Events

Melihat Budaya dan Tradisi Pesisir Aceh di Festival Khanduri Laot 2019

Tertarik buat ke festival bernuansa kearifan lokal tapi masih bingung mau ke mana? Festival Khanduri Laot 2019 mungkin bisa jadi solusi. Ajang tahunan yang digelar di Kota Sabang, Aceh, ini bakal kasih suguhan budaya dan tradisi lokal masyarakat pesisir Aceh.

Pada 30 Maret-1 April 2019 nanti, Festival Khanduri Laot 2019 bakal dipusatkan di Dermaga CT3 BPKS, Sabang. Tema tahun ini istimewa, yakni “Dari Sabang untuk Indonesia.”

festival khanduri laot 2019
Festival Khanduri Laot 2019/Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sabang

Menariknya, acara Khanduri Laot tahun ini nggak hanya bakal diisi oleh masyarakat Sabang saja. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang, Faisal, beberapa pengurus persatuan kebudayaan laut di daerah lain juga tertarik berpartisipasi, misalnya dari Sumatera Utara, Riau, dan Sumatera Selatan.

“Ketiga provinsi tersebut sudah menyatakan untuk ikut serta pada Festival Khanduri Laot 2019 di Sabang,” ungkap Faisal dalam rilis resmi.

Selain itu, negara tetangga Malaysia pun juga sudah berkomunikasi dengan penyelenggara soal keinginan untuk berpartisipasi dalam Festival Khanduri Laot 2019.

Dari lomba masak kuah beulangong sampai dialog Panglima Laot se-Aceh

Nggak usah takut bosan di Khanduri Laot 2019. Cutnev, pembina GenPI wilayah Sabang, kasih bocoran bahwa bakal banyak kegiatan seru bernuansa budaya setempat.

Salah satunya adalah perlombaan sarat makna kebersamaan dan silaturahmi, yakni memasak kuah beulagong. Kuah beulangong adalah gulai kari daging khas Aceh yang dimasak dalam porsi besar. Lomba ini pasti bakal menarik buat kamu yang suka melancong mencicipi kuliner lokal.

Dalam Khanduri Laot 2019 para Panglima Laot dari 19 kabupaten/kota se-Aceh juga bakal bersilaturahmi dan berdialog. Buat kamu yang belum tahu, Panglima Laot adalah otoritas yang mengatur tata cara penangkapan ikan di laut (meupayang) sejak zaman kerajaan ratusan tahun lalu.

Festival Khanduri Laot 2019 juga bakal makin meriah dengan khanduri Aulia 44 keramat dan sederet atraksi lain khas masyarakat pesisir provinsi paling barat Indonesia ini.

Jadi, sudah siap berangkat ke Sabang melihat kehidupan dan kearifan lokal masyarakat pesisir?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Dewi Rachmanita Syiam

Menggemari perjalanan, musik, dan cerita.
Related posts
Events

Sekolah TelusuRI Semarang #6: TelusuRI Sejarah Jalur Kota Lama–Pecinan

Events

5 Event Seru Bulan Agustus 2019

Events

Festival Cheng Ho 2019

Events

ASEAN Contemporary Dance Festival 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *