Itinerary

Inilah 11 Rute Wisata Jogja yang Paling Hits

Destinasi wisata di Jogja banyaaak banget. Makanya kamu nggak bisa satu atau dua hari doang di Jogja. Selain itu, supaya jalan-jalanmu makin asyik—dan efisien—kamu perlu nyusun itinerary yang rapi. Nih, khusus buat kamu, TelusuRI kasih 11 rute wisata Jogja paling hits yang bisa kamu tempuh dalam waktu sehari!

1. Candi Borobudur—Bale Raos—Lava Tour Merapi—Prambanan—Tebing Breksi

rute wisata jogja

Pahatan Arjuna di Tebing Breksi/Fuji Adriza

Rute wisata Jogja ini paling cocok buat kamu yang baru pertama kali ke Kota Gudeg. Pertama, kamu ke Candi Borobudur—yang sebenarnya terletak di Jawa Tengah, terus makan di Bale Raos Kraton (Jl. Magangan Kulon No. 1, Kraton, Yogyakarta), lihat pemandangan Gunung Merapi, main ke Candi Prambanan, dan Tebing Breksi.

Jalur ini menggabungkan atraksi-atraksi klasik dan destinasi-destinasi ngehits. Jangan lupa kosongin memori supaya sesi foto-foto kamu bisa maksimal.

2. Sunrise Punthuk Setumbu—Gereja Ayam—Candi Borobudur—Merapi Park—Ullen Sentalu—Lava Tour Merapi—Kopi Klotok

rute wisata jogja

Rombongan Lava Tour Merapi sedang menelusuri Kali Kuning/Fuji Adriza

Jalur ini juga seru, Sob. Pertama kamu bisa menikmati sunrise di Punthuk Setumbu. Dari sana, teruskan petualanganmu ke Gereja Ayam dan Candi Borobudur. Habis makan siang, kamu balik lagi ke arah Jogja dan singgah di Merapi Park yang isinya miniatur monumen-monumen keren dari seluruh dunia.

Dari sana, kamu ke utara lagi menuju Museum Ullen Sentalu yang keren banget. Turun dari Ullen Sentalu di Kaliurang, coba deh rasain sensasi Lava Tour Merapi. Pulangnya, hangatkan badan di Warung Kopi Klotok (Jl. Kaliurang Km. 16, Pakembinangun, Sleman).

3. Candi Borobudur—Gereja Ayam—Kalibiru—Pule Payung

rute wisata jogja

Spot foto legendaris Kalibiru via Jogja Trans Wisata Partner

Rute wisata Jogja yang satu ini agak santai. Dari Candi Borobodur, singgah sebentar di Gereja ayam buat menikmati hijaunya pemandangan.

Nah, setelah makan siang, lanjut ke Kalibiru yang instagenik di Kulon Progo buat nambah-nambah stok feed Instagram kamu. Kalau mau foto yang lebih goks, lanjut ke Pule Payung di mana kamu bisa foto-foto narsis di atas tali.

4. Kalibiru—Pule Payung—Hutan Pinus—Mangunan

rute wisata jogja

Nongkrong di Pule Payung via Jogja Trans Wisata Partner

Nah, ini kayaknya rute wisata Jogja yang paling instagenik. Dari penginapan, pagi-pagi kamu cus dulu ke Kalibiru. Terus, lanjutkan perjalananmu ke Pule Payung.

Sebelum tengah hari, balik lagi ke arah timur buat ke Hutan Pinus Mangunan. Hutan pinus yang satu ini teduh banget. Kamu pasti betah buat lama-lama di sana. Pulang dari sana, kamu bisa mampir sebentar di Kabun Buah Mangunan.

5. Keraton—Tamansari—Candi Prambanan/Borobudur/Kawasan Kalibiru

rute wisata jogja

Pulau Cemeti di Tamansari/Fuji Adriza

Ini juga rute wisata Jogja yang ramah pejalan perdana. Pertama, kamu ke Keraton dulu. Dari sana, lanjut ke Tamansari buat menyaksikan keindahan istana air dan reruntuhan Pulau Cemeti.

Nah, dari sana, kamu bisa pilih: mau ke Candi Prambanan, Borobudur, atau Kawasan Kalibiru. Pilih salah satu aja, soalnya kalau kamu milih ketiganya, pasti bakalan capek banget dan nggak keburu waktunya.

6. Gua pindul—Gua Jomblang—Pantai Timang

rute wisata jogja

Menuruni Gua Jomblang via Jogja Trans Wisata Partner

Bocoran dari ringgarentcar.com, ini adalah rute wajib turis-turis Malaysia. Kalau mau mencoba rute wisata Jogja yang satu ini, kamu mesti ke selatan. Pertama, kamu ke Gua Pindul yang horizontal. Terus, lanjutkan petualangan ke Gua Jomblang yang vertikal di mana kamu bisa coba turun gua pakai SRT.

Nah, dari Gua Pindul, teruskan penjelajahanmu ke Pantai Timang di pesisir Gunungkidul buat merasakan sensasi naik kereta gantung kayu. Beberapa detik di atas kereta gantung itu bakal jadi salah satu momen paling seru dalam hidupmu. Tapi ingat: rute ini cuma buat adrenaline junkie!

7. Gua Pindul—Air Terjun Sri Gethuk—Kawasan Desa Wisata Mangunan (Kebun Buah, Hutan Pinus, Panguk Kediwung)

rute wisata jogja

Pemandangan dari Kebun Buah Mangunan/Fuji Adriza

Kalau kamu kurang sreg sama gua vertikal, dari Gua Pindul, kamu bisa skip Gua Jomblang dan mampir ke Air Terjun Sri Gethuk. Serunya, buat ke Air Terjun Sri Gethuk, dari dekat tempat parkir kamu bisa naik gethek mesin.

Air Terjun Sri Gethuk ini memang indah. Tapi, selain menikmati keindahannya, kamu juga bisa berenang di Sungai Oyo yang airnya berwarna hijau toska. Kalau suka loncat-loncatan, ada juga tebing yang bisa kamu manfaatkan! Pulangnya, mampir sebentar ke Kawasan Wisata Mangunan.

8. Gua Pindul—Air Terjun Sri Gethuk—Kawasan Pantai Gunungkidul—Bukit Bintang

Tapi, dari Air Terjun Sri Gethuk, kamu juga bisa terus ke selatan buat menyaksikan dengan keindahan pantai-pantai di Gunungkidul dengan mata kepala sendiri. Kamu bisa lewat Baron, Kukup, Krakal, Drini, Sundak, Indrayanti (Pulang Syawal), Mpok Tunggal, Siung, bahkan—kalau kuat—sampai Wedi Ombo atau Sadeng.

Pulangnya, singgah di Bukit Bintang buat lihat sunset, sambil makan jagung bakar, pisang bakar, atau roti bakar.

9. Green Village Gedangsari—Kawasan Pantai—Bukit Bintang

rute wisata jogja

Melintasi jembatan gantung Pantai Timang via Jogja Transwisata Partner

Mau nyobain sensasi flying fox di hamparan hijau perbukitan Gunungkidul? Kalau iya, kamu mesti ke Green Village Gedangsari. Katanya, lintasan flying fox Gedangsari adalah yang terpanjang di Asia Tenggara, yakni 625 meter. Setengah kilo!

Sehabis meluncur, jelajahi deh itu pantai-pantai berpasir putih di Gunungkidul. Pulangnya jangan lupa duduk-duduk sebentar di Bukit Bintang.

10. Candi Borobudur—Top Selfie Pinus Kragilan—Ketep Pass

rute wisata jogja

Top Selfie Pinus Kragilan via Jogja Trans Wisata Partner

Tiga destinasi ini sebenarnya berada di Magelang. Tapi, karena Magelang deket banget sama Jogja, para pelancong nggak ragu-ragu juga buat main ke destinasi-destinasi ini pas liburan ke Jogja.

Dari Candi Borobudur, buat ke Top Selfie Pinus Kragilan, kamu mesti terus ke utara. Nah, dari Kragilan, kamu bisa lanjut ke Ketep Pass buat menikmati pemandangan indah Gunung Merapi dan Merbabu! Tapi, kalau mau ke Ketep Pass, mending pas musim kemarau aja.

11. Ngehits banget: Paket Wisata Film AADC 2

rute wisata jogja

Pameran “Sirkuit: Ahli Waris Etape Satu” di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja/Fuji Adriza

Nah, ini nih yang paling ngehits: destinasi-destinasi wisata film AADC 2. Tapi, kamu nggak bisa sehari aja kalau mau nyobain rute wisata Jogja yang satu ini. Setidaknya, kamu perlu tiga hari.

Hari pertama, ke Padepokan Seni Bagong Kussdiardja di Kasihan, Bantul, terus ke Lokal Resto, Ratu Boko, Tebing Breksi Prambanan, dan ke Klinik Kopi. Di hari kedua, jalan-jalan ke Borobudur buat lihat sunrise, terus ke Vivia bakery, Selie Coffee, Pantai Parangkusumo, dan Sate Klatak Pak Bari. Nah, hari ketiga, lihat matahari terbit di Punthuk Setumbu, lanjut ke Gereja Ayam, terus balik ke Jogja untuk wisata dalam kota.

Jadi, menurutmu rute wisata Jogja mana yang paling menggoda?


Pengen nyobain salah satu rute wisata Jogja di atas naik mobil? Hubungi ringgarentcar.com aja.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

5 Jurus Jitu yang Bikin Traveling Solo Makin Seru

Itinerary

4 Oleh-oleh Sepulang Naik Gunung

Itinerary

Jurus Jitu supaya Bawaan Ringkas pas Traveling

Itinerary

Jurus Jitu Traveling bareng Pasangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *