsandy

1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur, sering disebut sebagai “Afrika van Java.” Sebutan itu bukan tanpa alasan. Sekilas, taman nasional seluas lebih kurang 25.000 hektare ini memang tampak seperti Afrika. Sabananya luas. Kerennya, di antara padang rumput yang luas itu kamu bisa melihat kawanan-kawanan hewan semisal banteng, kerbau liar, kijang, rusa, merak, sampai—kalau lagi hoki banget—macan tutul.

sabana di indonesia
Sabana Sadengan Alas Purwo/Erferdik Mustika

2. Taman Nasional Alas Purwo

Sama seperti Baluran, sabana di Indonesia yang satu ini juga berada di Jawa Timur. Taman nasional berselimut cerita mistis ini punya sabana bernama Sadengan. Untuk melihat Sabana Sadengan, kamu bisa naik gardu pandang yang lumayan tinggi. Mirisnya, Sadengan ini ternyata tergolong padang rumput semi-alami, soalnya proses pembentukannya “dibantu” kerusakan hutan.

sabana di indonesia
Kawah Wurung Bondowoso/Erferdik Mustika

3. Kawah Wurung dan Kawah Ilalang

Di Bondowoso, provinsi tetangga Banyuwangi, juga ada sabana, yakni Kawah Wurung dan Kawah Ilalang. Kedua sabana di Indonesia itu secara administratif berada di sebuah desa bernama Kalianyar. Menariknya, selain punya hamparan sabana yang luas, Kawah Wurung dan Kawah Ilalang juga punya jalur motor trail.

destinasi wisata sumbawa
Kenawa yang ditutupi padang sabana via SkyGrapher.id/Arie Ritonga

4. Pulau Kenawa

Di Pulau Kenawa, Sumbawa, rahangmu bakalan pegal karena kelamaan ternganga melihat pemandangan keren: sabana hijau kekuningan dengan latar laut yang biru. Spot paling ikonis dari Pulau Kenawa adalah sebuah bukit kecil berbentuk kerucut. Ini adalah lokasi wajib buat selfie. Serunya, kalau mau, kamu juga bisa kemping di sini.

pulau sumba
Menatap Bukit Wairinding/Abel

5. Sumba Timur

Kalau udah pernah nonton film Marlina, kamu pasti ngerti kalau Sumba Timur punya sabana yang luas minta ampun. Nah, kalau ke sana, kamu mesti menyempatkan diri buat melihat matahari terbenam. Soalnya, sunset dari sabana di Sumba Timur spektakuler banget. Jangan kaget kalau suatu hari nanti sabana di Indonesia bagian timur ini bakal jadi salah satu wallpaper resmi operating system komputer.  

Tertarik buat ke lima sabana di Indonesia di atas? Kalau iya, segera atur jadwal, kemasi barang-barangmu (kamera jangan lupa!), dan buruan cus!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Dewi Rachmanita Syiam

Menggemari perjalanan, musik, dan cerita.
Related posts
#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

Bincang-bincang Dampak COVID-19 pada Industri Pariwisata bareng Womentourism.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *