Events

SENANTI 2019 UAJY: Bincang Sehari tentang Asmat

Bagi sebagian besar kita, wilayah-wilayah di kawasan timur Indonesia adalah realm yang misterius. Beyond the wall. Alasannya jelas: karena kita belum pernah ke sana.

Maka, keberadaan pusat-pusat studi seperti Pusat Studi Kawasan Indonesia Timur Universitas Atma Jaya Yogyakarta (PUSKIT UAJY) sangat membantu pejalan-pejalan seperti kita, yang mendamba bertualang ke Indonesia bagian timur tapi belum kunjung ditepuk pundaknya oleh Dewi Fortuna.

Tiap tahun, demi membuka wawasan kalangan akademisi dan masyarakat luas tentang Indonesia bagian timur, PUSKIT UAJY mengadakan sebuah acara bernama SENANTI (Seminar Nasional Indonesia Timur).

Dalam setiap gelarannya, seminar ini mengangkat wilayah-wilayah yang berbeda di kawasan Indonesia Timur. Jika SENANTI 2018 kemarin “membawa” imajinasi para hadirin ke Sumba, SENANTI 2019 nanti akan mengajak audiens “mampir” ke salah satu kabupaten di sebelah selatan Papua yang termasyhur karena rawa dan ukirannya, yakni Asmat.

senanti-2019
Poster SENANTI 2019 via PUSKIT UAJY

Dalam acara bertajuk “Bincang Sehari tentang Asmat: Merajut Gap Sosial-Budaya dalam Pengelolaan SDM di Wilayah Indonesia Timur” ini, lima narasumber keren bakal hadir, yakni Mgr. Aloysius Murwito, O.F.M. (Uksup Agats, Papua), Jaleswari Pramodhwardani, M.A. (Deputi V Kantor Staf Presiden RI), Elisa Kambu S.Sos. (Bupati Asmat), Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T., M.T. (Rektor Universitas Cendrawasih), dan Romo Dr. Ir. Paulus Wiryono Priyotamtama S.J., M.Sc. (Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik).

Tapi, SENANTI nggak cuma bincang-bincang doang. Acara ini juga bakal dimeriahkan oleh pertunjukan-pertunjukan kesenian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia Timur, dari mulai musik sampai tarian adat.

SENANTI 2019 akan diadakan hari Sabtu, 11 Mei 2019, pukul 08.00-14.00 WIB, di Ruang Auditorium Kampus IV UAJY, Jl. Babarsari No. 6, Yogyakarta.

Gimana? Tertarik buat mampir? Kalau iya, kamu bisa langsung daftar ke nomor 0852-9326-8758 (Kanissiagarera) atau 0822-2034-9304 (Christineidie04). Dengan kontribusi Rp25.000, selain info berharga tentang Asmat, kamu bakal dapat sertifikat dan makan plus snack.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Events

Sekolah TelusuRI Semarang #6: TelusuRI Sejarah Jalur Kota Lama–Pecinan

Events

5 Event Seru Bulan Agustus 2019

Events

Festival Cheng Ho 2019

Events

ASEAN Contemporary Dance Festival 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *