Itinerary

5 Jurus Jitu Traveling ke Destinasi Favorit di Akhir Pekan

Punya rencana traveling ke destinasi favorit—misalnya Jogja, Bali, Malang—di akhir pekan? Kalau iya, supaya perjalananmu makin lancar, baca dulu, nih, lima jurus jitu berikut:

1. Pesan tiket dan kamar dari jauh hari

Namanya destinasi favorit, pasti bukan kamu doang yang ke sana pas akhir pekan. Orang-orang juga bakal datang berbondong-bondong ke sana. Akibatnya, kemungkinan besar tempat itu bakalan rame.

Karena persaingan buat dapat tiket PP dan kamar bakalan sengit, sebaiknya kamu memesan tiket PP dan kamar dari jauh-jauh hari. Selain itu, kalau memesan dari jauh hari kamu mungkin juga bakalan dapat diskon.

Kota-Kota yang Enak buat Dijelajahi Jalan Kaki
Pedestrian Malioboro/Fuji Adriza

2. Mending naik sepeda motor ketimbang mobil

Karena jalanan bakalan rame, sebaiknya kamu menjelajahi destinasi favorit itu naik sepeda motor. Nekat naik mobil cuma bakal bikin kamu kelamaan di jalan. Sudah jauh-jauh melarikan diri dari rutinitas, pasti kamu bakal kecewa kalau ujung-ujungnya perjalananmu tersendat oleh macet.

Selain bisa bebas dari macet, kamu juga bisa menghemat biaya perjalanan. Sewa sepeda motor ‘kan jauh lebih murah ketimbang mobil.

3. Manfaatkan aplikasi peta untuk menghindari kemacetan

Di zaman canggih seperti sekarang, kamu bisa memanfaatkan teknologi buat menghindari macet. Beberapa aplikasi peta punya fitur yang ngasih bocoran soal titik-titik kemacetan. Jadi, kamu bisa memilih rute perjalanan yang lebih efektif dan efisien.

Kabar baiknya, kamu nggak perlu mengeluarkan banyak uang untuk aplikasi itu. Duitmu cuma bakal habis untuk biaya akses internet.

nostalgia bali destinasi favorit
Main bola di pinggir Pantai Kuta/Fuji Adriza

4. Hindari lokasi-lokasi yang viral di destinasi favorit

Lokasi-lokasi yang viral pasti bakal rame di akhir pekan. Masih inget cerita soal Negeri di Atas Awan kemarin, ‘kan? Nekat ke lokasi-lokasi yang lagi viral, waktumu cuma bakalan habis buat antre.

Kalau mau lebih seru, kamu bisa bertualang tanpa tujuan. Biasanya, sih, pas traveling tanpa tujuan kamu justru bakalan dibawa takdir ke tempat-tempat (dan pengalaman-pengalaman) yang tak terlupakan.

5. Tak perlu “kejar setoran”

Nggak perlu muluk-muluk bikin rencana buat main ke banyak tempat di destinasi favorit, terlebih di akhir pekan. Kalau kamu traveling “kejar setoran” seperti itu, bisa-bisa kamu pulang dalam keadaan meringis karena capek alih-alih sumringah karena bahagia.

Jadi, rencananya kamu mau traveling ke mana, nih, akhir pekan berikutnya?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

4 Jurus Jitu buat Traveling Keliling Indonesia

Itinerary

7 Ide untuk Mengisi Libur Panjang

Itinerary

5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Traveling dengan “Backpack”

Itinerary

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Sekitar Pantai Parangtritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *