Itinerary

10 Tempat Camping di Semarang

Tempat Camping di Semarang — Di era new normal seperti sekarang ini, aktivitas outdoor semakin digemari oleh para pejalan. Selain berisiko lebih kecil dari penularan COVID-19, melakukan kegiatan di alam terbuka tentunya bermanfaat untuk menyegarkan diri setelah #dirumahaja selama beberapa bulan. Nah, salah satu aktivitas outdoor yang bisa kamu coba adalah camping. 

Di bawah ini TelusuRI kasih beberapa rekomendasi tempat camping favorit di sekitar Semarang. Namun, tetap perlu diingat ya, selama pandemi kita harus menerapkan protokol kesehatan seperti, sering mencuci tangan, selalu mengenakan masker, dan menjaga jarak dengan orang lain meskipun sedang berada di alam terbuka.

Mawar Camp Area

Mawar Camp Area/Deta Widyananda

Mawar Camp Area

Tempat camping  yang pertama adalah Mawar Camp Area, lokasinya berada di Desa Kluwihan, Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang. Mawar menyediakan berbagai fasilitas seperti mushola, kamar mandi, area parkir luas, dan petugas pengelola yang berjaga 24 jam. Tempat kemping yang satu ini juga tergolong bersih, tempat sampah disediakan pada sudut-sudut campsite-nya.

Untuk kemping di Mawar, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 untuk 2 orang, HTM ini termasuk biaya parkir sebuah motor. Dan kalau pas kebetulan nggak bawa alat kemping, kamu bisa menyewa berbagai peralatan kemping dari pengelola. Dari tenda, matras, kompor, sampai alat makan.

Saat pagi tiba, kamu bisa memandang deret pegunungan Telomoyo, Merapi, dan Merbabu. Samar-samar, danau Rawa Pening juga terlihat kalau pas cuaca bersahabat.

Hutan Wisata Tinjomoyo

Nggak jauh dari pusat kota Semarang, Hutan Wisata Tinjomoyo bisa jadi pilihan ketika tiba-tiba rasa penat datang. Terletak di Desa Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Semarang, bikin kawasan ini mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.

Karena lokasinya di tengah kota, kamu nggak akan menemukan deret pegunungan. Sebaliknya suasana hutan kota rindang dan diiringi gemericik aliran air sungai akan membuat pikiran menjadi lebih segar. Oh ya, meski kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo luas, lokasi camping hanya berada di dekat pintu masuk utama saja ya.

Hutan Pinus Nglimut

Pilihan tempat camping selanjutnya yakni Hutan Pinus Nglimut, lokasinya berada di Desa Nglimut, Gonoharjo. Tempat ini menyuguhkan pemandangan hutan pinus dengan hawa dingin khas pegunungan.

Untuk camping di sini, kamu harus membayar retribusi Rp15.000 per orang, sudah termasuk asuransi dan tiket masuknya. Selain camping, kamu bisa berendam di pemandian air panas alami juga lho!

Kawasan Candi Gedong Songo

Tempat camping di Semarang ini juga sangat spesial karena menjadi satu lokasi dengan Kawasan Candi Gedong Songo. Dalam kawasan Candi Gedong Songo terdapat banyak area camping, di antaranya di sekitar lokasi candi, lapangan besar atas, pinggir hutan hutan, dan dekat pemandian air panas. Sebelum camping, kamu bisa bertanya pada pengelolanya untuk mendapatkan rekomendasi yang terbaik. 

Karena berada di kaki Gunung Ungaran, suhu udaranya tergolong dingin. Jadi pastikan kamu bawa jaket tebal dan perlengkapan penghangat badan lainnya, apalagi di musim hujan. 

Promasan Gunung Ungaran

Promasan/Mauren Fitri

Promasan

Kalau kamu suka dengan sedikit tantangan, coba camping ke Promasan, desa terakhir sebelum mendaki ke Gunung Ungaran. Untuk mencapainya, ada dua jalur yang direkomendasikan yaitu lewat Mawar Camp Area atau lewat Medini, Kendal. Setidaknya membutuhkan waktu berjalan kaki sekitar 2 – 3 jam melewati hutan dan perkebunan masyarakat.

Kalau dibilang capek, pasti. Tapi setelah sampai di Promasan, rasa lelahmu akan hilang seketika saat melihat suasana desa. Hamparan kebun teh membentang luas, masyarakat desa menyapa dengan ramah, dan tentunya udara yang tidak terlalu panas. Kalau pas cuaca bagus, kamu bisa melihat puncak Gunung Ungaran dengan jelas.

Ampel Gading

Ampel Gading/Deta Widyananda

Ampelgading Homeland

Lokasi kemping selanjutnya adalah Ampelgading Homeland, letaknya tidak jauh dari kawasan wisata Bandungan. Kalau ke sini, pastikan kamu menggunakan kendaraan roda dua, atau roda empat yang bakoh karena jalan yang dilewati hanya cukup untuk satu buah mobil dan curam.

Dari sini, terlihat dengan jelas deret Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Andong, dan Rawa Pening. Ampelgading cocok banget buat kamu yang sering berburu matahari terbit.

Sitinggil Muncul

Nah, kalau kamu ingin suasana yang berbeda, datang saja ke Sitinggil Muncul. Camping di sini nggak pakai ribet, karena kita tinggal datang bawa badan dan memilih tenda yang sesuai dengan bujet. Semua perlengkapan dan logistik makanan sudah dipersiapkan oleh pengelola.

Sitinggil Muncul berada di dekat perkebunan masyarakat, tak jauh dari sana terdapat perbukitan hijau. Kalau kamu bosan, berkeliling saja! Ada banyak hal seru yang bisa ditemui. Oh ya, kalau kamu tidak suka camping, Sitinggil Muncul menyewakan rumah kayu untuk staycation.

Umbul Sidomukti

Bukan sekedar camping saja, di sini kamu bisa menjajal glamping atau glamour camping.

Kalau soal pemandangan, sama lah ya, nggak kalah cakep kayak tempat lain di sekitaran Semarang karena masih di bawah kaki Gunung Ungaran. Hanya saja, di sini ada dua pilihan paket yang disediakan oleh pengelola Umbul Sidomukti yaitu camping biasa— bisa menggunakan campsite saja, atau glamping—kemping dengan tenda dan fasilitas yang tersedia.

Asiknya kalau di sini, kamu nggak perlu bingung kalau jauh dari listrik. Pengelola menyediakan stop kontak di setiap petak campsite-nya. Hmmmm, mau staycation sambil kerja, bisa banget!

Perantunan/Deta Widyananda

Perantunan Camping Area

Perantunan Camping Area termasuk tempat camping baru di kawasan kabupaten Semarang. Lokasinya di Desa Gintungan, Bandungan, Semarang, masih satu kawasan dengan wisata Bandungan. HTM-nya nggak mahal, hanya Rp15.000 saja per orang. Selain camping, kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti trekking ke Gunung Ungaran. 

Kalau mau ke sini, pastikan kamu mengendarai kendaraan roda dua karena akses jalan sampai lokasi cukup sulit. Misalkan pun harus pakai mobil, seenggaknya kamu harus berjalan sejauh 1 km dari tempat parkir untuk sampai campsite.

Wana Wisata Penggaron

Nah, yang terakhir nih. Kalau kamu cari tempat camping dengan suasana tenang tetapi nggak jauh dari kota, Wana Wisata Penggaron bisa jadi pilihan. Kawasan ini merupakan hutan lindung yang dikelola oleh Perum Perhutani Jawa Tengah karena di dalamnya terdapat 90 spesies burung dan berbagai satwa. Kebayang nggak tuh, pas camping ditemenin burung liar, suaranya sahut-sahutan membangunkanmu kala pagi.

Fasilitas yang tersedia pun juga lengkap. terdapat toilet, mushola, area parkir, hingga tempat bermain anak, dan kebun binatang mini. Tertarik buat cobain, camping di sini?

Itu dia beberapa rekomendasi tempat camping di sekitar Semarang. Jangan lupa mempersiapkan perbekalan dan peralatan lengkap karena ini sudah masuk musim penghujan, ya!

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
ItineraryNusantarasa

Ada Apa dengan Babi dalam Budaya Masyarakat Batak?

ItineraryNusantarasa

Menyantap Tiram Bakar Khas Barru

Itinerary

Masjid Menara Kudus, Kemegahan Arsitektur Kuno Warisan Sunan Kudus

Itinerary

Museum Layang-Layang Indonesia: Merawat Keelokan Budaya dengan Permainan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.