Itinerary

Awas! Jangan Terpana sama 6 Destinasi Wisata Sumbawa Ini

Tulisan ini kolaborasi antara SkyGrapher dan TelusuRI


Bali sudah lama naik daun. Lombok menyusul. Lebih ke timur lagi, nama Flores juga sudah mulai masuk dalam radar para pejalan. Lalu, bagaimana dengan Pulau Sumbawa yang terletak di antara Lombok dan Flores? Nah, ternyata di pulau itu juga banyak destinasi wisata, Sob. Kalau nggak percaya, baca dulu deh listicle 6 destinasi wisata Sumbawa berikut.

1. Gunung Tambora

destinasi wisata sumbawa

Padang sabana di kaki Gunung Tambora via SkyGrapher.id/Moonstar Simanjuntak

Barangkali hampir semua pejalan pernah dengar cerita tentang kedahsyatan letusan Gunung Tambora. Letusan itu menghancurkan banyak desa. Tak terhitung jiwa manusia yang melayang. Karena letusan itu juga Napoleon Bonaparte sampai kalah di Pertempuran Waterloo. Kenapa? Karena abu Tambora yang menyelimuti atmosfer bikin musim dingin datang lebih cepat, tidak sesuai perkiraan.

Dua abad setelah “kengerian” itu, Gunung Tambora yang masuk dalam Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu itu malah jadi salah satu destinasi wisata Sumbawa yang diunggulkan. Banyak yang penasaran buat ke sana, entah untuk mendaki atau sekadar menjelajahi sabana di kaki Tambora sambil melihat kuda-kuda sedang asyik merumput.

2. Pantai Lakey

destinasi wisata sumbawa

Jalan berliku di pinggir Pantai Lakey via SkyGrapher.id/Moonstar SImanjuntak

Kalau kamu suka selancar, sekali-sekali kamu mesti coba main ke Pantai Lakey di Kabupaten Dompu. Ombak Lakey spesial karena tergolong sebagai ombak kidal. Selain itu, hal lain yang bikin pantai ini istimewa adalah anginnya yang cocok banget buat wind surfing atau kite surfing.

Destinasi wisata Sumbawa yang satu ini paling pas dikunjungi antara April sampai Oktober. Buat ke sana, terlebih dahulu kamu harus ke Dompu. Dari sana, Pantai Lakey dapat dicapai dalam waktu 30-45 menit.

3. Pantai Maluk

destinasi wisata sumbawa

Pesisir Pantai Maluk via SkyGrapher.id/Irfan Firdaus

Sama seperti Lakey, Pantai Maluk di Kabupaten Sumbawa Barat juga tersohor karena ombaknya. Para peselancar suka ke Pantai Maluk karena ketinggian ombaknya bisa sampai sekitar dua meter! Selain ombak, destinasi wisata Sumbawa yang satu ini juga punya daya tarik lain, yakni penangkaran tukik.

Akses menuju Pantai Maluk lumayan mudah. Dari Mataram, kamu tinggal naik Damri jurusan Mataram-Taliwang-Maluk. Seturun di Maluk kamu tinggal sambung perjalananmu naik ojek.

4. Pantai Kertasari

destinasi wisata sumbawa

Perairan Pantai Kertasari yang jernih dan tenang via SkyGrapher.id/Papudaengoyang

Nama Pantai Kertasari yang terletak di Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, ini memang belum setenar Pantai Maluk dan Lakey. Dan kayaknya juga nggak apple to apple juga kalau mau dibandingin, soalnya daya tarik destinasi wisata Sumbawa yang satu ini bukanlah ombak yang menggulung, melainkan air lautnya yang tenang.

Pantai Kertasari ini fotogenik banget. Apalagi, di sekitar pantai—kalau waktunya pas—kamu bakal bisa melihat rumput laut sedang dijemur. Selain itu, pantai yang terpaut sekitar 8 kilometer dari Taliwang ini juga adalah lokasi favorit buat mancing.

5. Pulau Kenawa

destinasi wisata sumbawa

Kenawa yang ditutupi padang sabana via SkyGrapher.id/Arie Ritonga

Dari pelabuhan nelayan di Poto Tano, kamu hanya perlu waktu sekitar 25 menit untuk menyeberang ke destinasi wisata Sumbawa yang satu ini. Pulau tak berpenghuni ini tak terlalu besar. Tapi, justru di sana lah letak keunikannya; di pulau yang kecil ini ada sabana dan undakan kerucut yang tampak seperti gunung mini.

Traveling ke Pulau Kenawa, kamu punya dua pilihan: singgah sebentar atau kemping semalam di pulau. Kalau kamu mau kemping, pastikan bahwa kamu membawa logistik yang dibutuhkan. Lupa bawa perlengkapan penting seperti bahan bakar kompor atau baterai, percayalah kamu bakal kesusahan sendiri. Soalnya di pulau itu nggak ada yang jualan.

6. Danau Lebo

destinasi wisata sumbawa

Kabut yang masih menyelimuti Danau Lebo via SkyGrapher.id/Purwanto Joko Astriyo

Sebelum namanya mulai dikenal, destinasi wisata Sumbawa yang satu ini hanya dimanfaatkan penduduk sekitar untuk memancing. Di rerumputan yang memagari Danau Lebo, para penduduk melepas ternaknya untuk merumput.

Danau yang terletak di Taliwang ini jadi habitat beragam jenis flora dan fauna. Salah satu fauna unik yang berkeliaran di Danau Lebo adalah burung pelikan, burung migran yang jauh-jauh terbang dari Benua Australia.

Gimana? Penasaran nggak sama 6 destinasi wisata Sumbawa itu?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

5 Tempat Wisata yang Wajib dikunjungi saat di Lembang

Itinerary

Jalan-jalan ke Curug Cipamingkis, Bogor

Itinerary

Cerita dari Kampung Adat Kuta, Ciamis

Itinerary

Tempat-Tempat yang 'Hilang' di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.