Events

Acara-Acara Seru di Bulan November

Makin dekat akhir tahun, makin banyak pula acara seru di Indonesia. Nih, TelusuRI kasih bocoran 6 event bulan November yang seru buat dilihat:

1. Biennale Jogja XIV 2017 (10 Oktober-2 Desember)

Event Bulan November

Benda seni di Biennale Jogja via biennalejogja.org

Pertunjukan seni dua tahunan ini kembali hadir di Jogja. Di gelarannya yang ke-14 ini, Biennale Jogja mengangkat tema STAGE OF HOPELESSNESS, untuk merespon segala ketidakpastian dalam hidup yang sekarang dirasakan oleh banyak orang.

Rangkaian acara Biennale Jogja XIV ini terbagi dalam empat program besar, yakni Festival Equator (10 Oktober-2 November), Parallel Event (28 Oktober-3 Desember), Biennale Forum (4 November-7 Desember), dan Main Exhibition (2 November-10 Desember). Aura Biennale sudah mulai kentara di Jogja. Sekarang saja jalanan di Jogja sudah mulai dihiasi oleh karya-karya seni instalasi.

2. Banyuwangi Ethno Carnival (11 November)

Event Bulan November

Salah seorang pengisi acara Banyuwangi Ethno Carnival/CoE Indonesia 2017

Seperti banyak kota lain di Indonesia, Banyuwangi juga mulai melirik karnaval sebagai salah satu cara untuk mempromosikan atraksi wisata. Tahun ini, Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) yang diadakan tanggal 11 November 2017 besok memangkat tema Majestic Ijen. BEC sendiri sebenarnya adalah bagian dari rangkaian Banyuwangi Festival.

Sesuai dengan temanya, kali ini yang berada di lampu sorot adalah Kawah Ijen. Danau berwarna toska di puncak Gunung Ijen itu sekarang sudah semakin dikenal dunia. Para pelancong yang penasaran dengan “api biru” di Kawah Ijen terus saja berdatangan tanpa henti. Nah, di BEC tahun ini kamu bakal melihat peserta karnaval yang melintasi Kota Banyuwangi menggunakan kostum penambang belerang Kawah Ijen.

3. Ngayogjazz 2017 (18 November)

Event Bulan November

Musisi jazz/CoE Indonesia 2017

Acara tahunan yang diadakan sejak 2007 ini beda dari festival-festival jazz lain di Indonesia. Bukannya bikin jazz makin mewah, Ngayogjazz malah bikin musik dari New Orleans jadi kembali pada asalnya: musik rakyat. Djaduk Ferianto, penggagas Ngayogjazz, sengaja memilih desa-desa (wisata) di Jogja sebagai venue.

Di Ngayogjazz, sehari penuh kamu bakal bisa menonton ratusan musisi jazz berbagai genre, baik dari dalam maupun luar negeri—gratis! Tahun ini Ngayogjazz akan diadakan di Ds. Kledokan, Selomartani, Kalasan, Sleman. Jangan lupa bawa jas hujan!

4. 9th Jogja International Heritage Walk 2017 (18-19 November)

Jogja International Heritage Walk/CoE Indonesia 2017

Kalau kata Sting: “A gentlemen will walk but never run.” Jogja International Heritage Walk 2017 bakal bawa kamu jalan-jalan melintasi peninggalan sejarah dan desa-desa yang masih memelihara budaya. Temanya saja “Save the Nature, Respect the Culture.”

Ada beberapa pilihan jarak tempuh di acara jalan kaki ini, yakni 5, 10, 15, dan 20 km. Tinggal pilih mana yang paling pas buatmu. Oh, iya. Jogja International Heritage Walk ini sudah jadi bagian dari Liga Jalan Kaki Dunia (International Marching League), lho.

5. Borobudur Marathon (19 November)

event bulan november

Candi Borobudur via borobudurmarathon.id

Waktu berlari di Borobudur Marathon, kamu bakal merasa seperti sedang berada di dalam permainan Temple Run. Disponsori oleh Bank Jateng, acara yang merupakan hasil kerjasama Pemprov Jateng dan KOMPAS Daily ini bakal diadakan tanggal 19 November nanti dan dipusatkan di Kompleks Taman Lumbini Borobudur.

Banyak pilihan race yang bisa kamu ikuti, dari mulai kelas half marathon sampai full marathon. Jadi tunggu apa lagi, guys? Buruan bersihin sepatu running. Masih ada waktu beberapa minggu buat latihan.

6. Wakatobi WAVE

Event Bulan November

Kesemarakan Wakatobi Wave/CoE Indonesia 2017

Kabupaten Wakatobi semakin gencar mempromosikan keindahan wilayahnya pada dunia. Wakatobi Wonderful Festival & Expo (Wakatobi WAVE) adalah salah satu cara pemerintah wakatobi untuk mengangkat nama kabupaten kepulauan ini.

Banyak acara yang bakal digelar dalam rangkaian acara Wakatobi WAVE. Buat para penggemar marathon, ada Wakatobi 10K Beach Run yang akan diadakan pada tanggal 5 November. Fotografer bisa ikutan WAVE Photo Competition yang digelar 8-13 Oktober. Lomba fotografi ini hadiahnya lumayan. Jadi jangan ragu buat ikutan.

Mau ke mana, guys?

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Events

Sekolah TelusuRI Semarang #6: TelusuRI Sejarah Jalur Kota Lama–Pecinan

Events

5 Event Seru Bulan Agustus 2019

Events

Festival Cheng Ho 2019

Events

ASEAN Contemporary Dance Festival 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *