Itinerary

5 Ide yang Bakal Bikin Pendakianmu Jadi Lebih Seru

Lagi bosan sama aktivitas mendaki gunung yang terasa begitu-begitu saja? Kebetulan, nih. TelusuRI punya lima ide yang bakal bikin mendakianmu jadi terasa lebih seru. Swipe up aja, Sob!

1. Mendaki lintas jalur

Biar pendakianmu jadi lebih seru, coba deh mendaki lintas jalur. Kamu bisa masuk di lewat gerbang A dan keluar lewat gerbang C atau D atau gerbang mana pun yang menurutmu seru. Naik dan turun lewat jalur yang beda, kamu bakal melihat pemandangan yang lebih beragam ketimbang naik dan turun lewat stau jalur.

Kalau di Jawa, salah satu gunung yang cocok banget buat mendaki lintas jalur adalah Gunung Lawu. Kamu bisa naik, misalnya, lewat Jalur Candi Cetho dan turun lewat Cemoro Sewu atau Cemoro Kandang.

naik gunung siang atau malam
Arah ke puncak Gunung Lawu/Fuji Adriza

2. Mendaki dengan santai

Sudah jadi kebiasaan di Indonesia buat naik gunung terburu-buru. Biasanya, para pendaki bakal berbondong-bondong naik hari Sabtu kemudian berbondong-bondong pula turun hari Minggu. Padahal, naik gunung bakal jadi lebih seru kalau dilakukan secara santai, soalnya kamu bisa lebih leluasa menikmati suasana alam.

Meluangkan waktu tiga hari dua malam bertualang di gunung bakal ngasih kamu sensasi yang beda banget. Buat membuktikannya, coba deh sekali-sekali naik gunung hari Jumat terus turun hari Minggu.

pendakian gunung lebih seru
“Tarp tent” via pendakiindonesia/Arul

3. Pakai “tarp tent”

Biar pendakianmu jadi lebih seru, nggak ada salahnya juga buat cobain cara-cara baru. Misalnya, alih-alih bawa tenda, coba deh bawa tarp tent alias tenda terpal.

Kalau tenda bisa berdiri karena bingkai (frame), tarp tent bisa tegak hanya karena ditopang sebilah tongkat atau trekking pole. Tapi, sebelum nanjak bawa tarp tent, jangan lupa buat belajar cara mendirikannya terlebih dahulu.

pendakian gunung sindoro
Memasak makan malam di Sunrise Camp/Fuji Adriza

4. Variasikan menu makanan di gunung

Supaya pendakianmu jadi lebih seru, variasikan makanan yang kamu masak selama di gunung. Kamu bisa cari resep-resep baru—yang praktis tentunya—di Instagram atau di jagad internet.

Cuma, coba dulu buat masak makanan-makanan itu di rumah. Nekat memasak menu baru di gunung tanpa latihan, bisa-bisa kamu malah bakal kelaparan karena makanan itu gosong dan jadi nggak layak buat disantap.

dari bogor ke dieng naik motor lebih seru
Memandang Gunung Sindoro/Way Prasetya

5. Lupakan kamera dan ponsel

Selain melatih raga, naik gunung juga bakal menyuntikkan semangat baru buat jiwamu. Tapi, suntikan semangat itu nggak bakal berdampak maksimal kalau pas di gunung kamu cuma sibuk dengan kamera dan ponsel.

Jadi, nggak ada salahnya buat melupakan ponsel dan kameramu barang sejenak. Fokuslah pada apa yang ada di hadapanmu; cobalah menjelajah dalam-dalam ke dalam dirimu sendiri.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Seharian di Semarang, Bisa Traveling ke mana Aja?

Itinerary

5 Jurus Jitu biar Nggak Stres pas Traveling

Itinerary

Berkenalan dengan "Dol," Alat Musik Tradisional dari Bengkulu

Itinerary

5 Tanda Kamu Sudah Terbiasa Traveling Sendirian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *