Itinerary

Jalan-jalan ke Jogja, Jangan Lupa Mampir ke Bunker Kaliadem

Jika mampir ke Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Kaliurang. Pasalnya, banyak sekali tempat menarik yang bisa dilihat di sana, salah satunya Bunker Kaliadem.

Buker Kaliadem ini menyimpan cerita duka saat erupsi Gunung Merapi. Waktu Gunung Merapi memuntahkan material panas dari perut bumi dulu, tahun 2006 dan 2010, Bunker Kaliadem dijadikan sebagai tempat berlindung.

Wisata Erupsi Merapi dengan menggunakan mobil Jeep di kawasan Kaliadem via TEMPO/Subekti

Namun, apa yang disebut bencana oleh manusia terkadang membawa hal lain. Letusan-letusan Merapi membawa unsur hara yang membuat tanah sekitar menjadi subur. Jadi, tak heran jika sekarang daerah sekitar Bunker Kaliadem sudah sangat asri (kembali). Kesejukannya membuat para wisatawan betah berlama-lama berada di sini.

“Instagrammable,” jadi salah satu lokasi favorit untuk foto “pre-wedding”

Bunker Kaliadem terletak di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman. Areal Kaliadem yang penuh pohon pinus ini berada pada ketinggian sekitar 1.100 mdpl. Dari Jogja, tempat ini terpaut sekitar 30 kilometer. Kamu bisa ke sana naik motor. Tapi, kalau ingin merasakan sensasi lain, kamu juga bisa naik jip sewaan (lava tour).

Sejumlah turis asal Prancis mengikuti wisata “lava tour” sisa erupsi Merapi via TEMPO/Arif Wibowo

Para pendaki gunung pasti akan senang sekali mampir ke tempat ini. Dari areal bunker, Gunung Merapi, salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia, akan tampak gagah menjulang mengeluarkan asap belerang. Kecuali, tentunya, ketika kebetulan musimnya sedang tidak pas sehingga puncak Merapi disembunyikan selubung awan. Untuk menyaksikan pemandangan menawan itu, wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang Rp5.000 saat weekdays dan Rp10.000 di akhir pekan.

Jika ingin merasakan hawa sejuk dan mendapatkan foto bagus, waktu yang pas untuk ke Bunker Kaliadem adalah pagi hari sekitar jam 5.30. Maka, jangan heran kalau pagi-pagi sekali kamu akan menjumpai para fotografer dengan peralatan lengkap yang bela-belain datang ke Bunker Kaliadem hanya untuk memotret pemandangan Gunung Merapi. Siang sedikit, kemungkinan kamu juga akan mendapati berpasang-pasang calon pengantin yang sedang berpose untuk foto pre-wedding.

Nah, bagaimana? Kamu tertarik untuk ke Bunker Kaliadem?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Related posts
Itinerary

Naik Gunung Sendirian, Inilah 4 Hal yang Bakal Kamu Dapatkan

Itinerary

5 Rekomendasi Kafe untuk Ngopi Asyik di Semarang

Itinerary

Mau Naik Gunung Musim Kemarau? Jangan Lupakan 5 Benda Berikut

Itinerary

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Mendaki Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *