Itinerary

4 Objek Wisata Takengon yang Bakal Bikin Kamu Jatuh Hati

Sabang barangkali adalah destinasi paling terkenal di Aceh. Tapi, selain Sabang, ternyata masih banyak lagi destinasi wisata di Aceh yang bisa kamu kunjungi, salah satunya Takengon.

Ibukota Kabupaten Aceh Tengah yang berada pada ketinggian sekitar 1.300 mdpl ini pasti bakal bikin kamu jatuh hati. Lalu, apa saja sih objek wisata Takengon yang bisa kamu telusuri?

1. Gunung Gayo

takengon

Trek Gunung Gayo/Tri Widya Asrie

Kalau suka trekking, kamu wajib banget datang ke objek wisata Takengon yang satu ini. Di sana kamu bakal bisa menikmati keindahan hutan pinus dan pohon-pohon raksasa.

Ditambah hujan rintik-rintik dan kabut, suananya bakal jadi syahdu. Pasti kamu mendadak bakal pengen ngeluarin kertas dan pulpen—bikin puisi. Aroma pegunungan yang lembap dan menyenangkan, udara yang bersih bukan main, ditambah pemandangan perbukitan bakal membuatmu terpesona.

2. Danau Lut Tawar

objek wisata takengon

Tepian Danau Lut Tawar/Tri Widya Asrie

“Danau Lut Tawar?! Nggak typo, tuh?” Jangan ngegas dulu, lah. Danau Lut Tawar dan Danau Laut Tawar intinya sama saja. Ejaannya saja yang berbeda. Sebutan pertama adalah ejaan lokal, sementara yang kedua adalah ejaan Indonesia. Jadi, nggak ada yang typo, yah.

Kamu mesti meluangkan waktu buat main ke objek wisata Takengon yang ini. Pasti kamu nggak akan nyesel melihat keindahan danaunya. Coba buktikan sendiri betapa menawannya Danau Lut Tawar, dengan rumah-rumah yang mengelilinginya, perbukitan hijau yang lerengnya berkabut, dan keramba-keramba ikan di tepian—semua terefleksikan di permukaan danau. Melihat Lut Tawar, perasaan damai akan terus bersamamu.

3. Pantan Terong

objek wisata takengon

Danau Lut Tawar dilihat dari Pantan Terong/Tri Widya Asrie

“Ini lagi. Pantan? Pantai kali?” Shh… Shh… Sabar dulu. Memang Pantan Terong, bukan Pantai Terong. Lagian mana ada pantai di terong? Eh, terong di pantai.

Objek wisata Takengon yang ini berada di puncak bukit. Dari sana kamu bakal bisa menyaksikan Danau Laut Tawar yang kelihatan kayak cawan raksasa yang menampung air hujan. Cantik sekali! Tapi, menurut saya perjalanan ke Pantan Teronglah yang justru terasa seru banget. Soalnya, kamu bakal meluncur di antara kebun kopi—kopi gayo!

4. Pabrik kopi gayo

objek wisata takengon

Kopi gayo sedang dijemur/Tri Widya Asrie

“Kopi? Topi kali?” Buat apa jauh-jauh ke Takengon cuma buat ke pabrik topi? Karena terletak di Dataran Tinggi Gayo, wajar saja kalau di Takengon banyak pabrik kopi gayo.

Main ke salah satu pabrik, kamu bakal bisa menyaksikan sendiri bagaimana kopi gayo dipilah dan dipilih dan dijemur. Ketika main ke salah satu pabrik kopi gayo, Oro Kopi Gayo, saya melihat 50 varian kopi yang sudah diberi label, baik dari jenis robusta maupun arabika. Gimana? Udah kecium aroma kopi gayonya?

Kalau saya sih rasanya berat banget buat meninggalkan Tanah Gayo. Nggak tahu kalau kamu.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Tri Widya Asrie

Anak ketiga dari keluarga perantau. Tinggal di Bali dan Jogja. Fokus menyalurkan kasih sayang melalui travel charity-nya @goodthingsforgoodpeoples.
Related posts
Itinerary

Kamu Bakal Mengalami Hal-hal Menantang Berikut pas Menginap di Dormitory Hostel

Itinerary

Baca Ini Dulu sebelum Melancong ke Wakatobi

Itinerary

3 Hal yang Bikin Traveling Jadi Kurang Seru

Itinerary

Makanan Seperti Apa yang Tepat Disantap saat Traveling?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *